Mengenal Software Akuntansi Dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda



Software akuntansi kini telah banyak digunakan oleh usaha-usaha di Indonesia. Bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu kebutuhan vital bagi para pebisnis. Bagaimana tidak, semua hal terkait akuntansi bisa mudah diatasi dengan software ini.

Pemilik bisnis yang mulai menyadari bahwa pengelolaan finansial secara manual tidak begitu membantu mencapai efiensi, tentu mengerti akan pentingnya software ini.

Oleh karena itu mulai dari usaha skala menengah hingga skala besar memanfaatkan software ini untuk membantu mengelola keuangan dalam bisnisnya.

Mengenal Software Akuntansi

pexels.com

Sesuai dengan namanya, penggunaan software ini bertujuan untuk mendukung segala aktivitas bisnis yang berhubungan dengan keuangan. Itulah kenapa software ini disebut juga dengan aplikasi keuangan atau sistem akuntansi.

Secara sederhana, software ini adalah sebuah perangkat sistem yang dirancang untuk menunjang kegiatan akuntansi dengan berbasis modularitas yang saling terintegrasi.

Sebelum ada sistem akuntansi, tugas-tugas terkait bagian keuangan dalam bisnis harus dilakukan secara manual, sehingga agak sulit dan tidak praktis.

Berbeda dengan sistem akuntansi yang akan mengotomatiskan tugas-tugas ini sehingga sangat memudahkan. Setiap transaksi yang terjadi dalam usaha akan secara otomatis masuk ke jurnal dan di perbarui setiap saat untuk pelaporan real-time.

Sistem akuntansi yang sederhana umumnya berupa program entri tunggal yang dipakai untuk menyimpan data individu. Sementara sistem akuntansi yang lebih canggih dapat dipakai mengelola pembelian, penjualan, penggajian, buku besar, faktur, utang piutang dan lain-lain.

Perangkat sistem ini memungkinkan pencatatan transaksi dan berbagai laporan keuangan dilakukan dengan cepat, tepat dan akurat.

Software akuntansi menggunakan sistem manajemen database sehingga beberapa user dalam satu database dapat bekerja bersamaan tanpa terganggu. Tugas masing-masing dapat dikerjakan dengan mudah dan bisa saling update data di dalam database tersebut.

Dengan segala kemudahan yang ditawarkannya, software ini di dipatok dengan harga yang terbilang cukup mahal. Namun harga ini sebanding dengan fungsi dan manfaatnya di dalam membantu menunjang perkembangan usaha Anda.

Manfaat Software Akuntansi

pexels.com

Penggunaan software ini sangat membantu dalam menjalankan berbagai jenis bisnis. Mulai dari bisnis perdagangan, industri, kontruksi bangunan hingga rumah sakit dan lain-lain.

Ada banyak manfaat yang bisa di dapat dengan menerapkan sistem ini dalam bisnis Anda. Diantaranya yakni sebagai berikut:

Menghemat Waktu dan Tenaga

Membuat laporan keuangan, merapikan pembukuan dan tugas akuntansi lainnya akan sangat memakan waktu dan tenaga. Dengan sistem akuntansi, semua tugas ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Sehingga lebih menghemat waktu dan tenaga serta juga dapat meningkatkan produktivitas karyawan.

Memastikan Kontrol Keuangan yang Baik

pexels.com

Dengan software akuntansi, Anda sebagai pemilik bisnis dapat mengontrol hal-hal terkait keuangan secara otomatis dan mudah meski bukan ahlinya.

Ditambah dengan sedikit pelatihan mengenai cara menggunakannya, Anda bisa mengelola semua operasional akuntansi sendiri dengan menggunakan komputer.

Menghemat Biaya

Sistem akuntansi bekerja secara otomatis dalam mengelola dan menyusun segala hal yang berkaitan dengan anggaran. Sehingga Anda tidak perlu membayar pihak eksternal untuk melakukan tugas manajemen keuangan.

Selain itu, karena sistem ini menyimpan seluruh data secara digital, maka hal ini juga dapat mengurangi biaya yang berkaitan dengan pencetakan dan pemberian dokumentasi.

Kerangka Kerja Akuntansi Lebih Efisien

Dengan sistem akuntansi yang terkomputerisasi, segala catatan transaksi umum dan laporan keuangan dapat dilakukan dengan cepat, otomatis dan mudah.

Hal ini juga memungkinkan untuk Anda bisa melakukan survei dan evaluasi tentang kondisi keuangan usaha kapanpun di inginkan.

Meminimalisir Resiko Kesalahan Data

Ketidakakuratan data dalam laporan keuangan dapat menyebabkan krisis yang membahayakan kelangsungan bisnis. Sistem akuntansi dapat meminimalisir hal ini, dalam arti mengurangi resiko kesalahan yang diakibatkan oleh human eror, seperti kesalahan saat perhitungan atau entri data.

Ketika menggunakan sistem akuntansi yang terkomputerisasi, data yang diberikan akan lebih akurat.

Meningkatkan Keamanan Data Keuangan

Data keuangan dalam sebuah bisnis adalah informasi konfidensial yang harus dijaga agar tidak hilang atau bocor ke pihak lain. Sistem akuntansi memastikan seluruh data keuangan yang tersimpan di dalamnya tetap aman dan terlindung oleh firewall.

Sehingga hanya Anda dan mereka yang diberika hak akses yang dapat masuk dan melihat data keuangan di dalamnya.

Memudahkan Pengambilan Keputusan

Dengan menggunakan sistem akuntansi yang canggih, Anda dapat melihat dan memahami secara detail kondisi keuangan usaha Anda.

Sistem ini akan memberi gambaran mengenai keadaan keuangan Anda dengan jelas. Sehingga Anda akan lebih bisa mengambil keputusan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Demikianlah beberapa manfaat software akuntansi bagi bisnis yang bisa Anda dapatkan dari penggunaanya. Dengan banyaknya kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan, software ini akan sangat menunjang bisnis Anda.