Penyebab Terjadinya Benjolan Di Belakang Telinga



Muncul benjolan di telinga bagian belakang seringkali membuat anda takut. Jangan-jangan ada penyakit mematikan yang menyerang anda. Seharusnya anda tidak merasa takut dulu karena belum tentu itu adalah penyakit berbahaya. Agar tidak penasaran memang harus diperiksakan ke dokter agar penanganan yang dilakukan tepat.

Penyebab Benjolan Di Belakang Telinga

Indikasi penyakit memang bisa dideteksi melalui benjolan di belakang telinga. Beberapa diantaranya adalah berikut ini.

  1. Infeksi

Infeksi yang terjadi akibat bakteri maupun virus akan menyebabkan pembengkakan pada bagian leher dan wajah. Tak jarang juga menyerang telinga bagian belakang. Infeksi yang terjadi karena radang tenggorokan dan virus Epstein barr.

  1. Mastoiditis

infeksi yang lebih parah bernama mastoiditis. Hal ini bisa terjadi karena adanya infeksi yang tidak diobati dengan benar dan dirawat sebagaimana mestinya. Benjolan yang muncul di belakang telinga tersebut berupa tulang. Apabila tidak ditangani dengan baik mastoiditis bisa menimbulkan benjolan berisi nanah. Sehingga harus segera ada penanganan yang tepat supaya penyakit ini tidak semakin parah dan menyebar. 

  1. Abses

Abses akan semakin berkembang saat jaringan ataupun sel di suatu bagian tubuh mengalami infeksi. Apabila hal ini terjadi maka tubuh akan merespon infeksi dengan cara memburuh virus dan bakteri yang menyerang dalam tubuh. Perlawanan yang terjadi akan mengirimkan sel darah putih ke seluruh bagian yang mengalami infeksi.

Sel darah putih yang menumpuk akibat serangan yang dilakukan terhadap bakteri tersebut sudah rusak sehingga menghasilkan nanah yang terus berkembang dari sel darah putih, jaringan, zat lainnya yang sudah mati. Sehingga bisa menimbulkan benjolan di belakang telinga dan terasa sakit saat disentuh.

  1. Jerawat

Jerawat terjadi saat folikel rambut pada kulit mengalami penyumbatan akibat sel kulit mati maupun minyak. Tidak jarang jerawat akan bertumbuh semakin besar dan padat sehingga menimbulkan rasa sakit dan gatal.

  1. Otitis Media

Otitis media merupakan infeksi telinga yang sering di derita banyak orang akibat bakteri maupun virus. Infeksi yang terjadi mengakibatkan pembengkakan dan penumpukan cairan dan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *