Tidak Hanya Perlengkapan Bayi Yang Disiapkan Anda Harus Siapkan Aqiqah Setelah Kelahirannya



Walaupun persiapan menuju kelahiran perlu dipersiapkan, anda tidak boleh siapkan untuk acara aqiqahnya. Bagaimana acara akan diadakan, hingga siapa saja tamu yang akan diundang. Sayangnya, kebanyakan orang tua hanya terbuai dengan mempersiapkan perlengkapan bayi yang akan digunakan oleh anak. Namun persiapan untuk aqiqah tidak dilakukan secara matang, sehingga acara dapat berjalan lancar dan tidak mengalami kendala apapun.

Persiapan yang dilakukan untuk aqiqah, memang dikenal tidak terlalu sulit. Karena saat ini, telah tersedia jasa aqiqah Surabaya yang siap membantu lengkapi kebutuhan acara. Konsumen hanya perlu menentukan paket apa yang digunakan untuk acara, kemudian memesan hal-hal yang dibutuhkan. Setelahnya, acara akan berjalan lancar sesuai dengan harapan. Lantas, apa saja yang perlu disiapkan dalam sebuah acara aqiqah?

Penting Dalam Acara Aqiqah

Setiap orang tua, tentu menginginkan acara aqiqah yang terbaik untuk anaknya. Untuk itu, penting melakukan persiapan matang pada acara tersebut. Salah satu hal yang harus disiapkan adalah kambing yang akan dijadikan sembelihan untuk aqiqah. Kambing yang dapat dijadikan pilihan adalah kambing yang terbaik dan tidak bercacat, sama halnya dengan kambing yang diberikan pada idul qurban.

Selain binatang sembelihan, anda perlu memperhatikan waktu melakukan aqiqah anak. Pada dasarnya, waktu terbaik melakukan sembelihan adalah hari ketujuh setelah anak lahir. Namun jika terkendala satu dan lain hal, dapat dilakukan pada hari keempat belas atau hari keduapuluh satu. Semuanya dapat disesuaikan dengan kemampuan dari orang tua anak, untuk melakukan aqiqah.

Perlengkapan Bayi Yang Harus Disiapkan

Pixabay.com

Setelah memahami beberapa hal terkait aqiqah, kini barulah tepat rasanya untuk mempersiapkan berbagai peralatan untuk digunakan bayi setelah kelahiran. Berikut ulasan lengkapnya,

1. Perlak

Sebagai persiapan, anda harus menyediakan perlak di rumah. Nantinya perlak akan diletakkan pada kasur, sehingga anak tidak membahasinya secara langsung saat mengompol. Tersedia dua jenis perlak yang dapat digunakan, perlak biasa yang harus diperhatikan waktu penggunananya. Sedangkan perlak lainnya, akan tetap kering walaupun terkenal ompol anak.

2. Kelambu

Persiapan lain yang harus diakukan adalah menyediakan kelambu. Kelambu dibutuhkan untuk melindungi bayi dari gigitan nyamuk. Gigitan nyamuk nampak sangat biasanya bagi orang tua, namun bagi bayi dapat menyebabkan iritasi. Untuk itu, disarankan menggunakan kelambu pada bagian tempat tidur bayi, sehingga anak terhindar dari gigitan nyamuk.

3. Botol Susu

Sebagai calon ibu, perlengkapan untuk bayi menyusui adalah perlengkapan yang harus disiapkan pertama. Walaupun anak akan mengonsumsi ASI, ASI yang dipompa dapat dikonsumsi anak melalui dot atau botol susu. Perlengkapan juga dapat dimanfaatkan untuk bayi yang telah disapih dan mengonsumsi susu formula. Jadi, dapat digunakan selama bayi mengonsumsi susu.

4. Gendongan Bayi

Sejak dulu, perlengkapan ini merupakan perlengkapan yang utama. Perlengkapan ini dibutuhkan untuk mengendong bayi, selagi bayi diajak bepergian dan anda lelah menggendongnya dengan tangan. Namun dalam memilih gendongan, harus dilakukan dengan benar. Jangan sampai gendongan menyebabkan masalah pada tubuh bayi dan berakibat fatal.

5. Perlengkapan Mandi

Walaupun bayi baru lahir, anda harus memperhatikan kebersihan bayi. Salah satunya dengan mempersiapkan perlengkapan mandi. Perlengkapan mandi yang dipilih, juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Karena kulit bayi termasuk sebagai kulit yang sensitif, kesalahan pemilihan peralatan mandi dapat berakibat fatal. Salah satunya iritasi hingga peradangan.

6. Minyak Telon

Setelah anak dimandikan dan diberikan pakaian, anak harus dikenakan berbagai perlengkapan tambahan. Perlengkapan yang dibutuhkan berupa, minyak telon, baby oil, minyak rambut hingga bedak bayi. Jika dibutuhkan, anda juga dapat memberikan minyak rambut pada anak. Hal ini penting, sehingga anak tetap wangi dan memiliki rambut yang tebal.

7. Perlengkapan Steril

Semua kebutuhan untuk bayi, harus selalu diperhatikan. Baik kebersihan, hingga kesterilannya. Untuk itu dibutuhkan perlengkapan steril untuk membersihkan semua peralatan yang digunakan. Perlengkapan yang dibutuhkan berupa alkohol, tisu kering dan basah, kain kasa hingga kapas steril. Semuanya bisa didapatkan dengan mudah di apotik terdekat.

8. Popok

Popok untuk bayi adalah bagian penting dalam kehidupan bayi. Hal ini penting, sehingga harus mempersiapkannya dalam jumlah banyak. Popok yang dapat dijadikan pilihan adalah popok kain maupun pampers. Keduanya dibutuhkan untuk mencegah bayi mengompol. Pampers dapat digunakan untuk membawa bayi bepergian. Sedangkan popok kain, untuk mencegah iritasi bayi.

9. Sarung Tangan dan Kaos Kaki

Pixabay.com

Bagian terakhir yang harus disiapkan adalah sarung tangan dan kaos kaki untuk anak. Keduanya dibutuhkan untuk menjaga suhu tubuh bayi, karena bayi yang baru lahir memiliki kulit yang masih sensitif. Selain itu, keduanya dapat menjaga bayi dari serangan nyamuk. Bahkan, juga dapat digunakan, untuk melindungi bagian tubuh bayi, agar tidak tercakar oleh kukunya.

Sebenarnya masih tersedia beberapa perlengkapan bayi yang dibutuhkan untuk persiapan kelahiran. Anda dapat mencari tahu lebih dengan menanyakannya pada orang-orang yang berpengalaman, seperti orang tua atau kerabat. Namun jangan sampai terlupa dengan kebutuhan lain, seperti acara aqiqah yang harus dilakukan setelah beberapa hari kelahiran bayi, seperti yang telah disampaikan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *