CARA MENAMPILKAN LAYAR HP DI LAPTOP



Kecanggihan teknologi juga selalu diikuti oleh berbagai inovasi baru dalam sebuah perangkat elektronik, khususnya perangkat smartphone, komputer atau laptop. Beberapa inovasi baru tersebut berupa remote device dari android, hingga memunculkan tampilan layar android pada sebuah komputer atau laptop. Teknologi ini dapat berjalan lancar jika kedua perangkat yang digunakan juga support untuk aktifitas ini.

Menampilkan layar smartphone di laptop memiliki banyak kegunaan, khususnya dalam dunia videography. Berbagai video tutorial hingga test terhadap aplikasi banyak dilakukan dengan cara ini, dengan harapan tampilan video akan lebih jelas dan dapat dinikmati oleh banyak orang.

Menampilkan layar Smartphone untuk membuat video tutorial

Salah satu fungsi dari menampilkan layar smartphone pada layar laptop adalah untuk memberikan video tutorial, jika dilakukan pada sebuah layar smartphone maka hasil video akan terlihat kecil. Sedangkan jika dilakukan pada layar laptop tampilannya akan jauh lebih besar, sehingga apa yang disampaikan berkaitan dengan langkah-langkahnya bisa dilihat dengan jelas serta dilakukan dengan tepat.

Sebelum fitur ini muncul maka kejelian dan kecermatan penonton video tutorial bisa menjadi salah satu kuci sukses sebuah video tutorial, hal itu karena dulunya video rekaman layar smartphone belum bisa terhubung dengan laptop dan proses rekaman hanya dilakukan pada layar smartphone. Sehingga hasilnya relative lebih kecil dibandingkan jika direkam dalam layar laptop yang bisa diatur kualitas video rekamannya.

pexels.com

Menampilkan layar Smartphone untuk membuat video test aplikasi atau game

Selain fungsi video tutorial, aktifitas rekam layar juga biasanya digunakan untuk merekam aktifitas pada pengetesan software atau aplikasi, bisa juga uji coba terhadap sebuah game. Kegiatan ini juga hampir mirip seperti fungsi tutorial, bedanya adalah ada pada sisi ekperimennya. Jika tutorial target atau goalnya adalah keberhasilan menghasilkan produk atau desain, pada video tes aplikasi lebih banyak bercerita tentang pengalaman pihak pencoba.

Hal inilah yang juga disampaikan kepada para penonton video, dengan harapan mereka juga setidaknya memiliki gambaran pengalaman yang hampir sama jika suatu saat menginstal atau mencoba aplikasi tersebut. Pada sebuah permainan ada dua hal yang biasanya akan disampaikan, yang pertama adalah tips-tips untuk game yang sudah sangat familiar dengan banyak orang, atau bercerita pengalaman pada game yang masih sangat baru dalam masa beta test atau uji coba game.

Berbagai jenis video yang dilakukan pada layar smartphone tersebut biasanya akan dilakukan perekaman pula untuk proses upload dalam beberapa channel video, bahkan terkadang khususnya dalam sebuah permainan akan langsung disiarkan secara langsung mengingat banyaknya pengguna aplikasi game tersebut. Beberapa pihak terkadang juga membuat jadwal tayang tersendiri sebuah channelnya, sehingga peminatnya juga bisa rutin memantau jadwal tayangnya.

Aplikasi MirrorGo Android Recorder

MirrorGo merupakan aplikasi tambahan yang diciptakan untuk memunculkan tampilan layar smartphone android  pada layar laptop atau perangkat komputer. Hal tersebut berfungsi untuk membuat hasil video pada sebuah channel dapat berukuran lebih besar serta menghasilkan gambar yang berkualitas. Sehingga penikmat atau pengikut setia channel tersebut mendapatkan kenyamanan untuk melihat isi videonya secara lebih detail.

Langkah-langkah menampilkan layar smartphone pada laptop

pexels.com

Download dan install aplikasi MirrorGo Android Recorder

Buka browser laptop kemudian cari MirrorGo pada halaman yang menyediakan pengunduhannya secara gratis, jika proses penguduhan sudah selesai lanjutkan dengan menginstal aplikasi MirrorGo Android Recorder pada perangkat komputer atau laptop yang digunakan. Ikuti semua langkah-langkah penginstalan hingga semua proses instalasi selesai, ketika proses instalasi selesai maka dapat dilanjutkan dengan langkah selanjutnya.

Hubungkan smartphone dengan komputer

Setelah proses instalasi selesai maka hubungkan smartphone dengan laptop, konektivitas bisa menggunakan mode USB atau Wifi. Apabila koneksi Wifi yang kalian miliki tidak cukup kuat maka sebaiknya menggunakan sambungan USB saja, toh fungsinya juga tetap sama. Lanjutkan dengan mengaktifkan USB Debugging di smartphone, agar layar smartphone bisa muncul pada layar laptop. Apabila layar smartphone sudah muncul pada laptop maka proses perekaman atau memunculkan layar smartphone sudah dapat dilakukan.

Mengaktifkan dan menonaktifkan MirrorGo Android Recorder

Proseses perekaman layar dapat dimulai dengan mengetuk keterangan Android Recorder, proses tersebut dapat langsung dikirimkan secara live atau offline jika peruntukannya untuk kegiatan broadcasting. Untuk mengakhiri proses perekaman atau tampilan layar pada laptop ketuk icon stop, maka secara otomatis tampilan pada laptop akan berhenti.  File ini juga otomatis terekam pada folder instalasi MirrorGo yang umumnya terletak local disk c tepatnya berada pada Dekstop.

Untuk menambah menariknya tampilan video maka dapat juga dilakukan cara ss di laptop pada bagian gambar yang diinginkan, hal ini dapat digunakan sebagai tampilan awal sebuah video sehingga akan memiliki tampilan yang lebih menarik. Aplikasi MirrorGo merupakan aplikasi yang belakangan ini sangat popular pada kalangan content creator, khususnya bagi mereka para pereview samrtphone.

Aplikasi MirrorGo juga relative sangat ringan bagi kinerja RAM, khususnya perangkat laptop. Hal inilah yang menjadi nilai plus bagi sebuah aplikasi MirrorGo, jika kalian cukup penasaran dengan aplikasi ini kalian juga bisa dengan mudah mendapatkan aplikasi ini melalui berbagai web penyedia aplikasi.