Kriteria Tepat Untuk Membuat Kolam Renang Bayi



Berenang merupakan aktivitas dan olahraga yang bisa di lakukan oleh semua usia, termasuk juga untuk bayi. Namun perlu di ketahui bahwa bayi yang di ajak berenang haruslah selalu dalam perhatian dan pengawasan dari orang tua. Saat ini sudah banyak sekali kolam renang khusus untuk anak-anak dan juga bayi yang bisa kamu beli untuk si buah hati.

Bagi kamu yang ingin membuat kolam pribadi khusus untuk anak-anak atau bayi, maka kamu bisa menghubungi jasa pembuatan kolam renang agar bisa dibuatkan sesuai dengan standar keamanan bagi anak kecil atau bayi. Pada artikel kali ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai kolam renang untuk bayi dan juga tips-tips singkat ketika mengajak si kecil berenang. Simak ulasan artikel yang ada dibawah ini.

Kriteria Kolam Renang Bayi

Ada kriteria khusus untuk kolam renang yang bisa digunakan oleh anak kecil atau bayi. Karena bayi masih terlalu rentan dan sangat riskan, maka ada baiknya kamu harus perhatikan ketika anak-anak mu sedang bermain air atau ketika kamu ajak berenang. Berikut ini adalah kriteria khusus untuk kolam renang bayi.

  1. Bila usia dari bayi atau anak kecil mu belum genap usia 6 bulan, maka jangan sekali-kali kamu ajak si buah hati untuk berenang di kolam renang umum. Hal tersebut sangat riskan dan berbahaya karena air yang berada di kolam renang umum terlalu dingin bagi usia anak-anak yang belum genap 6 bulan. Suhu yang pas untuk kolam renang bayi yang berusia belum genap 6 bulan adalah berada di kisaran 32 derajat celcius.
  2. Kriteria berikutnya jika membuat atau mengajak bayi berenang di kolam renang adalah kamu harus memastikan ketinggian dan kedalaman dari kolam renang tersebut hanya sampai sebatas pada pundak dari si kecil. Jangan sampai melebihi tinggi pundak dari bayi tersebut agar si kecil tetap bisa merasa hangat tubuhnya. Selain itu, ketinggian yang hanya sampai sepundak dari bayi juga akan membuat bayi tersebut mudah bergerak kesana dan kemari. Dan ketika bayi tersebut sudah terlihat menggigil dan kedinginan, maka kamu harus segara angkat dari kolam renang dan jangan paksakan terus berada di kolam renang tersebut.
  3. Sebelum mengajak si buah hati berenang, ada baiknya kamu melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter apakah anak mu boleh di ajak berenang atau tidak. Karena seperti yang di ketahui bahwa air yang berada di kolam renang mengandung zat yang bernama klorin. Zat tersebut tidak cocok bisa bertemu dengan kulit bayi yang kering atau eksim. Karena itu, ketika kamu selesai mengajak anak berenang di kolam renang, maka kamu harus segera memandikan anak mu.
  4. Tips yang harus kamu lakukan ketika memiliki kolam renang khusus untuk bayi adalah kamu harus selalu memastikan bahwa kolam renang tersebut berada dalam kondisi yang bersih. Agar dapat memastikan dalam kondisi bersih, maka cara yang sudah pasti harus kamu lakukan adalah dengan selalu rutin membersihkan kolam tersebut. Jika kamu sanggup, setelah digunakan oleh anak mu maka kamu harus langsung membersihkan nya. Dengan begitu maka kamu bisa memastikan bahwa kebersihan dari kolam renang tersebut selalu bersih dan terjaga.
  5. Ketika bayi belajar berenang, dia belum sepenuhnya mampu mengendalikan tubuhnya. Maka dari itu hal yang perlu kamu lakukan adalah selalu mendampingi si kecil ketika berenang dan jangan sekali-kali meninggalkan bayi mu sendirian. Hal itu bisa menyebabkan si kecil kemasukan air dan itu bisa menjadi bahaya.

Manfaat Berenang Untuk Bayi

Adapun manfaat berenang untuk bayi antara lain adalah sebagai berikut.

1. Anak menjadi percaya diri

Dengan sedari sejak bayi mengajarkan anak untuk berenang, maka ketika dia tumbuh dan berkembang menjadi dewasa, anak tersebut bisa menjadi pribadi yang percaya diri dan tidak insekyur terhadap diri sendiri. Karena ketika bayi belajar berenang ia akan melakukan berbagai macam gerak tubuh dan berinteraksi paling tidak dengan orang tua yang mengajarinya berenang di kolam renang tersebut.

2. Anak menjadi cerdas

Ada sebuah jurnal yang mengatakan bahwa dengan mengajari anak sedari kecil berenang, maka akan membuat anak tersebut menjadi cerdas. Hal ini di karenakan ketika anak berenang dia akan menggerakan kedua sisi dari anggota tubuhnya. Dengan begitu, maka saraf-saraf yang berada di otak yaitu saraf corpus collosum akan melakukan rangsangan-rangsangan untuk menggerakan kedua sisi tubuh dan itu yang bisa membuat sang anak menjadi cerdas.

3. Tidak Takut Air

Dengan mengajak anak sejak masih bayi untuk berenang, maka anak tersebut tidak akan takut terhadap air. Juga ketika dewasa dia sudah bisa mahir berenang dan tidak akan tenggelam ketika berenang di kolam renang yang memiliki kedalaman yang tinggi. Maka dari itu sangat penting sekali untuk mulai mengenalkan dan mengajarkan berenang kepada anak sedari masih bayi.

Nah itulah sekilas mengenai kolam renang untuk bayi beserta dengan manfaat yang akan di rasakan oleh anak tersebut. Sekian dan terima kasih.