Resep dan Cara Membuat Kerupuk Seblak Kering



Kerupuk seblak kering dengan rasa pedas banyak disukai. Langkah pertama adalah dengan menyiapkan beberapa bahan terlebih dahulu. Beberapa bahan dalam resep seblak kering perlu disiapkan untuk memudahkan anda untuk membuat hidangan kali ini.

Membuat Seblak Kering

  1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Siapkan beberapa bahan yang terdiri dari 1 kg kerupuk, 3 lembar daun jeruk, cabe merah keriting dan cabe rawit merah sesuai selera, 5 siung bawang merah,  3 siung bawang putih,  kencur bubuk secukupnya, ½  sendok teh gula pasir, ½  sendok teh garam, cabe bubuk dengan level pedas sesuai selera.

  1. Menyiapkan bahan-bahan

Sebelum penyajian, seblak kering perlu menyiapkan bahan-bahan seperti berikut.

  • Bawang merah, bawang putih, cabe, dan kencur ditumbuk kasar atau bisa juga diblender.
  • Siapkan minyak 2 hingga 3 sendok dan panaskan dalam wajan penggorengan, minyak panas tersebut dibutuhkan untuk keperluan menumis bumbu nantinya.
  • Setelah minyak siap, tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan dan aduk-aduk di wajan.
  • Masukan kerupuk mentah dan aduk hingga tercampur merata dengan bumbunya.
  • Aduk kerupuk hingga matang atau merekah
  • Beri tambahkan penyedap rasa lalu secukupnya dan aduk secara merata
  • Aduk-aduk dan jangan sampai gosong

 

  1. Menyajikan seblak kering

Seblak kerupuk dapat diberi tambahan rasa lain sesuai selera. Selain rasa original, berbagai pilihan rasa seperti rumput laut, barbeque, dan rasa keju bisa ditambahkan dalam kerupuk.

Penambah rasa untuk seblak yang beragam ini dapat dengan mudah dibeli di toko atau di supermarket. Produk yang biasanya dijual dalam bentuk bubuk tersebut dapat digunakan untuk Anda yang sudah bosan dengan rasa original. Pastikan memilih produk penambah rasa yang berkualitas dan aman.

Campurkan bumbu penambah rasa dan aduk-aduk hingga tercampur merata dengan kerupuk. Setelah kerupuk matang, maka Anda dapat mengangkatnya dari kompor dan kemudian mulai menyajikannya.

Demikian beberapa proses pembuatan kerupuk seblak kering yang dijamin menggoda selera. Anda bisa menyimpan kerupuk ke dalam toples dan tutup rapat, agar bisa bertahan dan dinikmati lebih lama.