Pentingnya Pendidikan Anti Korupsi



Jika melihat kondisi negara kita saat ini maka sudah waktunya ada upaya untuk memberantas korupsi itu terjadi, ini bisa dilakukan dengan dua gerakan besar baik secara penindakan maupun pencegahan. Penindakan sendiri sudah terdapat lembaganya sendiri dan telah berjalan dengan cukup baik di negri ini, sedang di sisi lain upaya yang dilakukan melalui pencegahan itu sendiri juga dirasa sangat diperlukan agar korupsi tidak menjadi budaya yang kian berlanjut maka untuk saat ini pemerintah kerap melakukan upaya pencegahan yang salah satunya melalui Pendidikan anti korupsi yang diterapkan di seluruh lapisan masyarakat.

Pentingnya Pendidikan Anti Korupsi diberikan sejak dini

Dalam perkembangannya saat ini Pendidikan anti korupsi itu sendiri sudah mulai bisa dirasakan mulai dari lingkungan sekolah dan universitas, kedua institusi Pendidikan tersebut merupakan tempat di mana generasi Indonesia berikutnya dibesarkan maka sudah sangat tepat bila Pendidikan seperti ini sudah ditanamkan sejak usia muda agar nantinya kebiasaan lama akan korupsi itu bisa dicegah dan berkurang.

Lebih lanjut lagi, mahasiswa yang diharapkan bisa menjadi agen perubahan dan motor penggerak aksi anti korupsi di lingkungan masyarakat tentu adalah sasaran yang tepat dalam penerapan Pendidikan anti korupsi di masyarakat. Harapan besar yang disisipkan dalam gerakan – gerakan seperti ini diharapkan bisa memberikan dampak yang baik kedepannya, melalui berbagai pembekalan berupa presentasi, workshop, kelas khusus, hingga pembagian buku baik cetak maupun elektronik dirasa akan sangat berguna sebagai upaya dalam menunaikan Pendidikan anti korupsi.

Adanya Campur tangan dari Orang Tua

Tentu saja selain pendidikan yang diberikan, orang tua juga ikut ambil bagian besar dalam menanamkan bibit anti korupsi sejak dini. Memberikan pengawalan dan penjelasan mengenai mana yang baik dan buruk akan membantu untuk membuat anak anak lebih mudah untuk mengerti mengenai akibat buruk dari korupsi. Tanamkan kejujuran sejak dini akan membantu anak anak kita nantinya menjadi generasi penerus bangsa yang benar benar bisa lepas dari kebudayaan korupsi. Memang membutuhkan proses, namun jika semua melakukannya, maka memberantas korupsi bisa dan juga mungkin untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *