5 Alasan Kenapa Perlu Menggunakan WhatsApp Bisnis

0 Comment

Menggunakan WhatsApp Bisnis adalah bagian dari strategi brilian untuk berkomunikasi dengan konsumen. Ini adalah alat yang sangat diperlukan untuk membantu bisnis Anda tetap kompetitif. Kami telah mengumpulkan lima keunggulan yang membuat Anda harus mempertimbangkan penggunaan aplikasi ini.

Keunggulan WhatsApp Bisnis

Ketimbang menggunakan WhatsApp versi reguler—yang sebaiknya digunakan untuk keperluan personal—sebuah bisnis lebih dianjurkan menggunakan WhatsApp Business. Ada beberapa keunggulan yang pastinya dapat mengangkat kredibilitas brand atau bisnis Anda. Apa saja itu?

1. Menciptakan Brand yang Unggul

Membangun koneksi yang baik dengan konsumen adalah hal yang sangat penting untuk membangun atau menciptakan brand bisnis. WhatsApp memenuhi syarat untuk hal itu dengan memisahkan kepentingan bisnis dan personal untuk berkomunikasi satu sama lain.

WhatsApp Bisnis memungkinkan Anda membuat Profil Bisnis, suatu identitas unik yang menggambarkan brand secara lengkap. Di dalamnya terdapat informasi cukup lengkap seperti email, kontak telepon, tautan media sosial, alamat toko, URL web, dan detail lainnya.

isorepublic.com

2. Terhubung Lebih Mudah dengan Pelanggan

Komunikasi tradisional seperti telepon, SMS atau email sekarang kurang lagi diminati oleh konsumen. Cara lama tersebut mulai ditinggalkan demi kenyamanan dan kecepatan. Sebuah studi mengungkapkan bahwa sembilan dari sepuluh konsumen lebih suka menggunakan pesan untuk berkomunikasi daripada berbicara di telepon.

Dengan WhatsApp telah menjadi aplikasi perpesanan nomor satu di dunia, pelanggan pasti akan memprioritaskan bisnis yang menggunakan kontak WA. Menggunakan aplikasi ini memberi pelanggan keleluasaan untuk berkomunikasi dan bebas bertanya apa pun tentang produk atau layanan yang mereka inginkan

3. Basis Pelanggan Lebih Luas

Popularitas WhatsApp tidak tertandingi di seluruh dunia, terkecuali di Tiongkok yang lebih cenderung menggunakan WeChat. Jika Anda ingin memperluas pasar baik secara nasional atau global, maka WhatsApp benar-benar harus ada dalam informasi kontak bisnis.

Keunggulan lainnya adalah WhatsApp tetap bisa digunakan ketika Anda berada di luar negeri. Bisa juga dihubungi oleh seseorang dari luar negeri dengan menggunakan nomor setempat. Berbeda dengan SMS atau telepon konvensional yang tentu akan memakan biaya mahal jika interlokal.

isorepublic.com

4. Mengunggulkan Percakapan Dua Arah

Di WhatsApp, obrolan selalu berjalan dua arah. Pihak pelanggan dan bisnis dapat berinteraksi secara langsung. Ini akan menjadi percakapan yang nyata, tidak seperti meminta konsumen mengirim ‘Y’ untuk ya atau ‘T’ untuk tidak. Konsumen menginginkan percakapan dua arah.

Tetapi di luar itu, WhatsApp Business juga bisa difungsikan sebagai alat yang bagus untuk pemberitahuan pengiriman, konfirmasi pembelian, dukungan pelanggan, dan lain-lain. Misalnya Anda ingin mengingatkan tentang pembayaran yang terlambat, membagikan nomor resi pengiriman, dan sebagainya.

5. Pesan Pribadi yang Aman

Salah satu keunggulan terpenting dari WhatsApp Business adalah enkripsi end to end. Aturan ketat diberlakukan untuk melindungi privasi pelanggan. Daya tarik bagi pengguna WhatsApp sudah jelas, yaitu pelanggan menginginkan cara yang lebih nyaman namun tetap aman untuk terhubung dengan suatu bisnis.

Sementara bagi admin atau pemilik WhatsApp, keamanan akun bisa dijaga dengan otentikasi dua faktor (2FA) langsung di dalam aplikasi. Jadi misalnya meskipun ada orang yang mencoba meretas, akun bisa tetap aman. Tetapi ingat untuk tidak login WhatsApp Business di ponsel milik orang lain atau di komputer publik.

isorepublic.com

Mengintegrasikan WhatsApp

Di atas tadi hanyalah segelintir keuntungan menggunakan WhatsApp Business. Sementara untuk fitur selengkapnya bisa Anda eksplorasi sendiri di dalam aplikasinya. Anda bisa mengirim pesan otomatis, mengelompokkan pesan berdasarkan tag, dll. Intinya, agar bisnis tetap kompetitif dan benar-benar terhubung dengan pelanggan,

WhatsApp Bisnis memberikan banyak kemudahan yang mungkin tidak ditawarkan pada versi reguler. Segera buat tautan langsung dari halaman media sosial ataupun website Anda ke WhatsApp agar konsumen lebih mudah terhubung.

Sebagai pelaku bisnis yang mengerti teknologi, maka penggunaan WhatsApp Bisnis sudah menjadi hal yang wajib Anda terapkan. Selain beragam kemudahan yang didapat, Anda juga memperoleh citra profesional di mata klien dan mitra bisnis Anda. Selain itu jangan lupa untuk melengkapi wawasan bisnis Anda dengan mengakses blog dan website seperti Nyampling, yang memuat informasi perkembangan bisnis dan beragam tips keren.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *