Cara Menyetem Gitar Yang Mudah



Menyetem gitar merupakan proses yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki nada dari gitar yang dimainkan sehingga nadanya jauh dari kata fals. Nada yang fals adalah nada yang tidak sesuai dengan standar dari solmisasi. Dengan begitu wajib hukumnya mengatur nada-nada ini agar bisa berbunyi sesuai dengan standar musik yang ada.

Dalam mengatur steman gitar ini kita bisa dengan cara manual yaitu dengan mengandalkan pendengaran, dengan alat berupa aplikasi android yaitu guitar tuner dan dengan alat khusus bernama tuner. Namun jika anda masih bingung bagaimana caranya untuk tunning gitar dengan mudah maka kami akan memberikan rekomendasi caranya untuk anda. Berikut ulasannya.

1. Cara Menyem Gitar Secara Manual

Cara menyetem gitar dengan cara manual memanglah terkesan simpel karena kita tidak membutuhkan alat dan sarana tambahan dalam memulai prosesnya. Namun, penyeteman gitar secara manual sangatlah sulit serta membutuhkan teknik khusus yang cenderung rumit. Namun bagi anda yang ingin mencobanya maka tidak ada salahnya. Cara pertama dalam melakukan penyeteman gitar secara manual adalah dengan menentukan senar mulai dari senar pertama hingga senar ke enam dengan nada E. Dimana aturannya adalah untuk senar paling atas diisi oleh senar ke enam, untuk senar ke lima diisi dengan nada A, untuk senar ke empat diisi dengan nada D, untuk senar ke tiga diisi oleh nada G, untuk senat ke dua diisi oleh nada B serta nada pertama diisi oleh nada E. Salah satu pertanyaannya adalah bagaimana cara menentukan di masing-masing nadanya mulai dari senar pertama hingga senar ke enam. Berikut ini langkah langkahnya. Namun sebelumnya Anda harus mengetahui bahwa dalam menyetem gitar secara manual maka anda hanya perlu untuk menyamakan nada Kunci Gitar. Caranya adalah dengan menekan senar di fret tertentu.

pexels.com

  1. Pertama anda bisa menentukan terlebih dahulu nada senar pertama sesuka anda.
  2. Selanjutnya tekan senar di nomer dua dan juga fret di nomer lima, setelah itu anda perlu menyamakan bunyi dengan senar yang pertama tadi.
  3. Setelah itu anda bisa menekan senar nomer tiga dan juga fret di nomer empat, Anda bisa menyamakan nadanya dengan senar di nomer dua
  4. Setelah itu anda bisa menekan senar nomer empat dan juga fret di nomer lima, Anda bisa menyamakan nadanya dengan senar di nomer tiga
  5. Setelah itu anda bisa menekan senar nomer lima dan juga fret di nomer enam , Anda bisa menyamakan nadanya dengan senar di nomer empat
  6. Setelah itu anda bisa menekan senar nomer enam dan juga fret di nomer tujuh, Anda bisa menyamakan nadanya dengan senar di nomer lima

Dalam menentukan nadanya agar sama maka yang perlu anda lakukan adalah dengan memutar stem senar gitar. Arahnya sesuai dengan senar yang dipasangkan. Ketika anda ingin mengencangkannya maka anda perlu memutar-mutar ke arah kiri. Untuk mengendurkannya anda bisa memutar ke arah kanan.

pexels.com

2. Cara Menyetem Gitar Dengan Aplikasi Android

Di aplikasi android kini anda bisa menemukan alat yang digunakan untuk menyetem gitar, cara ini dinilai yang paling mudah. Apalagi hampir setiap orang memiliki sarana berupa handphone Android. Ketika kita menyetem menggunakan cara manual maka kita akan mengandalkan pada pendengaran yang baik. Namun bagi anda seorang pemula yang masih belajar memahami nada maka sebaiknya anda menggunakan metode yang satu ini.

  1. Langkah pertama sebelum anda memulai proses penyeteman gitar maka anda harus memiliki aplikasi android yang bernama guitar tuner. Guitar tuner ini bisa anda dapatkan secara gratis di Android.
  2. Setelah diunduh dan diinstal, buka aplikasi guitar tuner tersebut.
  3. Cara Menyetem Gitar menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah, caranya hanya dengan memutar-mutar tuner senar pada gitar anda. Petik senar tersebut sampai indikator di aplikasi menggambarkan warna hijau. Anda bisa melakukannya dari senar pertama hingga senar ke enam. Gitar ini memiliki sistem yang sangat memudahkan anda dalam proses penyeteman. Tanpa perlu repot-repot maka gitar yang anda mainkan jauh dari kata fals.

3. Cara Menyetem Gitar dengan Tuner

Untuk cara yang ketiga adalah cara yang paling benar. Mengapa? Karena dengan menyetem gitar menggunakan tuner kita sudah melakukan proses yang legal. Tuner ini memang digunakan untuk proses penyeteman. Dengan begitu, menyetem gitar menggunakan tuner merupakan proses penyeteman yang paling pas. Namun sebelum anda memulai penyeteman ini anda harus menyiapkan alat bernama tuner. Bagi anda seorang pemusik, mungkin sudah sangat mengenal alat yang satu ini. Setelah alat tersebut disiapkan, jepit alat tersebut pada kepala gitar yang anda ingin stem. Langkah selanjutnya adalah dengan mengatur nada gitar, aturan mulai dari senar pertama yaitu senar E dengan senar nomer dua, sementara itu untuk senar a ke senar nomer tiga, untuk senar d ke senar nomer empat, senar G ke senar nomer lima dan senar B ke senarbnomer G E. Setelah anda mengatur senar senar tersebut, abdabbisa memutar tuner gitar hingga alat tuner tersebut warnanya berubah menjadi hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *