Mitos-Mitos yang Masih Dipercayai Pecinta Perkutut Putih



Jika berbicara tentang mitos, itu pasti ada kaitannya dengan orang-orang kuno. Namun, hal semacam itu masih dipercaya orang sekarang, tak terkecuali tentang mitos perkutut putih.

Burung menjadi binatang piaraan orang dahulu hingga sekarang. Bagi orang-orang kuno, burung dirawat di rumah untuk kelangenan. Sementara itu, ada tujuan lain bagi pecinta burung saat ini. Ada yang untuk bisnis. Ada juga yang untuk kontes.

Terlepas dari hal tersebut, ada juga yang percaya jika memiliki burung di rumah bisa mendatangkan sesuatu kebaikan. Terutama jika memiliki burung perkutut putih

Mitos Mengenai Burung Perkutut Putih

Tahukah Anda bahwa orang terdahulu suka sekali berkelahi. Hanya saja, cara berkelahinya menggunakan magic. Ada yang disebut dengan santet. Ini cara untuk membunuh orang lain dengan cara yang tak terlihat kasat mata.

Untuk itu, banyak orang terdahulu, terutama di daerah Jawa yang berusaha sebisa mungkin untuk menangkal santet. Umumnya, mereka seorang saudagar atau pejabat tinggi yang punya banyak musuh. Mereka harus memproteksi diri agar tidak terkena santet.

pickupimage.com

Caranya bermacam-macam. Ada yang punya aji-aji. Namun, ada juga yang cukup memelihara burung perkutut putih. Burung yang satu ini kabarnya mampu menangkal jika ada santet yang datang ke rumah.

Selain itu, ada juga mitos lain. Dan mitos ini sampai saat ini masih dipercaya. Mungkin untuk santet, sekarang ini tidak banyak orang yang percaya. Tapi, masih banyak yang percaya jika burung perkutut warna putih mampu mendatangkan keberuntungan.

Mereka yang sedang berbisnis memelihara burung ini agar bisnisnya lancar. Apalagi di tengah kompetisi yang begitu ketat. Segala upaya yang bersifat duniawi dilakukan. Begitu juga yang berhubungan dengan magic. Contohnya dengan memelihara burung perkutut putih di rumah.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda percaya dengan mitos-mitos semacam itu?

Ada beberapa orang yang tidak percaya. Bahkan, mereka sedikit terganggu dengan hal tersebut. Pasalnya, ketika ia memelihara burung ini, bisa saja orang lain yang percaya mitos akan menyangkut-pautkan dengan hal tersebut. Padahal, sang pemilik burung sama sekali tidak percaya mitos.

Lebih parah lagi jika ada anggapan burung perkutut putih digunakan sebagai penglaris. Bagi orang yang tidak percaya mitos, tuduhan semacam ini pasti sangat mengganggu.

Jika Anda ingin memelihara burung ini, silakan saja. Kalaupun Anda tidak percaya mitos, Anda tidak perlu dengarkan apa kata orang lain. Biarkan saja orang bicara. Yang terpenting, Anda punya alasan kenapa memilih perkutut warna putih untuk Anda pelihara di rumah.

pickupimage.com

Perawatan yang Harus Dilakukan

Apakah merawat burung perkutut putih sulit? Sebenarnya tidak. Bahkan, secara umum, cara perawatannya sama dengan cara merawat burung perkutut jenis lain.

Akan tetapi, ada satu hal penting yang harus Anda ketahui. Ada anggapan dibandingkan dengan jenis perkutut lainnya, perkutut warna putih ini lebih mudah mati. Entah benar atau tidak, itulah anggapan yang banyak terdengar di luar.

Oleh sebab itu, perawatan perkutut warna putih harus benar-benar diterapkan dengan baik. Berikut ini hal yang harus Anda lakukan ketika Anda memutuskan memelihara burung yang satu ini.

  1. Siapkan Makanan Bergizi

Apa makanan bergizi buat perkutut? Burung ini suka sekali dengan biji-bijian. Siapkan biji kacang hijau yang tinggi protein. Ini bagus untuk menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh burung.

Akan tetapi, sesekali Anda juga bisa berikan makanan lain. Misalnya saja voer. Itupun harus yang berkualitas. Sedikit lebih mahal tidak masalah asal burung Anda sehat, bukan?

Ada juga pecinta burung perkutut ini yang memberikan kuning telur. Pasalnya, di dalam kuning telur terdapat protein yang tinggi. Namun, Anda tidak bisa memberikannya begitu saja. Ada caranya tersendiri.

Caranya, ambil biji-bijian. Lalu campur dengan kuning telur. Keringkan terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada burung. Mudah, kan?

pickupimage.com

  1. Minuman Air Matang

Sebenarnya, minuman apa saja boleh asalkan tidak mengandung bakteri. Hanya saja, untuk menghilangkan risiko adanya bakteri tersebut, berikan air yang matang. Anda harus ingat. Jenis burung perkutut yang satu ini beda dengan yang lainnya. Ini lebih mudah terserang penyakit.

  1. Perawatan Tubuh

Di pagi hari, semprot tubuh burung dengan air bersih. Lalu, siapkan makanan sambil Anda jemur di bawah sinar matahari pagi. Jemur sekitar 30 menit mulai pukul 6 pagi.

Perawatan tubuh ini penting agar burung tidak terkena bakteri yang menyebabkan penyakit. Untuk itu, perlu juga bagi Anda untuk membersihkan kandang.

Itulah perawatan perkutut putih yang harus Anda lakukan. Di siang hari, masukkan ke dalam rumah. Perdengarkan masteran suara burung agar perkutut Anda merdu suara cuitannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *