Penting!  Ternyata Ini Metamorfosis Tidak Sempurna Belalang



 

 

Dalam setiap kehidupan makhluk, pasti terdapat yang namanya metamorfosis. Metamorfosis sendiri pada hewan dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama adalah metamorfosis sempurna. Dan yang kedua adalah metamorfosis tidak sempurna. Untuk metamorfosis sempurna, hewan akan mengalami fase atau daur hidup sebanyak 4 kali, serta untuk hewan dengan metamorfosis tidak senourna akan mengalami fase atau daur hidup hanya sebanyak 3 kali. Namun untuk kali ini akan dibahas metamorfosis tidak sempurna khusunya pada belalang.

Tahapan tahapan yang dilalui dari metamorfosis tidak sempurna

Yang dimaksud dengan metamorfosis tidak sempurna adalah fase dimana hewan memulai kehidupan nya dari telur lalu melewati beberapa fase lagi hingga dewasa. Namun fase tersebut tidak memiliki perbedaan yang terlalu mencolok atau signifikan. Seperti pada belalang, dia hanya mengalami fase atau daur ulang metamorfosis sebagai tugas kali. Diawali dari telur, kemudian menetas menjadi nimfa, dan terakhir menjadi belalang dewasa atau imago. Dan karena tidak melalui masa pupa. Setelah menetas belalang tidak mengalami perubahan mencolok sejak menetas hingga dewasa. Walaupun hewan tersebut memiliki metamorfosis tidak sempurna, namun lama dari fase atu daur ulang setiap hewan berbeda – beda. Ada yang hanya memerlukan waktu beberapa hari untuk menetas, namun ada juga yang memerlukan waktu sampai berbulan bukan untuk mentas seperti contohnya belalang. Belalang memerlukan waktu 1 sampai dengan 10 bulan untuk menetas. Lama waktu menetas tersebut dipengaruhi, oleh jenis belalang dan kondisi lingkungan tempat telur tersebut. Pada umumnya, di negara tropis telur belalang akan lebih mudah menetas dibanding di negara dengan suhu yang dingin.

Saat menetas, belalang kecil atau yang disebut dengan nimfa tidak akan dijaga oleh induknya. Mereka akan mencari makan sendiri untuk mempertahankan hidupnya. Fase belalang kecil atau nimfa ini akan berlangsung selama 39 sampai dengan 40 hari. Selain itu pada fase ini belalang tidak memunyai sayap, sehingga dia hanya akan mengandalkan kaki kakinya untuk mencari tanaman. Selama fase ini juga sayap Belalang akan tumbuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *