Havienu Umum Sudah Tau Cara Membuat Bebek Sinjay Surabaya ? Simak Disini

Sudah Tau Cara Membuat Bebek Sinjay Surabaya ? Simak Disini



Dikenal sebagai pulau penghasil  garam, Pulau Madura ternyata menyimpan kuliner lezat yang wajib untuk dicicipi. Bebek sinjay, menjadi salah satu kuler, yang dimasak secara khusus dengan rempah rempah dari Madura. Kepopulerannya menyebar hingga terdengar hingga kota seberang. Tidak hanya populer di kandangnya sendiri, kuliner satu ini dapat ditemui di Surabaya. Bagaimana cara membuat bebek Sinjay Surabaya ? simak ulasan berikut.

Pengolahan Daging Bebek Menjadi Kuliner Sedap

  1. Siapkan Bahan Utama

Bebek sedari dulu sudah terkenal dengan cita rasa dagingnya  yang menggoda. Terasa kenyal namun gurih nan lezat, membuatnya banyak diburu di kalangan pecintanya. Harga dagingnya saja, memiliki harga lebih tinggi daripada daging ayam. Namun harg atersebut dirasa sesuai, dengan rasa yang ditawarkannya. Tidak mengherankan bila masyarakat rela mengeluarkan dana lebih, untuk mencicipi kuliner satu ini.

Sebagai bahan utama dalam menu kuliner kali ini, daging bebek tidak boleh ketinggalan untuk disiapkan. Jika ingin memasak dengan prosi besar, silahkan siapkan setidaknya 1 ekor daging bebek. Bersihkan daging terlebih dahulu, dan potong hingga menjadi beberapa bagian.  Pemotongan daging dapat disesuaikan dengan selera, dan kebutuhan anda. Jangan lupa untuk menyiapkan 2 sdm cuka atau air perasan jeruk nipis, untuk menghilangkan bau amis.

  1. Bahan Untuk Membuat Bumbu

Agar rasa bebek Sinjay Surabaya semakin nikmat, anda membutuhkan bumbu dapur sebagai penunjangnya. Bumbu dapur yang perlu disiapkan meliputi 1 bonggol besar bawang putih, 10 siung bawang merah, 1 ruas jari jahe, 1 ruas jari kunyit, 1 rimpang lengkuas, 3 butir kemiri, 2 sdt ketumbar yang telah dihaluskan kasar. Anda juga perlu menyiapkan  setidaknya 5 lembar daun salam, 5 tangkai daun jeruk purut, 2 batang sereh, 4 atau 5 sdt garam, ½ sdt pala bubuk, dan air secukupnya.

  1. Proses Memasak Daging Bebek

Langkah pertama, anda perlu melumuri daging bebek menggunakan cuka atau jeruk nipis. Pastikan anda sudah melumuri dengan sempurna, hingga tidak muncul bau amis kembali. Selesai melumurinya secara menyeluruh, diamkan setidaknya 20 menit hingga bau menghilang. Lalu haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan jahe. Langkah selanjutnya, silahkan parut lengkuas untuk mengeluarkan serat seratnya.

Silahkan bilas daging menggunakan air bersih, dan masukkan ke dalam panci presto. Selagi memasukkan bebek Sinjay Surabaya, masukkan bumbu halus, parutan lengkuas daun jeruk purut, sereh, daun salam, ketumbar, pala bubuk, dan garam. Bumbu yang telah dimasukkan, bisa ditambahkan air secukupnya dan aduk merata. Masak sekitar 20 menit, hingga desisan berhenti. Silahkan ambil daging beserta bumbunya, kemudian masak dagingnya hingga matang dan tiriskan.

Tidak ada yang bisa menghindar dari lezatnya daging bebek yang telah diolah. Terutama jika pembuatnya menggunakan cara tepat, rasa daging akan semakin terpancar. Tambahkan sambal untuk menambah cita rasa, sehingga nafsu makan semakin bertambah. Sajikan bersama dengan nasi hangat, dan minuman dingin sebagai penyempurna.