Havienu Home Decor Mengenal Jenis Meja Makan Untuk Pilihan Tepat Hunian Anda

Mengenal Jenis Meja Makan Untuk Pilihan Tepat Hunian Anda



Beberapa orang menganggap meja khusu untuk makan bukanlah hal yang penting. Mereka cenderung mengabaikannya karena menganggap jika kegiatan makan bisa dilakukan di mana saja. Namun dengan menikmati makanan di atas meja khusus makan tentunya akan memberikan kesan tersendiri sekaligus lebih menikmati. Nah sebelum anda memutuskan memiliki meja makan, sebaiknya anda simak ulasan menggenai jenisnya berikut.

Berkenalan Dengan Jenis Jenis Meja Untuk Makan

  1. Jenis Meja Berdasarkan Dengan Bentuknya

Tentunya kita mengetahui jika meja memiliki bentuk yang beragam. Begitu juga dengan meja yang digunakan untuk makan. Jika dari bentuknya saja bisa dibedakan menjadi beberapa dengan fungsi dan tujuan yang berbeda. Dengan mengetahui jenis ini tentunya anda akan lebih mudah dalam menentukan bentuk meja mana yang cocok dengan ruang makan anda.

  1. Meja Dengan Bentuk Persegi

Bentuk satu ini bisa dikatakan sebagai bentuk meja yang paling lumrah dan banyak di temui. Meja persegi tentunya memiliki empat sisi dengan lebar yang sama dan memiliki nilai estetik di dalamnya. Meja persegi tentunya memiliki sudut sudut di setiap sisinya sehingga tidak cocok jika anda memiliki buah hati yang masih kecil. Menggunakan meja dengan bentuk persegi tak bisa digunakan untuk banyak orang biasanya hanya 4 orang saja.

unsplash.com
  1. Meja Dengan Bentuk Oval

Bentuk meja makan yang ini tentunya tidak memiliki sisi lancip sehingga aman untuk anak anak. Bukan hanya itu, bentuk meja untuk makan oval juga bisa diisi oleh banyak orang karena bentuknya memanjang. Meja ini lebih banyak digunakan untuk ruang makan yang bentuknya memanjang dan juga luas. Kelebihan dari bentuk meja satu ini tentunya bisa menampung banyak orang dan tidak takut sudutnya melukai buah hati.

  1. Meja Dengan Bentuk Persegi Panjang

Jika dilihat dari prinsipnya jenis meja ini hampir sama dengan meja berbentuk persegi. Karena ujungnya juga cukup tajam sehingga tidak begitu aman jika digunakan oleh anak anak. Namun meja dengan bentuk persegi panjang bisa digunakan oleh banyak orang. Semakin panjang meja maka semakin banyak orang yang bisa makan di atas meja tersebut. Sehingga bisa disesuaikan dengan luas dari ruangan yang dimiliki untuk ukuran mejanya.

  1. Meja Dengan Bentuk Lingkaran

Meja dengan bentuk lingkaran memiliki permukaan yang bentuknya lingkaran sempurna. Meja makan bentuk ini juga tidak akan memiliki sudut lancip karena tidak ada sisinya. Umumnya meja ini sangat pas diletakkan di dekat dapur untuk menyajikan makanan. Setiap orang yang menggunakannya akan memiliki akses sama karena bagian tengahnya cukup lebar.

  1. Meja Dengan Bentuk Yang Tidak Beraturan

Meja dengan bentuk yang tidak teratur memiliki daya tarik dengan kesan estetis yang lebih tinggi. Dimana meja ini bisa memadukan bentuk lingkaran dan juga memiliki sudut. Meja ini lebih banyak digunakan sebagai dekorasi karena memberikan kesan nyentrik untuk ruang makan anda. Jika anda ingin menghadirkan meja untuk makan yang unik bisa menggunakan meja ini sebagai meja untuk makan bersama keluarga anda.

unsplash.com
  1. Jenis Meja Berdasarkan Bahannya

Tak hanya mengetahui model dari meja yang ingin anda gunakan, sebelum membeli meja untuk makan juga penting untuk memperhatikan bahannya. Bahan dari meja makan akan menentukan harga serta kualitasnya. Semakin baik bahannya maka akan semakin tangguh dan biasanya membutuhkan budget yang cukup dalam. Untuk itu anda harus benar benar jeli sebelum memutuskan membeli sebuah meja.

  1. Kaca

Meja dengan lapisan kaca merupakan meja untuk makan yang banyak digunakan. Kelebihan yang menonjol adalah karena meja ini mudah untuk dibersihkan. Noda apapun yang menempel tak akan ribet untuk dibersihkan, karena anda hanya perlu untuk menyemprotkan cairan pembersih di atas permukaannya. Sebaiknya anda memilih meja dengan permukaan yang tebal sehingga tidak gampang pecah jika terkena benda yang keras.

  1. Marmer

Jika anda menginginkan meja dengan bahan yang tangguh marmer bisa menjadi kandidatnya. Meja untuk makan berbahan marmer mempunyai permukaan yang dingin dan juga keras. Bahan isi juga mudah untuk dibersihkan dan tidak gampang rusak karena permukaan marmer keras. Namun harga yang dibutuhkan untuk membelinya cukup mahal serta,meja bahan ini juga sangat cocok untuk rumah yang berkonsep klasik.

  1. Kayu

Bahan untuk meja makan yang banyak dijumpai adalah berbahan kayu. Bahan ini juga paling fleksibel karena bisa berpadu dengan konsep modern hingga tradisional. Untuk ukuran serta motifnya juga beragam tergantung kayu apa yang anda pilih. Harga yang ditawarkan pada meja untuk makan ini tergantung dari kualitas kayunya. Semakin bagus maka semakin mahal harga yang ditawarnya. Bahan kayu ini juga terbilang awet sehingga banyak digunakan.

  1. Jenis Meja Berdasarkan Gaya

Meja yang digunakan untuk makan juga dibedakan berdasarkan gayanya. Gaya yang berbeda akan menghasilkan kesan yang berbeda pula. Sehingga jika anda menggunakan konsep rumah dengan tematik maka mengetahui gaya ini menjadi hal yang sangat penting. Anda bisa menentukan meja untuk makan mana yang sesuai dengan tema yang anda angkat pada rumah anda.

unsplash.com
  1. Gaya Minimalis

Meja dengan gaya minimalis ini cenderung berbentuk sederhana dengan konsep elegan. Bahan yang banyak digunakan adalah bahan dari kayu, namun anda juga bisa membuat atau mencari bahan yang berbeda. Meja ini terlihat sederhana namun nyaman sehingga membuat betah siapapun yang menggunakannya.

  1. Gaya Modern

Meja untuk makan dengan gaya modern lebih banyak ditemukan di rumah rumah yang baru dibuat. Memadukan bahan kayu dan logam dengan desain sederhana membuat meja ini cantik dan menawan. Menariknya Meja makan gaya ini juga bisa beralih fungsi untuk menjadi meja kerja karena bisa diletakkan di mana saja.

  1. Gaya Industri atau Lipat

Meja jenis ini banyak digunakan di rumah makan yang bisa dilipat jika tidak digunakan. Meja ini sangat cocok untuk anda yang tidak memiliki ruangan cukup besar. Meja ini terkadang memang tidak akan cocok dengan tema atau desain rumah namun cukup membantu. Sehingga anda tak perlu makan di ruang tamu atau ruang lain dengan menggunakan meja satu ini.

Meja untuk makan memang sering diremehkan padahal bisa menjadi komponen yang cukup penting di dalam rumah. Memilih meja untuk makan juga haruslah jeli karena sangat berkaitan dengan banyak hal. Sebaiknya anda mengetahui jenisnya dahulu sebelum memutuskan untuk memiliki sebuah meja untuk makan. Anda juga bisa mendiskusikan ukuran meja dengan jasa arsitek yang anda gunakan karena menyangkut ukuran ruang.