Havienu Umum Truk Sampah dan Spesifikasinya

Truk Sampah dan Spesifikasinya



Sebagai salah satu moda transportasi pengangkut barang, truk juga kerap kali dijadikan sebagai pengangkut sampah maupun limbah rumah tangga sehari – hari. Tentu saja untuk truk yang satu ini tidak bisa digunakan untuk keperluan lainnya selain sampah terutama untuk bak di belakangnya, sebab Truk sampah ini biasanya akan menyebarkan bau yang cukup menyengat dan pastinya kurang layak bila dialih gunakan menjadi truk pengangkut barang lainnya.

Spesifikasi dari Truk Sampah

Adapun menurut spesifikasi yang ada, Truk sampah umunya dapat mengangkat sampah hingga berkapasitas maksimal mencapai 20 ton. Bak atau tempat penampung sampah sementara yang ada di truk ini juga bisa dilepas dan diangkat yang akan selalu memudahkan operator dalam bekerja, beberapa orang juga menyebutnya sebagai truk pengikat umpan seperti istilah yang biasa digunakan di beberapa dinas sanitasi kota – kota besar yang selalu berkutat dengan limbah rumah tangga di area perumahan dan pemukiman setempat.

Untuk jenis bak dengan penutup di atasnya memiliki keistimewaan tersendiri, karena selain bisa meminimalisir bau tak sedap yang keluar karena limbah sampah juga ini bisa dipacu hingga kecepatan maksimal 90 kpj untuk kondisi muatan penuh. Sedangkan untuk tangki bahan bakar yang berkapasitas hingga 400 Liter solar ini nampaknya memang sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai sebuah moda pengangkut limbah sampah perkotaan yang membutuhkan jangkauan akses yang lebih luas dan tujuan pengangkutan dengan jarak yang lumayan jauh dari pemukiman perkotaan.

Kegunaan Dari Truk Sampah Secara Umum

Setelah mengenal spesifikasi dari truk sampah, tentu saja kita sampai pada kegunaan dari truk sampah itu pada umumnya. Seperti namanya, truk sampah digunakan untuk membawa sampah dari tempat tempat sampah kecil menuju ke pembuangan sampah terpadu. Truk sampah sendiri biasanya benar benar sangat kuat dan juga memiliki mekanisme tambahan untuk bisa membantu pengendara dan juga petugas kebersihan untuk membuang sampah dengan lebih cepat. Di negara maju, bahkan beberapa truk sampah dilengkapi dengan fitur fitur tambahan yang bisa membantu untuk mengangkat sampah tanpa harus melibatkan petugas kebersihan secara langsung.