Belajar Sablon Kaos Digital Mudah



Usaha sablon kaos memang menjadi salah satu sa yang cukup menjanjikan mengingat kebutuhan akan kaos sablon hingga saat ini masih terus meningkat. Nah perkembangan teknologi ternyata juga mempengaruhi perkembangan pada usaha jasa pembuatan sablon. Iya seiring berkembangnya waktu, muncul berbagai teknik-teknik sablon kaos yang semuanya memiliki keunggulan. Adapun beberapa teknik sablon tersebut mulai dari sablon manual, polyfex, sublimasi, hingga sablon digital yang pengerjaannya diklaim lebih cepat dan mudah.

Teknik sablon digital sebenarnya merupakan teknik sablon yang tidak lagi menggunakan perangkat dan metode yang biasa digunakan pada teknik sablon manual. Jadi pada teknik sablon digital tidak lagi memerlukan beberapa perangkat sablon seperti rakel, frame, screen, dan emulsi foto. Hal ini karena pada teknik sablon digital proses pengerjaan sablon cukup menggunakan printer.dapun printer yang digunakan adalah mesin DTG (Direct to Garment) yang diklaim lebih cepat dan lebih mudah dalam memproduksi kaos sablon.

Meskipun pada teknik sablon digital tidak memerlukan lagi adanya transfer paper, namun tetap saja tinta dapat mengering dengan sempura serta memiliki tingkat keawetan yang cukup tahan lama. Hal ini karena pada teknik ini juga menggunakan mesin pres sehingga dapat memaksimalkan proses penempelan tinta pada kaos. Dalam hal ini teknik sablon digital juga memungkinkan kita untuk lebih bebas dalam memilih desain. Hal ini karena memang pada teknik sablon digital hampir tidak ada batas dalam pemilihan desain dan warna.

Alat yang Diperlukan untuk Sablon Digital

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Teknik sablon digital memang merupakan salah satu teknik yang bisa dikatakan paling modern. Teknik sablon kaos digital kini juga cukup banyak diminati oleh para pengusaha sablon. Pasalnya memang tingkat kecepatan serta kemudahan yang ditawarkan cukup menarik.  Dalam proses pengerjaannya, teknik sablon digital juga memerlukan beberapa peralatan sebagai berikut:

Mesin cetak (printer)

Mesin cetak DTG merupakan salah satu peralatan penting dalam proses sablon digital, sebab tanpa adanya mesin cetak ini proses pengerjaan sablon pun tidak akan berjalan. Nah adapun cara kerja dari mesin ini hampir mirip dengan printer kertas biasa yang mana printer akan mencetak gambar pada kaos sesuai desain yang telah diperintahkan dari komputer. Dalam hal ini kita bisa memasukkan perintah dari program komputer yang telah terhubung ke mesin cetak. Dalam hal ini beberapa program seperti coreldraw, photoshop dan sebagainya menjadi program yang banyak digunakan.

Kompresor

Kompresor merupakan alat yang digunakan sebelum kaos polos diletakkan pada mesin cetak DTG. Adapun fungsi dari proses ini adalah untuk merapatkan pori-pori pada kaos sehingga tinta sablon dapat merekat dengan baik dan tidak mudah mengelupas. Selain itu kompresor ini juga dapat digunakan untuk menyemprotkan epoxy pada kaos sebelum masuk pada mesin press sehingga hasil sablon dapat menempel dengan kuat dan tahan lama.

Kertas teflon

Fungsi dari kertas teflon pada proses ini  adalah sebagai kertas yang digunakan untuk melapisi area sablon pada kaos sebelum dilakukan proses press. Hal ini dilakukan agar sablon tidak terkena panas secara langsung dari mesin press.  Jadi mesin sablon ini berfungsi untuk melindungi bagian sablon saat proses press.

Hotgun Riegn untuk pemanas

Hotgun riegn ini merupakan salah satu peralatan sablon digital yang fungsinya adalah untuk mengeringkan sablon dengan cara dipanaskan. Peralatan yang satu ini memiliki cara kerja yakni dengan mengeluarkan uap panas untuk mengeringkan sablon. Alat ini digunakan setelah kaos selesai dicetak dan akan dipress menggunakan mesin press.

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Mesin press kaos

Selain mesin cetak, mesin press kaos juga menjadi salah satu peralatan yang paling dibutuhkan. Cara kerja dari mesin ini adalah dengan menekan dan menyebarkan suhu pada pada area kaos sehingga tinta sablon akan lebih cepat mengering dan dapat menempel dengan sempurna pada kaos. Iya penggunaan mesin ini adalah setelah mesin di cetak dengan mesin printer, dikeringkan dengan hotgun, kemudian disemprot epoxy, dilapisi kertas teflon pada bagian sablon, kemudian baru di press dengan menggunakan mesin press yang satu ini.

Tinta dan perlengkapannya

Dalam hal ini yang diperlukan adalah satu paket tinta, catridge, dan juga cairan pembersih atau head cleaner. Iya mesin printer pada sablon digital memang hampir sama dengan mesin printer kertas yang juga membutuhkan satu paket tinta sablon dan cartridge yang dimasukkan ke dalam mesin. Selain itu head cleaner juga penting untuk disiapkan apalagi ketika printer sering untuk digunakan tentu harus dibersihkan secara rutin agar tidak memunculkan masalah.

Perangkat komputer

Dalam hal ini Anda dapat menggunakan komputer atau laptop untuk mendesain serta memasukkan perintah kepada mesin pencetak. Dalam hal ini Anda dapat menyiapkan perangkat komputer atau laptop dengan spesifikasi yang cukup sehingga akan lancar ketika digunakan untuk membuka program desain serta program cetak. Untuk keperluan sablon kaos, Anda dapat memilih komputer atau laptop dengan prosesor dual core dengan RAM minimal 2 hingga 4 GB. Pastikan sediakan ruang kosong juga pada hard disk sehingga akan lebih memudahkan proses desain dan percetakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *