Tidak Sabar Panen Durian? Ini Ciri Durian Siap Panen



Hampir semua orang menyukai buah dengan aroma menyengat asal Indonesia ini. Apalagi, jika Anda mencoba varietas durian unggulan, seperti durian montong, durian bawor, durian j queen, dan lain sebagainya. Daging buahnya yang sudah pasti lembut dan tebal dengan biji yang kecil sudah pasti jadi idaman para pecinta durian.

Tak heran, banyak orang yang coba membudidayakan buah ini dengan membeli bibitnya atau membuat sendiri bibitnya dan mengkawinkannya dengan bibit durian unggulan. Sayangnya, setelah menanam buauh durian dan saatnya masa panen, banyak juga yang tidak mengetahui waktu panen durian yang tepat. Sehingga, bisa jadi hasil buahnya kurang memuaskan.

Ciri-ciri Durian Sudah Siap Panen

Ada beberapa ciri yang menunjukkan, bahwa buah durian sudah siap dipanen. Masa panen durian memang berbeda-beda tergantung dari verietasnya. Namun demikian, untuk durian lokal baisanya memiliki masa panen setelah usia tana 8 hingga 10 tahun. Sedangkan, durian montong hanya sekitar 3 sampai 4 tahun sejak masa tanam. Berikut ini adalah ciri-ciri buah durian Anda sudah siap panen:

  • Sudah melewati masa tanamnya yang tentu berbeda-beda, sesuai dengan jenis duriannya.
  • Lihat pada ujung-ujung duri kulit buahnya, jika berwarna hijau kecokelatan, tandanya siap panen.
  • Warna antar duri terlihat jelas dan kontras.
  • Ruas tangkai atau batang-batang pada pohonnya membesar.
  • Buah yang siap panen akan mulai mengeluarkan aroma khas durian yang cukup kuat dibandingkan saat belum siap panen.
  • Anda juga bisa memeriksanya dengan cara dipukul. Jika saat buah dipukul kemudian terdengar bunyi menggema yang berasal dari dalam kulitnya, itu artinya buah durian sudah siap panen.

Itulah beberapa ciri buah durian sudah siap untuk dipanen dan disantap. Untuk menghasilkan durian yang baik, tentu saja harus dimlai dengan cara tanam yang baik pula. Sehingga, saat panen durian tiba, hasil atau buah yang dihasilkan bisa berkualitas dan memiliki rasa yang sesuai dengan harapan. Selain itu, perawatan dan perhatian harus diberikan pada tanaman, jangan sampai lalai dalam merawatnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *