Teknik Dasar yang Ada Pada Permainan Bola Basket



Permainan bola basket merupakan sebuah cabang olahraga yang menggunakan ring atau keranjang sebagai tempat mendapatkan poin. Permainan ini dilakukan oleh dua tim yang setiap timnya terdapat 5 pemain. Kedua tim ini kemudian saling bertanding untuk memasukkan bola pada ring sebanyak- banyaknya.

Permainan bola basket ini pertama kali diciptakan untuk permainan di dalam ruangan. Seiring perkembangannya permainan basket ini juga bisa digunakan di luar ruangan. Permainan basket ini dapat digolongkan sebuah permainan yang menarik, sederhana dan mudah untuk dipelajari. Nah, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai teknik dasar bola basket. Tidak perlu menunggu lama berikut ini penjelasannya :

Kita tahu setiap cabang olahraga pasti memiliki teknik dasar masing-masing agar bisa memainkan permainan tersebut dengan baik. Ketika ingin menjadi pemain yang profesional maka ada tahapan pelatihan dan pembinaan. Nah, pada masa inilah para pemain di ajari melakukan teknik dasar bola basket dengan baik dan benar.

  1. Teknik dasar memegang bola

Walau terlihat sangat sederhana, namun teknik ini tidak boleh dianggap sembarangan. Teknik ini bertujuan agar anda bisa mengontrol tangan agar tidak lepas dalam memegang bola basket.

  1. Teknik passing

Teknik dasar yang kedua yaitu teknik melempar dan menangkap. Jadi teknik ini merupakan memberi umpan dan menerima umpan antar pemain satu tim. Ciri khas permainan bola basket ini adalah memiliki ritme permainan yang sangat cepat sehingga sangat membutuhkan kerjasama tim agar bisa mendapatkan hasil terbaik. Salah satunya memiliki teknik passing yang bagus agar bisa menjalankan ritme permainan dengan baik.

  1. Teknik dribbling atau menggiring bola

Teknik menggiring bola ini merupakan sebuah gerakan membawa bola dengan memantulkannya ke lantai. Cara memantulkan bola ini bisa dilakukan menggunakan kedua tangan secara bergantian dan satu tangan. Teknik dribbling ini bisa anda lakukan dengan berjalan atau berlari atau setengah berlari.

  1. Teknik shooting

Teknik ini merupakan gerakan inti pada permainan bola basket yang bertujuan untuk mendapatkan poin. Jadi sebuah tembakan yang mengarah langsung ke dalam ring tim lawan. Gerakan ini bisa menghasilkan poin yang berbeda-beda mulai poin 1,2, dan 3.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai teknik dasar bola basket. Semoga dengan adanya penjelasan ini memudahkan anda dalam belajar teknik dasar yang ada pada permainan bola basket.