Fungsi Tulang Pergelangan Tangan



Tulang pergelangan tangan merupakan salah satu bagian tulang pada manusia yang tergolong pada  jenis tulang yang bisa digerakkan. Iya seperti yang kita ketahui, manusia memiliki banyak sekali jenis tulang mulai tulang yang bisa digerakkan dan tidak, semuanya memiliki peranan dan fungsinya masing-masing. Sebagai tulang yang bisa digerakkan, tulang pergelangan tangan tentu memiliki fungsi yang penting pada manusia.

Tulang pergelangan tangan adalah bagian tulang tangan yang termasuk ke dalam anggota dari sistem gerak atas pada manusia. Tulang pergelangan tangan masuk ke dalam kategori jenis tulang pendek atau carpal yang bentuknya pendek dan bulat. Tulang pergelangan tangan memiliki bentuk yang hampir sama dengan ruas-ruas tulang belakang dan tulang pergelangan kaki. Tulang pergelangan tangan terdiri dari delapan tulang pendek yang menjadi penyusun pergelangan tangan. Tulang pergelangan tangan terletak di ujung tulang radian dan tulang jari.

Berdasarkan kekuatannya, tulang ini juga dikategorikan sebagai tulang keras yang mana tulang pergelangan tangan ini dibentung oleh sel tulang yang memiliki saluran havers yang mana isinya adalah pembuluh darah yang berfungsi untuk mengatur perkembangan sel tulang. Tulang pergelangan juga mengandung senyawa yang berupa zat kapur yang mana di dalamnya terdiri dari kalsium karbonat serta kalsium fosfat. Kedua zat kapur tersebut di dapatkan dari tulang yakni dari aliran darah. Untuk lebih tau tentang tulang-tulang pada mausia, yuk terus update pengetahuanmu dengan mengakses situs materibelajar.co.id dan dapatkan berbagai pengetahua di dalamnya.

pexels.com

Susunan Pembentuk Tulang Pergelangan Tangan

Tulang pergelangan tangan terdiri dari 8 tulang yang membentuk titik diantara lengan bawah dan juga tangan. Nah 8 tulang penyusun tulang pergelangan tangan tersebut diantaranya adalah Trapezoid (multangulum majus), Capitate (kapitatum), Hamate (hematum), Skafoid, lunatum (lunate), Trikuetrum, Pisiform, dan Trapezium (multangulum minus). Kedelapan tulang penyusun tulang pergelangan tangan tersebut disusun dalam bentuk baris proksimal dan baris distal. Adapun tiap barisnya terdiri dari 4 tulang.

Baris dital terdiri dari tulang trapezoid, trapezium, hematum, dan kapitatum. Sedangkan baris proksimal terdiri dari lunatum, skafoid, dan pisiform. Adanya baris melintang pada pergelangan tang menjadikannya pergelangan tangan memiliki bentuk yang unik. Tulang pergelangan tangan memiliki bentuk yakni cekung pada daerah distal dengan permukaan proksimal yang mana hal ini menunjukkan sebuah bentuk yang cembung. Ketika terlahir, tulang pergelangan tangan pada bayi bersifat kartilaginous, kemudian ketika ia sudah memasuki usia tahun pertama hingga selanjutnya sampai usia sekitar 12 tahun, maka tulang pergelangan tangan akan mengalami proses osifikasi yang lambat.

Tulang pergelangan tangan ini terletak pada bagian ekstremitas atau anggota gerak atas pada kerangka manusia. Tulang pergelangan tangan inilah yang menjadi pengubung antara tulang hasla (ulna) dengan tulang pengumpil (radius) serta tulang telapak tangan (metarkarpal)

pexels.com

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Sebagai salah satu bagian dari sistem gerak atas manusia, tentu tulang pergelangan tangan memiliki fungsi yang sangat penting. Adapun beberapa fungsi dari tulang pergelangan tangan dalam sistem tubuh manusia yakni sebagai berikut:

  1. Sebagai tempat melaktnya ligamen

Tulang pergelangan tangan terdiri dari 8 bagian yang terhubung antara satu sama lain. Kedelapan tulang tersebut juga dapat terhubung antara satu dengan yang lainnya yakni dengan bantuan ligamen. Ligamen ini terdiri terdiri dari 3 kelompok. Yang pertama yakni ligamen pada pergelangan tangan yang fungsinya adalah untuk menghubungkan tulang karpal dengan radius serta ulna. Kemudian yang kedua yakni ligamen artikulasi inter karpal yang fungsinya adalah untuk bergabung dengan tulang antar karpal, dan yang ketiga adalah karpal yang fungsinya adalah untuk bergabung dengan metakarpal dengan melalui ligamen karpometakarpal.

  1. Sebagai pembantu gerakan

Tulang pergelangan tangan memiliki fungsi yakni dapat membentuk sebuah gerakan vertikal baik termasuk fleksi dan ekstensi. Fleksi adalah gerakan ke bawah pergelangan tangan, sedangkan ekstensi adalah gerakan ke belakang. Dalam hal ini fungsi pergelangan tangan adalah membentuk rotasi lengan pada bagian bawah yang terdiri dari gerakan supinasi dan pronasi. Sedangkan deviasi ulnaris adalah pergerakan tulang karpal ke sisi ulnaris, sedangkan deviasi radialis adalah menunjukkan gerakan ekstensi tangan menuju sisi lateral.

  1. Setiap bagiannya memiliki fungsi yang beragam

Tulang pergelangan tangan memiliki kemampuan yang unik yang dapat berkontribusi dalam fungsi spesifik dalam pergelangan tangan. Tulang pergelangan tangan terdiri dari 8 bagian yang semuanya memiliki fungsi masing-masing. Pada bagian permukaan skafoid ditutupi oleh tulang rawan artikular yang mana fungsinya adalah sebagai jembatan sendi anatar dua baris tulang pergelangan tangan. Kemudian terdapat tulang pisiformis yang merupakan tulang berbentuk kacang yang fungsinya dalah sebagai tempat perlekatan berbagai tendon dan ligamen. Kemudian trapezium memiliki fungsi sebagai penyedia tempat bagi lewatnya tendon atau ligamen. Selanjutnya ada tulang hamate yang fungsinya adalah untuk melindungi arteri dan saraf ulnar serta menyediakan perlekatan pada beberapa ligamen. Anatomi tulang pergelangantangan yang tersusun dari tiga lengkung yakni memanjang, merentangkan tangan memanjang, dan melintang memiliki fungsi mekanik yang berkontribusi penting dalam kemampuan tangan untuk menangkap benda-benda yang datang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *