Ketahui Penyebab Karpet Berjamur



Karpet merupakan salah satu furniture yang hampir di setiap rumah selalu ada. Karpet memiliki banyak fungsi yang antara lain bisa sebagai tempat bersantai sembari menonton televisi atau juga bisa sebagai ornamen untuk mempercantik desain interior dari sebuah rumah atau ruangan. Biasanya karpet di letakan pada ruang tamu atau ruang keluarga.

Terkadang, sebuah karpet bisa terdapat jamur yang bisa berakibat menjadikan karpet tersebut bau serta membuat kulit menjadi gatal-gatal. Jamur pada karpet tersebut harus segera dihilangkan dengan mengetahui cara menghilangkan jamur pada karpet atau how to get mold out of carpet. Lalu, apa sih penyebab munculnya jamur pada karpet? Simak penjelasan dari artikel di bawah ini.

1. Karpet jarang di bersihkan

Penyebab pertama sebuah karpet terkena jamur adalah karena karpet tersebut jarang di bersihkan. Idealnya, sebuah karpet harus selalu rutin di bersihkan paling minimal setiap seminggu sekali dengan menggunakan alat pembersih penyedot debu atau vacuum cleaner. Dengan menggunakan vacuum cleaner maka debu-debu, kotoran serta jamur-jamur yang menempel di dalam karpet tersebut dapat di serap dan di sedot sehingga karpet menjadi bebas dari jamur. Untuk menghindari karpet dari jamur juga kamu harus membersihkan karpet tersebut sehari sekali dengan cara menyapu karpet menggunakan sapu atau kemonceng. Karena karpet yang tidak rutin di bersihkan menjadi salah satu penyebab munculnya jamur-jamur.

pixabay.com

2. Karpet Kotor

Point kedua ini masih berkaitan dengan yang pertama tadi. Ketika karpet tidak di bersihkan, maka karpet tersebut akan menjadi kotor. Dan saat karpet sudah kotor maka akan membuat jamur-jamur tersebut terlalu nyaman bersarang di karpet milik mu. Maka dari itu jika kamu tidak menginginkan karpet milik mu menjadi sarang yang nyaman untuk jamur-jamur, maka kamu juga tidak boleh membiarkan karpet tersebut dalam keadaan kotor. Sebisa mungkin kamu membersihkan karpet tersebut agar bisa terhindar dari jamur-jamur. Kamu harus selalu mengingat bahwa sesuatu yang kotor adalah tempat yang nyaman untuk bersarang para kuman, bakteri, dan begitu juga jamur-jamur dalam karpet. Mereka akan betah bernaung di karpet milik mu yang kotor tersebut.

3. Bahan karpet

Penyebab lain dari munculnya jamur pada karpet adalah karena bahan yang digunakan karpet mudah kotor dan juga sulit di bersihkan. Karena hal itu, kamu jangan membeli karpet yang memiliki bahan dasar atau material yang mudah kotor dan sulit di bersihkan. Carilah karpet dengan bahan-bahan yang bisa tahan terhadap kotoran serta bisa dengan mudah di bersihkan ketika sudah kotor dan berdebu. Memang terkadang bahan yang mudah kotor tersebut bisa menyebabkan munculnya dan tumbuh kembang jamur-jamur di area karpet tersebut.

pixabay.com

4. Karpet lembab

Penyebab berikutnya dari jamur-jamur yang muncul pada karpet adalah karena karpet tersebut dalam keadaan yang lembab. Karpet yang lembab bisa di sebabkan karena beberapa hal semisal kamu meletakan karpet tersebut di area ruangan yang lembab atau karpet tersebut tersiram air sehingga menjadi basah dan tidak segera kamu keringkan. Karena beberapa hal tersebut maka karpet menjadi lembab dan karpet yang lembab akan menjadi sarang dari para jamur-jamur untuk betah di karpet milik mu itu. Jika karpet mu sudah lembab, kamu bisa segera keringkan karpet tersebut dengan menggunakan alat pengering atau kamu jemur di terik matahari agar karpet tersebut bisa kering dan tidak lembab lagi.

Cara menghilangkan jamur di karpet

Jika karpet mu sudah terlanjur terkena jamur, maka kamu harus segera menghilangkan jamur tersebut dengan melakukan beberapa cara di bawah ini. Simak penjelasan dari artikel di bawah ini.

1. Menggunakan vacuum cleaner

Kamu bisa gunakan alat vacuum cleaner untuk menyedot debu-debu serta jamur yang menempel di karpet milik mu tersebut. Dengan menggunakan mesin vacuum cleaner maka jamur-jamur tersebut bisa di sedot dan terserap masuk ke mesin vacuum cleaner tersebut.

2. Memberi aliran udara

Kamu bisa buka jendela mu dan biarkan karpet tersebut terkena udara dari luar ruangan atau bisa juga kamu gunakan kipas angin dan kamu arahkan pada karpet milik mu.

pixabay.com

3. Menggunakan produk khusus

Kamu bisa membeli sebuah produk yang memiliki fungsi untuk menghilangkan jamur-jamur di karpet mu. Produk tersebut kamu semprotkan pada karpet dan kamu gosok-gosokan karpet milik mu menggunakan mesin setrika. Agar karpet tidak rontok dan rusak kamu bisa gosok dengan cara pelan-pelan dan hati-hati.

4. Mengeringkan karpet

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jamur-jamur yang terdapat pada karpet adalah dengan mengeringkan karpet milik mu tersebut. Jemur karpet tersebut pada terik matahari dengan durasi paling minimal 24 jam. Namun jika masih belum hilang jamur-jamur yang menempel di karpet, kamu bisa jemur karpet tersebut selama 48 jam atau lebih agar karpet benar-benar bisa bersih dan jamur-jamur tersebut bisa hilang dan lenyap. Jika saat itu cuaca sedang tidak mendukung, kamu bisa keringkan dengan mesin.

Nah itulah sekilas mengenai penyebab-penyebab jamur pada karpet dan juga cara menghilangkan nya. Sekian dan terima kasih.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *