Ragam Jenis Alat Pendingin Mesin Mobil

0 Comment

Deskripsi

Kipas pendingin atau lazim disebut sebagai alat pendingin mesin mobil merupakan suatu perangkat yang berguna untuk menjaga temperatur mesin dalam kondisi ideal.

 

 

Artikel

Sering digunakan tentu akan membuat suatu mesin menjadi panas, entah itu mesin yang ada dalam perangkat handphone, televisi maupun kendaraan bermotor tak terkecuali mobil. Mobil memiliki alat pendingin yang dapat mengontrol temperatur mesin melalui hembusan udara yang ditujukan ke bagian radiator. Saat ini terdapat beberapa macam jenis alat pendingin mesin mobil yang digunakan. Sebagai tamabahn informasi bagi Anda, yuk simak penjelasannya berikut ini.

 

Jenis Alat Pendingin Mesin Mobil

Perlu Anda ketahui bahwa kipas pendingin pada dasarnya terdiri atas dua macam jenis. Kedua jenis tersebut adalah sebagai berikut.

1.      Kipas Mekanis

Jenis yang pertama adalah kipas mekanik yang masih terbagi ke dalam dua jenis, yakni full mekanis dan viscous fan. Jenis full mekanis menggunakan water pump langsung untuk dijadikan sebagai pendingin. Mesin ini akan bekerja seirama dengan putaran kipas pada mesin, sehingga besaran yang dihasilkan pun sesuai dengan kecepatan kipas. Hal ini menyebabkan jenis full mekanis kurang cocok karena terlalu memakan tenaga mesin dengan tinggi.

 

2.      Kipas Elektrik

Jenis alat pendingin mesin mobil yang jauh lebih efektif digunakan adalah kipas elektrik. Jenis ini sudah bekerja secara independen dan terhubung langsung dengan mesin yang beroperasi. Dilengkapi dengan sensor khusus, kipas elektrik dapat berfungsi jika terdeteksi panas mesin dan akan mati ketika sudah dingin.

 

Cara Kerja Alat Pendingin Mesin Mobil

Setelah mengetahui jenis kipas pendingin, selanjutnya Anda harus mengetahui cara kerja dari alat tersebut. Jadi, seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kendaraan yang terlalu panas atau overheating akan memicu terjadinya disfungsi beberapa bagian, dan lebih parahnya dapat mengundang ledakan.

 

Untuk itu, diperlukan adanya suatu kipas pendingin yang berfungsi sebagai alat untuk mengatur suhu mesin aagr tetap normal. Nah, alat pendingin mesin mobil ini akan bekerja ketika sensor deteksi menunjukkan temperatur mesin yang sudah panas. Adapun proses pendinginan dilakukan oleh beberapa bagian mesin seperti radiator, water pump, coolant dan beberapa perangkat pendingin lainnya yang bekerja secara terintegrasi.

 

Itu dia sedikit pembahasan mengenai ragam jenis alat pendingin mesin mobil beserta cara kerjanya. Namun, perlu Anda ketahui bahwa masing-masing tipe mobil bisajadi memiliki jenis kipas pendingin yang berbeda-beda. Pastikan untuk menelitinya dengan baik. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *