Baca Dulu Artikel Berikut Supaya Mengerti Tentang Prodi Farmasi



Akankah anda sekarang sedang merasa bingung menentukan pilihan jenis prodi yang nantinya akan diambil? Jika memang demikian, kali ini anda perlu mencoba memahami jurusan farmasi. Prodi tersebut memang ada kaitannya dengan obat-obatan. Farmasi ini sebetulnya memang salah satu cabang ilmu kesehatan dengan berfokus pada seluk beluk mengenai obat-obatan. Entah itu obat alami maupun sintetik sekalipun. Prodi farmasi kini semakin digemari oleh mereka para mahasiswa ataupun mahasiswi.

Ilmu tentang farmasi memang mempelajari tentang beragam jenis hal terkait dengan obat. Dimana subyek pelaaran seperti biologi, kimia, kesehatan masyarakat, pemasaran bahkan manajemen mempunyai pengaruh begitu penting. Dalam prodi ini memang tergolong berbahaya sebab obat itu layaknya racun. Jika kita tepat tentunya bisa memberikan kesembuhan. Jika tidak maka bisa jadi memberikan bahaya yang lebih parah. Semisal saja ketika anda mengkonsumsi obat-obatan secara berlebihan tentu saja bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh. Salah satunya tak lain tentu saja keracunan.

Inilah mengapa peranan dari seorang farmasis sangat dibutuhkan. Tentunya mereka sudah berpengalaman dan ahli dalam bidang tersebut. Mereka selalu mengerti berapa takaran obat paling tepat untuk dikonsumsi. Jika memang anda berkeinginan mempelajari lebih jauh mengenai prodi tersebut. Tidak ada salahnya mengunjungi sebuah website edutore dimana nantinya anda bisa menemukan banyak pengetahuan.

Memang bukan hal yang mudah terjun dalam bidang kesehatan. Sebab dari sini anda perlu belajar banyak hal terutama dalam hal meracik obat. Ada kalanya anda juga perlu mempelajari berbagai macam soal sbmptn saintek untuk mengulik pengetahuan yang kita miliki. Hal ini tak lain supaya pengetahuan kita terkait dengan bidang tertentu semakin meluas. Mengapa harus merasa ragu jika memang anda mampu mempelajarinya.

.

pixabay.com

Mengapa harus menjatuhkan pilihan pada jurusan farmasi?

Bagi anda yang suka sekali melakukan sebuah analisis maupun berhitung, tentunya jurusan farmasi ini paling cocok dijadikan pilihan. Jurusan ini tergolong tidak membosankan dimana pelajaran tersebut erat sekali hubungannya dengan sebuah logika maupun berhitung. Tentunya dalam prodi kali ini bukan hanya persoalan materi yang nantinya disampaikan. Melainkan praktikum sekalipun juga dilakukan. Dari sini bukan hanya sekedar praktikum semata melainkan berusaha untuk hasilkan sebuah formula obat bermanfaat.

Kini anda pun bisa mempelajari lebih jauh tentang prodi farmasi ini melalui beragam soal sbmptn saintek. Kuliah dengan jurusan ini memang kompleks sekali ilmunya, banyak sekali pelajaran penting yang bisa anda peroleh. Jadi ilmu ini bisa dikatakan bukan sembarang ilmu sebab nantinya ilmu tersebut hanya dimiliki oleh seseorang yang mengambil prodi pendidikan ini. Dalam jurusan farmasi ini pastinya bakalan diajarkan mengenai histologi, anatomi, faal dan lain sebagainya. Setidaknya kini anda mampu mengambil mata kuliah fitokimia maupun farmakognosi terkait dengan tanaman obat.

Jika memang anda mulai tertarik dengan bab obat tentunya bisa melanjutkan prodi tersebut. Dimana nantinya anda bisa meracik obat demi kesembuhan sebuah penyakit. Pengetahuan itu memang mahal, inilah mengapa anda perlu mempelajarinya lebih jauh. Apalagi jurusan farmasi ini peminatnya bisa dikatakan cukup banyak. Mereka yang mengambil prodi ini memang harus gemar membaca buku. Sebab dari sini mereka bisa menemukan banyak pengetahuan terkait dengan farmasi.

pixabay.com

Jenis pekerjaan untuk lulusan jurusan farmasi

Apapun itu bidang pendidikan yang telah anda ambil tentunya nanti berpengaruh pada bidang pekerjaan. Dimana jurusan farmasi ini kebanyakan terjun dalam bidang kesehatan. Setidaknya anda bisa bekerja diberbagai tempat tertentu atau lebih memilih membuat sebuah usaha di rumah. Semuanya tergantung kepada kemauan anda sendiri. Jika memang ingin melamar pekerjaan, inilah beberapa perusahaan yang membutuhkan tenaga tersebut. Yakni:

  • Industri obat-obatan
  • Industri sebuah kosmetik
  • Industri makanan
  • Bagian apotek dalam instalasi rumah sakit
  • Bagian administrasi pelayanan obat
  • Bidang obat maupun jamu tradisional

Tentunya masih banyak sekali tempat yang membutuhkan pekerja dengan prodi farmasi ini. Setidaknya hal ini menjadi pemicu bagi anda untuk melanjutkan pendidikan pada jurusan tersebut. Bisa juga anda bekerja di rumah menjadi seorang apoteker. Namun dari sini anda perlu lulus sarjana farmasi terlebih dahulu baru kemudian mengambil kuliah dengan profesi apoteker selama kurang lebih satu tahun. Ketika sudah lulus dan memperoleh izin praktik buka apotek, tentunya ini menjadi peluang bagi anda.

Mungkin kita sering mendapati jika seorang apoteker memang lebih paham mengenai obat. Hal ini tergolong wajar karena memang dalam prodi farmasi ini pengetahuan meluas mengenai obat. Setiap keluhan penyakit mempunyai obat tertentu. Inilah mengapa bagian farmasi penting sekali dalam bidang kesehatan. Dalam pekerjaan sebagai seorang farmasi sangat dibutuhkan yang namanya ketelitian, ketekunan maupun kesabaran.

Apalagi dalam hal meracik obat harus benar tepat supaya mampu menyembuhkan penyakit. Jika ada yang salah tentu saja bisa berakibat fatal terhadap nyawa seseorang. Inilah mengapa prodi tersebut tidak boleh dianggap remeh karena memang membutuhkan pengetahuan lebih meluas. Semoga saja dengan hadirnya ulasan di atas semakin menambah pengetahuan anda terkait dengan jurusan farmasi ini. Dimana kini mulai banyak dari mereka yang mengambil jurusan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *