Waktu Sholat Fardhu dan Batasan Akhirnya



Beberapa hadits menerangkan tentang waktu sholat fardhu yang terpusatkan pada pergerakan matahari. Setiap waktu sholat mempunyai batasan yang berbeda-beda. Namun, sekarang Anda tidak perlu memperhatikan matahari karena sudah terdapat jam. Tetapi tidak ada salahnya untuk mempelajari waktu sholat fardhu lewat pergerakan mentari. Dimulai dari sholat dhuhur yang dimulai saat matahari condong ke arah barat.

Batas akhir ditandai dengan bayangan semua benda sama. Berlanjutnya, pada tiba waktu asar yang dimulai saat bayangan lebih tinggi dari benda aslinya. Ketika bayangan tersebut semakin tinggi dua kali lipat. Berarti waktu asar telah berakhir. Tidak lama setelah itu, Anda bakal memulai waktu maghirb. Dimana matahari mulai terbena, hingga hilangnya awan kemerahan. Seperti yang sudah diketahui bahwa maghrib mempunyai batas waktu sholat yang sangat pendek.

Sehingga Anda harus menyegerakan sholat setelah mendengar iqomah. Setelah itu, waktu isya’ tiba dengan tanda hilangnya awan kemerahan. Batas paling akhir sampai sepertiga malam. Waktu inilah yang biasanya digunakan sebagai munajat kepada Allah. Tidak lama setelah ini, Anda bakal bertemu dengan datangnya waktu subuh. Ditandai dengan munculnya fajar kedua.

Sedangkan waktu akhirnya ditandai oleh munculnya matahari. Sebagai kaum muslim Anda diwajibkan untuk menjaga kesempurnaan sholat. Bukan hanya tentang kesucian selama beribadah. Selain itu, memastikan menjalankan sholat tepat pada waktunya adalah poin yang perlu diperhatikan.

Waktu yang Tidak Diperbolehkan Sholat Sunnah

Sholat sunnah adalah ibadah yang tidak diharuskan dikerjakan. Namun, semakin baik ketika Anda mampu melaksanakannya. Pasalnya, aktivitas ini mampu menyempurnakan sholat fardhu. Tetapi terdapat pula waktu yang dilarang untuk mengerjakan sholat sunah. Hal tersebut senada dengan hadits yang diriwayatkan oleh Au Dawud. Dimana terdapat tiga waktu. Pertama, matahari telah berada ditengah. Kedua, matahari semakin meninggi.

Ketiga, matahari condong dan akan terbenam. Meskipun begitu ada terdapat perbedaan pendapat. Sebagaimana Imam Syafi’i yang memperbolehkan sholat pada waktu tersebut. Namun, kelompok tersebut memakruhkan. Sehingga Anda bisa memutuskan untuk sholat sunnah selain dari 3 waktu diatas.

Kebaikan Menunggu Waktu Sholat Fardhu

Sholat fardhu termasuk ibadah yang wajib dijalankan kaum muslim. Saking pentingnya perintah sholat disampaikan langsung dari Allah ke Rosulullah. Hal ini tentu menunjukan bagaimana pentingnya kewajiban ini untuk hambaNya. Sampai-sampai menunggu waktu sholat dinilai sebagai bagian dai kebaikan. Aktivitas yang bisa dilakukan selama menanti tibanya waktu sholat ialah dengan sholat sunah.

Selain itu, Anda juga mampu memperbanyak sholawat dan dzikir. Kebaikan tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan kesempurnaan ibadah. Ketika sampai pada titik ini Anda bakal merasakan ketenangan tiada tara. Bahkan rasa damai dan syukur datang begitu saja. Secara detail keterangan tersebut bisa diakses melalui hasana.id.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *