Present Continuous Tense : Definisi, fungsi, contoh kalimat



Cara belajar bahasa Inggris bisa dilakukan dengan mudah asal memahami langkah-langkahnya. Tentu saja, belajar bahasa Inggris ada metode yang harus dikuasai. Untuk pemula, mungkin di awal belajar adalah menghafal sejumlah kosakata, lalu, mempelajari kata kata kerja serta keterangan waktu dalam bahasa Inggris atau disebut tenses.

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas tenses, utamanya adalah Present Continuous Tense dengan penjelasan definisi, fungsi hingga contoh kalimatnya. Mempelajari tenses dalam bahasa Inggris sama pentingnya dengan mempelajari elemen lainya. Sebab tenses nantinya akan melekat pada kalimat yang menunjukan keterangan waktu, masa lalu, kini atau mendatang, sehingga konteks kalimat bahasa Inggris terpahami dengam baik.

Present Continuous Tense : Definisi, fungsi, contoh kalimat

Dalam pelajaran bahasa Inggris, kita mengenal macam macam tense. Tercatat ada sebanyak 16 tense, banyak ya? penting sekali tense ini dpelajari supaya bisa menguasai bahasa Inggris. Bahasa Inggris sendiri kini adalah kebutuhan penting, selain bahasa Nasional. Kenapa?

Karena dengan menguasai bahasa Inggris kita dapat berinteraksi secara global ssbab bahasa ini menjadi bahasa internasional. Bahkan untuk berkarir saat ini, banyak yang menggunakan bahasa Inggris. Bahasa Inggris digunakan untuk bekerja di kantoran asing, wisata dan sebagainya. Maka dari itu, penting sekali menguasai bahasa ini.

Salah satu jalanya adalah dengan mempelajari dari awal, mengenai teknis teknis dan rumus bahasa Inggris termasuk mempelajari tense. Nah pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang Present Continuous Tense.

Present Continuous Tense adalah salah satu tense dalam pelajaran bahasa Inggris yang perlu diketahui. Nah berikut ini akan dijelaskan definisi Present Continuous tense, rumus, fungsi, hingga contoh kalimat. Simak selengkapnya berikut ini.

Definisi present tense

Present tense adalah bentuk tense yang dapat digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sedang terjadi pada waktu tertentu (saat ini) atau untuk menggambarkan suatu tindakan.

Berdasarkan salah satu contoh kalimat di atas, dalam bahasa Indonesia tenses ini digunakan untuk menunjukkan aktivitas yang sedang dilakukan dan biasanya ditandai dengan kata “lagi” atau “tengah”. Bentuk ini menunjukkan bahwa suatu tindakan terjadi sebelum (mulai sebelum), selama (saat ini sedang berlangsung), dan setelah (lanjutkan setelah) suatu waktu atau tindakan lainnya.

Setiap jenis tenses tidak lepas dari rumusnya. Fitur dari present tense ini adalah -ing ditambahkan ke akhir kata kerja. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyimpan gambar di bawah ini agar lebih mudah mengingat present tense.

Rumus Present Continuous Tense

Ada dua kata keterangan waktu atau Adverb of Time dalam present continuous tense :

1.Aktivitas atau kegiatan yang dilakukan terjadi di sekitar waktu pembicaraan.

  1. Saat terjadi pembicaraan sedang terjadi Keterangan ini bisa dipakai ketika melakukan pembicaraan sambil beraktivitas lain di waktu yang sama.

Pemakaian present continuous tense pada sebuah kalimat. Berikut ini fungsi fungsiĀ  present continuous tense langsung dan contoh kalimatnya.

Contoh:

Apakah kamu sedang menangis sekarang?

Dia sedang membaca buku sekarang

They are not eating the cake.

He is not dancing on the stage.

Is mom cooking now?

Itulah tadi penjelasan mengenai Present Continuous Tense , definisi, fungsi, contoh kalimat. Mempelajari bahasa Inggris hingga menguasai butuh waktu dan kesabaran, serta semangat yang tinggi untuk mempelajari langkah demi langkah, termasuk mempelajari apa itu tenses dan aplikasinya di dalam setiap kata dan kalimat. Agar mempermudah kamu belajar maka kamu bisa bergabung bersama kursus bahasa inggris di jakarta pusat.