Pentingnya Rantai Makanan Di Laut



Rantai makanan menjadi salah satu hal yang pastinya pernah dipelajar oleh setiap orang. Rantai makanan menjadi suatu hal yang penting dan harus di jaga untuk bisa menjaga suatu ekosistem di alam. Rantai makanan merupakan perpindahan energi makanan dari sumber daya tumbuhan melalui seri organisme atau melalui jenjang makanan dan berbentuk melingkar seperti rantai yang tersambung.

Menjaga Rantai Makanan Di Laut

Indonesia merupakan sebuah negara maritim dengan wilayah perairan yang sangat luas dan menyimpan kekayaan alam bawah laut yang sangat melimpah. Ekosistem laut sendiri sangatlah luas dan bisa dibagi menjadi beberapa sub ekosistem baik berdasarkan kedalamannya ataupun berdasarkan jarak pantai. Rantai makanan sendiri merupakan suatu proses memakan atau di makan untuk menjaga kelangsungan suatu ekosistem.

Bisa di gambarkan bahwa rantai makanan itu seperti rantai sepeda yang apabila putus maka akan membuat sepeda menjadi rusak dan tidak bisa  digunakan. Begitupun dengan rantai makanan yang berada di lautan ketika salah satu bagian dari rantai makanan di laut di eksploitasi secara berlebih maka hal tersebut bisa merusak ekosistem laut.

Oleh sebab itu untuk menjaga kekayaan laut indonesia maka kamu sebagai rakyat indonesia memiliki kewajiban untuk menjaga kelangsungan rantai makanan di laut untuk menjaga ekosistem laut indonesia. Dengan begitu kekayaan alam bawah laut indonesia bisa dinikmati dalam waktu yang lama.

Rantai Makanan Di Laut

Menjaga ekosistem laut melalui rantai makanan menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah beberapa contoh rantai makanan di laut yang perlu dijaga kelangsungannya.

  1. Energi matahar – alga – ikan kecil – ikan besar – hiu – dekomposer
  2. Energi matahari – fitoplankton – ikan kecil – burung bangau – ular laut – dekomposer
  3. Energi matahari – fitoplankton – udang – ikan – singa laut – hiu – dekomposer
  4. Udang karang – ikan besar – manusia

itu tadi beberapa contoh rantai makanan di laut yang harus di jaga kelestariannya agar ekosistem laut tetap terjaga. Sebagai manusia sudah menjadi kewajiban untuk kita semua menjaga kelestarian ekosistem yang ada di lautan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *