Macam Olahan Enak dari Ketan Hitam



Ketan hitam adalah salah satu makanan yang terbuat dari bahan dasar beras ketan hitam. Di negara kita Indonesia, ketan hitam bisa dimakan langsung setelah melalui proses pemasakan atau bisa pula divariasikan menjadi beberapa olahan.

Artikel kali ini akan membahas berbagai macam olahan berbahan dasar ketan hitam yng bisa dinikmati saat santai.

1) Lemper Ketan Hitam

Olahan ketan hitam hang pertama adalah lemper. Yups! Siapa sih yang tidak kenal dengan bentuk makanan yang dikemas dalam daun pisang ini? Jika kita bisa menjumpai lemper dalam bentuk beras biasa dan berwarna putih, kali ini biar anti mainstream maka kita gunakan ketan hitam sebagai bahan dasar lemper. Pembuatannya masih sama seperti lemper pada umumnya, hanya yang membedakan adalah warna serta bahan utamanya. Untuk isi, kamu bisa memilih berbagai variasi seperti daging ayam, tumisan tahu atau jika inginkan rasa manis bisa dibubuhi dengan gula jawa cair di dalamnya.

Terkadang warna dan desain sebuah ruangan pun memengaruhiterlihat luasnya suatu kamar atau ruangan. Tampak pada gambar di atas, ukuran kamar yang hanya pas dengan ukuran kasurnya saja terbilang sedikit luas dengan pewarnaan cat tembok hijau matcha tua. Tidak hanya itu, gambar setengah lingkaran menyerupai cangkang telur itu juga tidak memberokan kesan apa-apa selain sederhana.

2) Bubur Ketan Hitam

Bubur ketan hitam adalah olahan selanjutnya. Sajian dessert yang memiliki manis lwgit nan encer bak bubur ini memiliki warna hitam keunguan karena bahan dasarnya adalah beras ketan hitam. Bubur ketan hitam bisa langsung dimakan, bisa pula dipadukan dengan bubur kacang hijau, atau bisa dijadikan sebgaI teman santapan roti di pagi hari.

3) Wajik Ketan Hitam

Wajik adalah olahan berbahan dasar ketan yang memanfaatkan gula merah sebagai pengubah warna aslinya dan juga rasa manis. Jika biasanya wajik menggunakan beras ketan putih, kali ini bisa lho gunakan beras ketan hitam sebagai bahan dasarnya. Cara pembuatannya bisa terbilang sama, hanya saja yang membedakan adalah warnanya yang cenderung gelap karena terbuat dari beras ketan hitam.

4) Bolu Ketan Hitam

Olahan berbahan dasar ketan hitam selanjutnya adalah Bolu Ketan Hitam. Meski terbilang agak keras tekatur ketannya, kamu bisa menggantinya dengan tepung ketan hitam agar lebih mudah dalam hal pengolahan. Rasanya nan manis legit campur gurih juga membuat tampilannya menarik karena terkesan elegan.

5) Tapai Ketan Hitam

Olahan berbahan dasar ketan hitam yang terakhir adalah tapai ketan hitam. Jika biasanya kita menjumpai tapai ketan berwarna cerah seperti pink atau hijau muda, kali ini karena menggunakan bahan dasar ketan hitam maka warnanya pun cenderung gelap. Namun, jngan khawatir! Rasanya yang nendang tidak segelap tampilan fisiknya kok.

Itulah Beberapa olahan berbahan dasar ketan hitam. Kamu bisa menjumpai berbagai macam olahan lainnya yang divariasikan. Bagaimana? Tertarik untuk menjelajah kuliner berbahan dasar ketan hitam?