Mengenal Kuliah di STMKG



Menempuh pendidikan sampai ke jenjang yang tinggi pasti menjadi impian bagi banyak orang. Apalagi pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh semua orang khususnya para generasi penerus bangsa yang ingin mendapatkan pendidikan yang layak, tepat dan juga berkualitas pastinya. Ditambah lagi jika ada banyak kelebihan dari kampus yang dipilih.

Menempuh Pendidikan Hingga ke Jenjang Kuliah

Bagi Anda yang baru saja lulus sekolah menengah atas atau SMA, pastinya ingin untuk mendapatkan kampus yang layak dengan berbagai fasilitas yang ada dan juga fasilitas terbaik. Nah, bagi Anda yang bahkan ingin melanjutkan pendidikan sampai ke perguruan tinggi, maka sangat disarankan untuk memilih perguruan tinggi yang tepat.

Lalu, di manakah salah satu perguruan tinggi yang tepat? Perguruan tinggi yang tepat adalah STMKG. Mungkin banyak dari Anda yang bahkan belum paham kuliah di STMKG. Apakah STMKG ini adalah Sekolah Tinggi Ikatan Dinas atau Non-Dinas? Apakah seluruh mahasiswa lulusan dari STMKG ini akan dijamin bahwa langsung mendapatkan pekerjaan atau sebaliknya?

pxhere.com

Mengenal Kampus STMKG

STMKG ini adalah salah satu sekolah kedinasan yang berada di bawah BMKG yang secara khusus mendidik seluruh calon ahli cuaca, kemudian ahli iklim, dan juga ahli gempa. Lulusan dari kampus ini bahkan akan diangkat secara langsung menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil yang berada dalam ruang lingkup BMKG.

Sebelum bernama STMKG, dulunya kampus ini memiliki nama Akademi Meterologi dan Geofisika (AMG) dan didirikan di Bandung pada tahun 1955. Bahkan untuk kampusnya sendiri pun dulunya berada di ITB sehingga pada tahun selanjutnya maka kampus ini mulai dipindahkan ke Jakarta.

Di dalam kampus ini, para mahasiswanya bisa mengambil jurusan sesuai dengan apa bidang yang mereka mampu untuk jalani. Di mana ada 4 jurusan dalam kampus ini baik D-4 Meterologi, D-4 Klimatologi, D-4 Geofisika, dan D-4 Instrumentasi. Di dalam masing-masing jurusan pasti memiliki fokusnya tersendiri untuk dipelajari bagi para mahasiswanya.

pxhere.com

Apa Keuntungan Kuliah di STMKG

Ada banyak kampus yang bahkan menyediakan cukup banyak layanan bahkan fasilitas yang mumpuni bagi siapa pun mahasiswa yang akan kuliah di dalamnya. Termasuk seluruh mahasiswa yang akan menjalankan kuliah di salah satu kampus terbaik yaitu kampus STMKG. Di dalam kampus ini, ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan oleh mahasiswanya.

Untuk kelebihan atau keuntungan yang bisa didapatkan oleh mahasiswanya sendiri seperti adanya fasilitas maupun layanan bimbel STMKG. Bimbel yang akan diadakan ini pastinya bisa menyesuaikan sendiri dari para mahasiswa sesuai dengan jurusannya. Namun, bukan hanya itu saja bahwa keunggulan lain yang bisa didapatkan dalam kampus ini adalah:

Kuliah Gratis

Kuliah di kampus ini bisa memberikan Anda layanan khususnya kampus gratis dengan catatan bahwa Anda perlu belajar dengan giat agar bisa menjadi penerus BMKG yang pastinya handal, cekatan dan juga cakap.

Mendapatkan Uang Tunjangan Ikatan Dinas

Selain mendapatkan kelebihan di mana kuliah gratis tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun, Anda juga bisa mendapatkan uang TID atau uang Tunjangan Ikatan Dinas setiap bulan. Bahkan untuk jumlah yang bisa Anda dapatkan ini pun dalam jumlah yang tidak sedikit pastinya.

pxhere.com

Jaminan Kelulusan dan Pekerjaan

Siapa pun mahasiswa yang belajar dan menempuh pendidikan di kampus ini akan dijamin kelulusannya tidak akan mengganggur lama. Sebab, mahasiswa lulusan kampus ini akan diangkat secara langsung menjadi PNS yang langsung bekerja di bawah naungan BMKG sesuai dengan jurusan yang masing-masing mahasiswanya pilih ketika masuk kuliah.

Adanya Beasiswa

Selain itu, di kampus ini juga disediakan beasiswa dari berbagai produk dan kalangan khususnya beasiswa bagi beberapa mahasiswa yang berprestasi pastinya. Adanya beasiswa ini tentu membuat seluruh mahasiswanya sendiri jadi terpacu untuk belajar lebih giat lagi agar mereka bisa meringankan beban dengan mendapatkan beasiswa di kampus ini.

Jadi, itulah beberapa kelebihan yang nantinya bisa Anda dapatkan apabila Anda memutuskan untuk menempuh masa pendidikan khususnya kuliah di STMKG. Berbagai kelebihan yang akan diberikan oleh pihak kampus kepada Anda selaku mahasiswanya pastinya mampu membuat banyak orang yang bahkan mulai tertarik dan penasaran kuliah di kampus ini.

Selain beberapa layanan baik bimbel STMKG, adanya beberapa jurusan yang penting, Anda juga bisa mendapatkan jaminan pekerjaan. Apalagi kita juga tidak memungkiri bahwa kendala yang menyebabkan banyak pengangguran adalah minimnya lowongan pekerjaan dan minimnya pendidikan yang ditempuh pada saat kuliah.

Tunggu apalagi? Jangan sampai sia-siakan masa muda Anda untuk memilih kampus yang tidak tepat. Apalagi saat ini biaya untuk kuliah pun bisa dibilang cukup mahal. Maka dari itu beberapa orang disarankan untuk kuliah yang berhubungan dengan ikatan dinas seperti halnya kampus STMKG ini.