Perbedaan Kertas Folio dengan 4 Jenis Kertas Lain



Kertas folio F4 paling banyak ditemui di kepentingan sehari-hari karena berkaitan dengan aktivitas perkantoran atau persekolahan. Biasanya kertas ini digunakan untuk memfoto copy. Namun banyak sekali istilah yang digunakan untuk membedakan jenis-jenis kertas. Ada kertas A4, F4, kertas kuarto, dan lain sebagainya. Bagaimana cara membedakannya? Berikut ini penjelasannya.

Kertas F4

Kertas F4 atau kertas folio berukuran 21,6 cm x 33 cm. Kertas jenis F4 atau familiar dengan sebutan kertas folio  ini mudah dikenali karena pada bagian covernya ada tulisan kertas F4. Kertas folio ini juga disebut dengan HVS panjang.

 

Kertas A4

Kertas A4 disebut juga dengan kertas HVS, dikarenakan pada sampul kertas bertuliskan HVS A4. Kertas ini paling banyak digunakan untuk format dokumen persekolahan atau perkantoran. Kertas HVS A4 berukuran 21 cm x 29,7 cm.

 

Kertas Kuarto

Kertas kuarto adalah kertas yang cukup sulit dicari di Indonesia, sementara penggunaan kertas ini paling familiar ada di Inggris. Ukuran kertas kuarto hampir mirip dengan ukuran kertas A4, sehingga bisa diganti penggunaannya dengan kertas A4.

 

Kertas Letter

Ukuran kertas yang juga sangat langka ditemui di Indonesia adalah kertas Letter. Penggunaannya paling familiar di Amerika. Ukuran kertas letter adalah 21,6 cm x 27,9 cm hampir sama dengan kertas A4. Maka jika ada penyebutan kata ‘kertas letter’ di Indonesia bisa jadi yang dimaksud adalah kertas A4.

 

Kertas Legal

Kertas legal juga jarang sekali ditemui di Indonesia. Penggunaannya hanya familiar di Amerika. Ukuran kertas ini mendekati ukuran kertas folio, yakni 21,6 cm x 35,6 cm. Maka penyebutan kertas legal di Indonesia juga dikaitkan untuk menggantikan penyebutan kertas legal.

 

Kertas folio selain memiliki ukuran yang khusus yang membedakan dengan kertas jenis lain, kertas F4 atau folio ini juga memiliki julukan khusus di beberapa negara yakni kertas foolscap di Inggris, kertas oficio II di Brasil, kertas legal di Amerika Serikat, dan masih banyak lagi.