Pantai Uluwatu



Pantai merupakan destinasi wisata alam yang paling banyak diburu oleh wisatawan. Karena pantai adalah tempat yang pas untuk berdiam diri dan menikmati keindahan alam yang disajikan, yaitu hamparan pasir putih dan riuh rendahnya gelombang ombak serta terpaan semilir angin yang menyibak rambut.

Namun, ketika kamu datang ke pantai terkadang bukan ketenangan dan kesenyapan yang kamu jumpai, melainkan keramaian. Terlebih jika pantai tersebut sudah cukup terkenal, maka akan ada banyak orang yang datang ke pantai tersebut.

Tentang Pantai Uluwatu

Jika kamu mendambakan pantai yang masih sepi dan belum banyak di kunjungi wisatawa, ada satu pantai di Pulau Dewata yang bisa kamu kunjungi. Jadi ketika kalian berkunjung ke Bali dengan paket wisata bali maka harus mempertimbangkan pantai ini, karena di pantai ini kalian bisa mendapatkan ketenangan.

rgbstock.com

Lokasi

Pantai ini berjarak sekitar 25 Km dari ikon pantai yang ada di Pulau Dewata, yaitu Pantai Kuta. Kamu bisa menyewa kendaraan bermotor untuk sampai ke pantai ini.

Jangan kira perjalanan akan mudah kamu tempuh. Kamu harus melalui perjuangan yang keras dan melelahkan terlebih dahulu agar bisa menikmati ketenangan dan keindahan Pantai Uluwatu ini.

Setelah kamu memarkirkan motor tersebut di area yang telah di sediakan, kamu diharuskan untuk menuruni anak tangga dengan panjang perjalanan sekitar 200 meter. Setelah 200 meter kamu lalui, ada 50 meter lagi anak tangga yang harus kamu turuni. Anak tangga yang kedua ini cenderung lebih cepat dan hanya bisa dilalui oleh orang satu per satu.

Jadi kamu harus sabar jika di sana sedang banyak orang. Namun, setelah kamu berjuang dengan keras dan usaha yang melelahkan, ketika telah sampai di ujung anak tangga kamu akan dibuat terpana oleh keindahan yang tersaji sepanjang mata memandang.

Hamparan pasir putih dengan tekstur lembut, dan air laut di pantai tersebut berwarna biru. Kamu akan dibius beberapa saat ketika baru pertama kali menginjakan kaki di pantai ini.

Di pantai ini rata-rata para pengunjungnya adalah turis mancanegara. Karena memang pantai ini memiliki daya tarik untuk turis yang gemar berselancar atau surfing. Ombak yang ada di pantai ini sangat liar dan brutal menghantam batu cadas.

Maka dari itu banyak para turis yang tertantang untuk merasakan sensasi melawan ombak Pantai Uluwatu ini. Dan jika kamu ahli dalam berselancar, maka tak ada salahnya jika kamu mencoba untuk menantang ombak pantai ini.

Aktivitas Di Pantai Uluwatu

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika berada di pantai ini selain berselancar. Beberapa aktivitas tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

rgbstock.com

1. Menikmati keindahan alam

Hal yang tentu bisa kamu lakukan ketika berada di pantai ini adalah menikmati keindahan alam yang tersaji di pantai Uluwatu.

Karena tempat ini masih terbilang belum banyak di kunjungi orang, maka pantai ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat melepas lelah dan mencari ketenangan diri.

Kamu bisa melakukan meditasi dengan berdiam diri di area panjang tersebut sembari menikmati keindahan alam. Jika kamu butuh tempat yang menawarkan ketenangan, maka pantai ini adalah salah satu yang mesti kamu coba untuk datangi.

2. Berkunjung ke Pura Uluwatu

Jika kamu sudah puas dengan keindahan yang tersaji pada pantai itu, maka kamu bisa berkunjung ke salah satu tempat yang terletak tidak jauh dari pantai, tempat tersebut adalah Pantai Uluwatu.

Perjalanan yang kamu tempuh untuk menuju pura ini adalah sekitar 3 Km dari pantai menuju ke arah bukit karang. Pura ini di bangun oleh Empu Kuturan pada sekitar abad 11 silam. Pura Uluwatu ini dianggap sebagai pura sad kayangan atau pura yang menyangga sembilan penjuru mata angin.

Banyak para pengunjung yang beragama hindu datang ke tempat ini untuk mendekatkan diri kepada Tuhannya. Karena pura Uluwatu ini diyakini umat saling berhadapan dengan pura suci lain semisal Pura Andakasa, Pura Batur dan Pura Besakih yang ada di Bali.

rgbstock.com

Pura ini bisa di akses oleh turis, hanya saja kamu harus mengganti pakaian yang kamu kenakan dengan pakaian panjang serta sabuk yang merupakan pakaian khas dari Bali.

Di Pura Uluwatu ini ada banyak sekali monyet atau kera liar yang hidup di sana. Masyarakat sekitar percaya bahwa kera-kera tersebut merupakan penjaga dari Pura Uluwatu ini.

Kamu bisa memberi makan kera tersebut. Tapi harus hati-hati juga karena kera di sini terkenal cukup nakal. Jika kamu datang ke pura ini pada saat-saat tertentu, maka kamu bisa menyaksikan suguhan tari kecak khas Bali yang di pertunjukan di pura tersebut.

Atau terkadang ada pula prosesi ibadah penganut hindu yang mungkin belum kamu ketahui. Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan semua itu.

Dan dari atas pura ini, kamu bisa melihat pemandangan di sekitar area pantai dengan lebih leluasa dan terhampar indah di mata.

Nah, itulah sekilas tentang pantai yang berada di Uluwatu, Bali. Semoga dengan adanya gambaran keindahan pantai ini, bisa dipertimbangkan untuk Kamu kunjungi ketika berada di Bali.