Tugas Badan Kepegawaian Negara Pusat

0 Comment

Badan Kepegawaian Negara Pusat adalah lembaga non departemen yang bertugas mengelola segala administrasi dan menajemen dalam kepegawaian. BKN pusat memiliki tugas sebagai berikut.

Tugas dari Badan Kepegawaian Negara Pusat

Seleksi Pegawai

Badan Kepegawaian Negara Pusat bertanggungjawab dalam pelaksanaan rekrutmen dan seleksi pegawai baru di pemerintahan. Badan ini bertugas melakukan semua tahapan rekrutmen dan seleksi calon pegawai negeri atau ASN baik secara nasional maupun daerah.

Pembinaan Jabatan Fungsional

Selain melakukan tugas seleksi calon pegawai baru untuk instansi pemerintahan sesuai dengan kebutuhan, BKN pusat juga bertugas dalam pembinaan. Pembinaan dalam hal ini termasuk urusan pengembangkan sebuah sistem informasi yang berbasis pada kompetensi.

Sistem informasi yang dilakukan akan didukung oleh sistem kearsipan kepegawaian yang menyeluruh atau komprehensif. Tugas pembinaan juga melingkupi penyusunan standar norma dan produser teknis dalam pelaksanaan kebijakan dalam manajemen kepegawaian.

Pengaturan Penempatan ASN

Pengaturan yang dimaksudkan dalam poin ini melingkupi melakukan mutasi, promosi, pemberhentian, pensiun, status serta kedudukan hukum bagi para pegawai pemerintahan atau ASN. Pengaturan penempatan ini terutama berlaku bagi pejabat negara ataupun mantan pejabat negara.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *