Membuat Video Untuk Facebook Dan Format Video Yang Bisa Diunggah Ke Facebook



Siapa bilang membuat video untuk Facebook hanya untuk hiburan saja. Pasalnya untuk saat ini video yang Anda upload di Facebook bisa mendatangkan banyak uang. Caranya dengan memonetisasi video tersebut melalui Facebook Ads. Dan cara ini sudah banyak ditempuh oleh sebagian pengguna untuk menebalkan isi kantongnya.

Selain itu, bagi Anda yang memanfaatkan Facebook sebagai media untuk mempromosikan produknya, promosi produk lewat video bisa dikatakan lebih efektif dan lebih menarik perhatian dibanding hanya lewat tulisan saja.

Berbicara terkait dengan pembuatan video, maka tidak akan pernah lepas dengan format video. Pasalnya ada format video tertentu yang tidak bisa Anda upload di Facebook. Lalu video dengan format apa saja yang bisa diupload di Facebook?

Format File Video Yang Bisa Diunggah Di Facebook

Bagi Anda yang ingin membuat video untuk Facebook, sangat disarankan membuatnya dalam format MP4 atau MOV. Meskipun sebenarnya tidak hanya dua format itu saja yang bisa diunggah ke Facebook. Lalu video dalam format apa saja yang bisa diunggah di Facebook?

Beberapa format video yang bisa diunggah ke Facebook diantaranya adalah 3g2 (Video Seluler), 3gp (Video Seluler), 3gpp (Video Seluler), asf (Video Windows Media), avi (Video AVI), dat (Video MPEG), divx (Video DIVX), dv (Video DV), f4v (Video Flash), flv (Video Flash), dan gif (Graphics Interchange Format).

Selain itu, beberapa format video yang bisa Anda pilih pada saat ingin membuat video untuk Facebook adalah m2ts (Video M2TS), m4v (Video MPEG-4), mkv (Format Matroska), mod (Video MOD), mov (Film QuickTime), mp4 (Video MPEG-4), mpe (Video MPEG), mpeg (Video MPEG), dan mpeg4 (Video MPEG-4).

Pilihan format video lain yang bisa Anda pilih pada saat ingin membuat video untuk FB adalah mpg (Video MPEG), mts (Video AVCHD), nsv (Video Nullsoft), ogm (Format Media Ogg), ogv (Format Media Ogg), qt (Film QuickTime), tod (Video TOD), ts (MPEG Transport Stream), vob (Video DVD), dan wmv (Video Windows Media).

Menyimpan Video Facebook Di Galeri Android

Setelah tahu apa saja format video yang bisa diunggah di Facebook, hal lain yang tak kalah penting untuk diketahui adalah berkenaan dengan bagaimana cara download video Facebook di ponsel berbasis Android.

Bagi Anda yang masih bingung caranya, di bawah ini adalah cara download video di Facebook pada ponsel berbasis Android:

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Video Downlader for Facebook melalui Play Store yang ada di ponsel Anda
  2. Setelah itu buka aplikasi dan Set Permission dengan mengizinkan akses aplikasi ke media penyimpanan.
  3. Setelah layar utama aplikasi terbuka, pilih tombol Browse Facebook yang berada di bagian bawah aplikasi
  4. Lanjutkan dengan login ke dalam akun Facebook Anda
  5. Setelah itu lanjutkan dengan mencari video yang ingin Anda download
  6. Akhiri dengan mengklik video yang ingin didownload lalu pilih opsi Download untuk menyimpannya ke dalam galeri.

Mematikan Video Memutar Otomatis Facebook Pada Ponsel Android

Bagaimana perasaan Anda pada saat membuka Facebook tiba-tiba video yang ada di dalamnya berputar secara otomatis? Kebanyakan orang pasti merasa terganggu dengan hal seperti ini. Apalagi di sisi lain, video yang terputar secara otomatis ini secara perlahan bisa menggerogoti kuota internet Anda.

Nah, untuk menonaktifkan fitur video otomatis pada aplikasi Facebook di smartphone Android, langkah termudah yang bisa Anda pilih adalah:

  1. Buka aplikasi Facebook dan login terlebih dahulu
  2. Setelah muncul halaman utama, pilih menu yang berlambang tiga baris yang terletak pada bagian kanan atas.
  3. Setelah Anda klik maka akan mucul menu untuk masuk ke profil, event yang tersedia, teman terdekat, foto, dan lain sebagainya.
  4. Setelah itu geser halaman ke bawah sampai Anda menemukan App Setting. Lanjutkan dengan mencari menu Video play automatically. Setelah itu pilih Off.
  5. Setelah menu Video play automatically Anda rubah menjadi Off maka secara otomatis video yang berjalan pada aplikasi Facebook tidak akan terputar secara otomatis lagi.

Sebenarnya semudah itulah cara mematikan video memutar otomatis Facebook pada ponsel bebasis Android. Dan semoga berbagai turorial berkaitan dengan video di Facebook ini bisa sedikit membantu. Mulai dari kenapa Anda harus membuat video untuk Facebook hingga cara menghentikan settingan putar otomatis video di Facebook pada ponsel berbasis Android.