Mengetahi Hubungan UTBK dengan Sistem Penilaian SBMPTN 2019



Anak kelas 12 yang baru, Barangkali belum banyak yang tahu mengenai hubungan UTBK dan SBMPTN. Sebab berbeda dengan tahun sebelumnya, seleksi SBMPTN tahun 2019 ini tak lagi menggunakan ujian tulis sebagai proses penyaringan kualitas mahasiswa baru. Namun baru-baru ini SBMPTN merujukan sistem penilaiannya melalui nilai UTBK. Agar lebih tahu, simak pembahasan lengkapnya melalui beberapa poin berikut:

Definisi SBMPTN dan UTBK

Sebelum membahas lebih jauh mengenai hubungan UTBK dengan sistem penilaian SBMPTN, mari mengulas secara detail definisi keduanya. Pertama, SBMPTN. SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu alternatif jalur seleksi sebelum masuk perguruan tinggi. Dulunya, sistem seleksi ini dilakukan dengan cara ujian tulis dan kelulusan peserta ditentukan dari hasil nilai tersebut.

Namun di tahun 2019 ini berbeda. Prosedur pendaftaran dan penilaian SBMPTN benar-benar dirubah oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT. Yaitu pendaftaran wajib menggunakan nilai UTBK. Dan sistem penilaian SBMPTN pun diambil dari nilai UTBK ini. Itu artinya, tanpa nilai UTBK, Anda tidak akan bisa mendaftar SBMPTN karena nilai tersebut merupakan salah satu syarat wajibnya.

Lalu sebenarnya apa itu UTBK? UTBK atau Ujian Tertulis Berbasis Komputer merupakan sebuah ujian seleksi yang dilakukan calon mahasiswa agar mendapatkan nilai untuk melakukan pendaftaran SBMPTN nantinya. Dalam hal ini, setiap calon mahasiswa diperbolehkan untuk mengikuti ujian UTBK sebanyak 2 kali.

Namun jangan salah paham. Meskipun melakukan tes dua kali, pada saat pendaftaran SBMPTN, nilai UTBK yang dimasukan tetap hanya satu. Hanya saja yang menguntungkan, jika melakukan tes dua kali Anda bisa memilih hasil nilai paling tinggi diantara kedua tes UTBK yang Anda lakukan.

Tidak hanya itu, jika nantinya hasil seleksi SBMPTN yang Anda lakukan gagal, nilai UTBK ini bisa digunakan untuk melakukan pendaftaran melalui jalur seleksi lain. Salah satunya yaitu jalur seleksi PTS atau seleksi Mandiri. Adapun untuk mengikuti UTBK, pada setiap tes atau gelombangnya, Anda harus membayar Rp200.000.

stocksnap.io

Hubungan UTBK dengan Sistem Penilaian SBMPTN

Apa hubungan UTBK dengan penilaian SBMPTN, Bukankah SBMPTN dinilai dari ujian tulis yang dikerjakan semua calon mahasiswa baru? Nah, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, perubahan prosedur pada SBMPTN 2019 telah membuat jawaban dari pertanyaan tersebut berbeda. Jika dulu jawaban dari pertanyaan tersebut adalah benar, maka sekarang tidak. Karena memang, kini nilai UTBK menjadi penilaian dari seleksi SBMPTN.

Nah, dari sini Anda tentu sudah sedikit bisa menangkap hubungan antara UTBK dengan penilaian SBMPTN ini. Benar. Selain menjadi syarat wajib pendaftaran SBMPTN, nilai UTBK juga menjadi bahan pertimbangan lolos atau tidaknya pendaftar untuk masuk pada perguruan tinggi yang dipilih.

Itu artinya, setelah mendaftar SBMPTN, Anda tidak perlu lagi melakukan ujian tes, tetapi tinggal menunggu pengumuman seleksi SBMPTN pada tanggal yang telah ditetapkan. Adapun dalam hal penilaian sendiri, semakin tinggi nilai UTBK Anda, maka peluang untuk lulus dalam seleksi SBMPTN akan semakin besar.

Lalu apa SBMPTN kini masih ada? Tentu ada. Sebab bukannya dihapuskan, namun pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi, hanya mengubah prosedur-prosedurnya saja. Jadi kesimpulannya, SBMPTN kini hanya berfungsi sebagai jalur penyambung masuk ke berbagai Perguruan Tinggi Negri atau PTN saja. Sedangkan penilaian kelulusan pendaftar sepenuhnya dilihat dari nilai UTBK yang Anda miliki.

stocksnap.io

Cara Lengkap Mendaftar UTBK Hingga SBMPTN

Agar semakin jelas, pada poin terakhir ini akan dijelaskan pula cara lengkap mendaftar SBMPTN mulai dari langkah awal yaitu mengikuti UTBK. Dan berikut langkah-langkahnya:

  1. Mengikuti ujian UTBK dengan cara mendaftarkan diri melalui website resmi UTBK, yaitu https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id
  2. Setelah nilai UTBK keluar, pilih nilai paling tinggi dan gunakan untuk mendaftar SBMPTN dengan cara mengunjungi website resmi SBMPTN, yaitu http://pendaftaran.sbmptn.ac.id
  3. Login dan isi semua data pendaftaran SBMPTN. Mulai dari biodata lengkap, pilihan Perguruan Tinggi Negeri atau PTN, pilihan program studi, hingga mengunggah portofolio bagi pendaftar SBMPTN yang memilih program studi bidang seni dan olahraga.
  4. Selanjutnya, jika pendaftaran telah selesai maka Anda hanya tinggal menunggu pengumuman kelulusan pada tanggal yang telah ditentukan pihak SBMPTN.

Ternyata nilai UTBK sangat berpengaruh penting dalam penilaian SBMPTN ya. Melihat hal ini, tentu Anda harus semakin meningkatkan semangat belajar. Sehingga nantinya, bisa benar-benar siap untuk menghadapi UTBK atau Tryout  UTBK SBMPTN.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *