Havienu Hobi Teknik dan Cara Naik Kuda Untuk Pemula

Teknik dan Cara Naik Kuda Untuk Pemula



Naik kuda atau biasa kita sebut dengan berkuda adalah salah satu istilah yang menjurus kesatu bidang yang memiliki keahlian khusus, seperti halnya melompat, mengendarai, menunggangi dan berlari dengan pacuan kuda yang dikendalikan pengemudi kuda tersebut.

Tujuan Naik Kuda

Menaiki kuda juga bisa disebut sebagai hobi yang luarbiasa, karena memang perlu pelatihan khusus dan tahap yang lumayan lama.

Dalam aktifitas menaiki kuda ini memiliki tujuan kerja, aktivitas dalam rekreasi, seni, budaya dan akhir-akhir ini menaiki kuda juga sudah dianggap sebagai salah satu dari olahraga fisik. Namun, tidak banyak orang yang tertarik dengan bidang olahraga yang satu ini, karena memang berfokus kepada latihan fisik seluruh tubuh.

Naik Kuda Di Tempat Wisata

Naik kuda sering kita jumpai diberbagai kesempatan, seperti halnya mengunjungi tempat rekreasi dengan tema alam. Yang dimaksud dengan tema alam adalah seperti digunung dan dipantai, namun semakin berkembangnya jaman kini kuda juga bisa digunakan dalam kesempatan penting atau acara-acara penting.

Terlepas dengan pantai dan gunung, menaiki kuda juga kini banyak kita temukan dibeberapa tempat rekreasi dengan tema kekinian, seperti tempat rekreasi umum keluarga, taman, dan pemandangan alam. Untuk menaiki kuda, juga tidak gratis, biasanya akan diberi harga yang lumayan mahal dibandingkan jika kita menaiki kuda ditempat penangkarannya. Kuda memang memiliki sesuatu didalam dirinya yang mampu menarik minat orang untuk menaikinya.

Teknik Dasar dan Cara Naik Kuda

Kuda termasuk hewan yang penurut dan tidak jahat, selagi kita tidak memukul atau menjahatinya, kuda tidak akan bertindak anarkis kepada kita.

Dalam tahap menaiki kuda juga banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dijalankan, seperti halnya memahami teknik-teknik dasar terlebih dahulu sebelum menaiki kuda tersebut agar kuda yang akan dinaiki tenang dan tidak galak.

  1. Teknik dasar menaiki kuda yang pertama-tama kamu harus bisa memilih instruktur yang bisa nyaman kamu gunakan.
  2. Lalu kedua menaiki kuda sebaiknya diawali melalui sisi kiri kuda dikarenakan untuk sebelah kanan digunakan untuk daya ketahanan dalam pijakan
  3. Ketiga memulai dijalan yang biasa dan lurus agar stabil dalam mengendalikan kuda tersebut.
  4. Keempat kamu melakukan gerakan lari biasa dan jangan sampai membuat kuda stress.
  5. Kelima baru kamu mulai dengan gerakan lari cepat namun teratur.
  6. Dan yang terakhir kamu harus bersabar dalam penanganan kuda tersebut.