Biar Gowes Makin Aman, Berikut 7 Perlengkapan Saat Bersepeda yang Perlu Disiapkan



 

Hingga kini, masih banyak orang yang bersepeda tanpa persiapan dan mengenakan perlengkapan gowes dengan lengkap. Padahal perlengkapan ini penting untuk diperhatikan guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan, serta mencegah terjadinya cidera ketika bersepeda. Untuk itu, wajib hukumnya memerhatikan kelengkapan keselamatan dalam bersepeda. Berikut ini, 7 perlengkapan saat bersepeda yang perlu disiapkan guna menunjang performa.

Perlengkapan Penting Agar Aman dan Nyaman Saat Bersepeda

  1. Helm

Sama seperti ketika berkendara sepeda motor, saat bersepeda pancal pun juga perlu menggunakan helm. Berbeda dengan helm motor, helm untuk sepeda ada sendiri. Meskipun begitu, fungsi dari perlengkapan penting dalam bersepeda ini juga berguna untuk mencegah adanya cidera fatal pada kepada ketika terjadi kecelakaan. Mungkin saja saat bersepeda Anda kurang fokus, sehingga keseimbangan menjadi goyang dan terjatuh.

Oleh karena itu, saat memilih helm seharusnya tidak boleh sembarangan. Ada baiknya pilih helm yang tidak kebesaran ataupun kekecilan di kepala, sehingga sesuai ukuran dan bisa dikenakan dengan benar. Meskipun harga helm khusus sepeda pancal relatif mahal namun untuk menjaga keselamatan, tidak ada salahnya bukan membeli helm dengan kualitas yang bagus?

  1. Sepatu

Salah satu perlengkapan yang cukup penting dalam bersepeda yaitu sepatu. Namun ada baiknya jika sepatu ini sesuai dengan pedal sepeda. Oleh karena itu, perlengkapan saat bersepeda yang perlu disiapkan biar semakin nyaman dan aman adalah membeli sepatu khusus. Cleated bike shoes adalah salah satu jenis sepatu yang paling direkomendasikan untuk para pesepeda.

Dimana sepatu tersebut memiliki teknologi baru semacam gerigi yang bisa mencengkeram atau dikaitkan dengan pedal khusus. Harga sepatu satu ini bisa dibilang relatif terjangkau, memiliki kualitas yang baik dan memiliki fungsi yang sangat bermanfaat untuk kenyamanan dalam bersepeda. Entah itu untuk bersepeda di sekitar lingkungan ataupun di lintasan gunung.

  1. Kaos Kaki

Tak hanya sepatu, kaos kaki juga tidak kalah penting disiapkan saat bersepeda. Dimana kaos kaki ini berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan dan mencegah kaki melepuh. Seperti yang diketahui, ketika bersepeda pada akan bertumpu pada kaki. Agar kaki tidak bergesekan langsung dengan sepatu, ada baiknya untuk mengenakan kaos kaki terlebih dahulu.

Ketika memilih perlengkapan saat bersepeda yang penting ini, ada baiknya tidak sembarangan. Pilihlah kaos kaki yang menggunakan bahan yang mampu mengurangi panas di kaki, sekaligus mampu menghangatkan kaki saat di musim dingin. Selain itu, jangan lupa memilih kaos kaki yang terbuat dari bahan yang halus sehingga nyaman pada saat digunakan untuk bersepeda jarak jauh ataupun jarak dekat.

  1. Celana Pendek

Dalam olahraga bersepeda, kebanyakan para atlet atau yang sudah profesional akan memilih mengenakan celana pendek khusus yang bernama bike short. Celana pendek untuk bersepeda yang baik, biasanya tidak memiliki jahitan di bagian kelangkang dan di beberapa area terdapat alas khusus. Dimana alas khusus ini berfungsi untuk mengurangi gesekan dan rasa tidak nyaman. Bahan dari celana ini juga harus lentur dan bisa mengikuti gerakan, serta tidak terlipat ketika digunakan bersepeda.

Bagi yang tidak gemar dengan celana pendek, maka bisa memilih celana panjang khusus olahraga sepeda. Celana satu ini sama nyamannya dengan bike short, karena menggunakan bahan yang lentur dan mudah mengikuti gerakan. Meskipun harganya sedikit lebih mahal bila dibandingkan yang bike short, namun kenyamanan yang diberikan dari salah satu perlengkapan saat bersepeda ini sesuai dengan harga yang sudah dibayarkan.

  1. Sarung Tangan

Selain kaki, anggota tubuh yang harus bekerja keras saat bersepeda adalah tangan. Dimana tangan ini harus memegang dan menjaga keseimbangan stang, serta mengoperasikan rem sepeda. Tangan juga menjadi salah satu anggota tubuh yang terkena sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, sangat penting mengenakan sarung tangan ketika bersepeda, terutama saat rute yang dilalui cukup jauh.

Untuk itu, pilihlah sarung tangan yang bisa memberikan kenyamanan dan perlindungan pada tangan. Dimana perlengkapan ini bisa melindungi permukaan tangan saat terjatuh, menambah daya cengkeram pada setang, serta bisa menghangatkan tangan ketika udara dingin. Ada berbagai jenis dan merek sarung tangan, namun usahakan pilihlah jenis perlengkapan saat bersepeda ini yang terbaik dan sesuai dengan ukuran tangan Anda.

  1. Bike Jersey

Umumnya bike jersey akan terbuat dari bahan yang lentur dan memiliki ukuran yang ketat, sehingga bisa mengurangi hambatan angin. Jenis kain jersey sepeda biasanya akan mampu menyerap keringat, sehingga bisa menjaga tubuh tetap kering dan sejuk. Baju tersebut umumnya berkerah pendek, memiliki resleting panjang di depan untuk kebutuhan ventilasi yang menyesuaikan suhu, berpotongan panjang, dan lebar di bagian belakang.

Bike jersey biasanya akan lebih pendek dan sempit di bagian depan yang berguna untuk mengakomodir posisi tubuh saat bersepeda, berkantung untuk menyimpan barang, serta berwarna cerah agar terlihat jelas saat di jalan. Selain membeli langsung di toko olahraga atau di online shop, Anda juga bisa bikin jersey sepeda di jasa percetakan. Jersey yang dicustom ini, kualitasnya tidak kalah dengan kualitas jersey yang dijual di toko olahraga.

  1. Kacamata atau Pelindung Mata

Terkadang saat bersepeda, tidak terasa mata akan terasa perih yang tidak diketahui apa penyebabnya. Oleh karena itu, agar perjalanan bersepeda lebih aman ada baiknya gunakan kacamata atau pelindung mata. Perlengkapan saat bersepeda satu ini berguna untuk melindungi mata dan mampu mencegah angin, sinar matahari, debu, pasir, dan serangga yang kemungkinan bisa mengganggu pandangan mata.

Kacamata untuk bersepeda ini biasanya diproduksi khusus dan kebanyakan adalah kacamata hitam. Kacamata ini, banyak yang menjualnya secara paket dengan helm. Perlengkapan bersepeda satu ini, dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Apabila Anda membelinya satu pasang dengan helm, maka harga yang ditawarkan bisa menjadi lebih mudah.

Itulah beberapa perlengkapan yang perlu dipersiapkan agar tubuh terlindungi ketika bersepeda. Meskipun begitu, tidak sedikit yang meremehkan perlengkapan wajib ini. Padahal perlengkapan tersebut penting untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan, juga mencegah terjadinya cidera. Setelah membaca ulasan ini, diharapkan Anda mulai melengkapi diri dengan perlengkapan sepeda yang benar sebab keselamatan adalah hal yang utama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *