Mengenal Sejarah Kesultanan Aceh



Membuka sejarah, pasti kalian kenal dengan salah satu kerajaan yang pernah berdiri di nusantara yaitu kerajaan Aceh. Kerajaan yang didirikan oleh Ali Mughayat Syah ini pada awalnya merupakan daerah taktikal kesultanan Lamuri. Kerajaan ini berdiri dari tahun 1507 hingga 1603.

Sejarah Kesultanan Aceh

Aceh ditentukan sebagai kesultanan yaitu ketika Ali Mughayat Syah dilantik menjadi sultan. Pada awalnya Aceh sendiri berdiri di bawah kerajaan bernama Pidie.

Beberapa keunikan juga terdapat di kesultanan ini khusunya dengan keahlian mereka seperti mengembangkan pendidikan militer, Menentang campur tangan bangsa eropa, menjalankam sistem pemerintahan yang sistematis dan teratur, meningkatkan pusat pengkajian ilmu hingga berhubungan diplomatik dengan negara lain.

Perkembangan dan Kejayaan Kerajaan

Aceh berkembang pesat saat kerajaan Samudera Pasai mengalami keruntuhan akibat serangan majapahit pada tahun 1360. Pada tahun 1524 Samudera Pasai akhirnya terlahir melebar menjadi Kesultanan Aceh.

Jatuhnya Malaka ke tangan portugis juga menjadi dampak berkembangnya kerajaan ini. Para pedagang muslim akhirnya singgah di Aceh karena Malaka telah dikuasai portugis.

Kesultanan Aceh juga masih memiliki sifat feodalis dalam versosial hal ini dibuktikan dengan kondisi sosial Aceh yang masih terdapat pengkastaan antara golongan teuku dan teungku yang saling berebut pengaruh masyarakat. Beberapa tokoh tokoh yang terkenal dari Aceh yaitu Hamzah Fansuri, Syamsuddin Pasai,  serta Sultan Iskandar Muda. Oleh tokoh tokoh tersebut paham ahlussunnah waljama’ah berkembang dengan pesat.

Aceh juga menguasai barang komoditas rempah rempah dan barang lain seperti beras, emas, perak, tekstil, minyak wangi serta porselen.

Penyebab kemajuan ekonomi Aceh salah satunya adalah Semenanjung Malaka yang dikuasai oleh portugis. Hal ini mengakibatkan pedagang menjadikan Aceh sebagai jalur dagang internasional. Banyak pedagang pegangan dari negara lain yang sering berkunjung ke Aceh seperti Belanda, Inggris, Persia,Arab, India, Turki,dll.

Kesultanan Aceh juga dikenal dalaman bidang kesusastraan. Beberapa ulama di Aceh menghasilkan karya yang banyak dirujuk dalam bidang keilmuan.

Kesultanan Aceh merupakan salah satu bukti bahwa Aceh telah memberi pengaruh besar terhadap Indonesia. Aceh merupakan daerah yang pantas dijuluki provinsi yang istimewa.