Rujak Mangga Muda



panas di siang hari musim kemarau tentu akan sangat cocok dengan makanan dan minuman yang segar-segar. Biasanya rujak dengan buah masam dan bumbu pedas jadi pilihan untuk menyegarkan diri di cuaca terik. Musim mangga yang datang berdekatan dengan musim kemarau menjadi perpaduan yang pas untuk membuat rujak mangga muda yang menyegarkan.

Rujak mangga muda selalu menjadi pilihan masyarakat Indonesia sebagai camilan pendamping es di musim kemarau. Sebab cita rasa mangga muda yang asam akan sangat cocok pada bumbu pedas manis rujak.Ditambah lagi kesediaan bahan berupa mangga yang sangat mudah didapatkan menjadikan rujak mangga muda sebagai primadona di siang bolong.

Pohon mangga dapat ditemui dengan mudah di hampir setiap pekarangan rumah. Bahkan pohon mangga juga sering dijadikan pohon peneduh di pinggir jalan. Jadi tak perlu khawatir kekurangan bahan utama rujak karena kita tinggal memetik dari pekarangan dan bebas memilih mangga mana yang diinginkan untuk rujak.

  1. Sambal Kacang atau Tanpa Kacang

Setelah mendapatkan bahan utama dari rujak ini, perlu juga memutuskan jenis sambal atau cara makan rujak yang disukai. Beberapa orang kerap membuat rujak tanpa mengikut sertakan kacang. Jadi sambal yang digunakan hanya ulegkan gula jawa, cabai dan garam. Namun beberapa lagi lebih suka jika ada tambahan kacang tanah goreng dalam sambal.

  1. Dicocol atau Dicampur Rata

Sementara itu, cara makan atau jenis rujak terdiri dari 2 cara yaitu dicocol dan dicampur merata. Cara pertama memerlukan irisan buah mangga muda yang cukup besar untuk bisa dicocolkan ke sambal. Cara kedua yaitu dengan mengiris kecil-kecil, tipis dan memanjang buah mangga untuk dicampurkan secara merata pada sambal.

Untuk mengantisipasi pegalnya tangan karena mengirisi mangga di cara kedua tersebut bisa diakali dengan memakai semacam parutan. Baik jenis sambal maupun bahan-bahan sambal rujak serta cara memakan atau membuatnya berbeda-beda tiap orang.Namunyang pasti, rujak mangga muda akan nikmat dengan tambahan buah-buahan lainnya seperti timun, bengkoang, nanas, dan jambu air.