Sampai Berapa Lama Sebuah Panel Surya Bisa Digunakan?



Banyak orang bertanya-tanya Sampai Berapa Lama Sebuah Panel Surya Bisa Digunakan? Karena banyak orang ingin menggunakan energi baru ini untuk sumber energi listrik yang ramah lingkungan.

Kebanyakan masyrakat Indonesia menggunakan listrik yang diproduksi oleh PLN yang dihasilkan dari batu bara.

Namun, sebagian masyarakat dan beberapa perusahaan telah berganti energi dengan menggunakan listrik dari panel surya. Salah satu perusaan yang menyediakan Panel Surya yang dapat dipercaya di Indonesia adalah Inaport1.

Sebelum menjawab pertanyaan sampai berapa lama sebuah panel surya bisa digunakan, kami akan menjelaskan manfaat dari panel surya terlebih dahulu.

Manfaat Panel Surya

Tentu mereka memilih panel surya karena mereka telah mengetahui manfaat dan keunggulan dari energi terbarukan tersebut. Beberapa manfaat dari panel surya antara lain adalah sebagai berikut :

picjumbo.com

1. Ramah lingkungan

Panel surya ini sepenuhnya memanfaatkan dari pancaran sinar matahari yang diserap oleh semikonduktor yang ada di dalam panel surya. Kemudian semikonduktor tersebut akan mengalirkan cahaya matahari ke aki atau baterai yang kemudian akan dikonversikan menjadi arus listrik.

Karena proses tersebut tidak memerlukan bahan bakar lain, maka dipastikan panel surya ini ramah lingkungan. Hal tersebut tidak asal diklaim begitu saja.

Klaim bahwa panel surya ini bersifat ramah lingkungan telah dibuktikan bahwa setiap tahunnya, panel surya akan mengurangi 18 ton emisi gas rumah kaca yang berdampak buruk terhadap dunia.

Jika kadar dari gas rumah kaca tersebut tidak dikurangi, maka akan banyak bencana-bencana yang ada di bumi ini. Contoh saja, ketika gas rumah kaca semakin banyak, maka suhu air laut akan meningkat.

Jika suhu air laut telah meningkat maka akan berpotensi menenggelamkan pulau-pulau kecil yang berada di negara kepulauan. Tentu hal tersebut punya dampak buruk yang signifikan dan sangat terasa untuk dunia.

Belum lagi jika gas rumah kaca terlalu banyak dan tinggi, maka berpotensi untuk mencairkan gunung es yang berada di kutub utara maupun kutub selatan. Maka dari itu, panel surya memiliki peran untuk menjaga lingkungan dari bencana-bencana yang disebabkan oleh gas rumah kaca.

picjumbo.com

2. Lebih hemat

Manfaat lain dengan menggunakan panel surya adalah akan menghemat biaya yang dikeluarkan setiap bulannya.

Jika kamu ingin memasang panel surya, maka kamu hanya perlu membayar biaya produksi serta pemasangan diawal saja. Harga tersebut pun bervariaso tergantung dari berapa watt kapasitas yang kamu butuhkan.

Setelah kamu memasang panel surya di rumah, maka kamu tidak perlu lagi membayar biaya-biaya lain disetiap bulannya. Panel surya ini akan bekerja secara otomatis dan tidak membutuhkan perawatan khusus.

Maka dari itu, dengan menggunakan panel surya di rumah akan lebih menghemat pengeluaran bulanannya. Panel surya tidak berada di bawah naungan PLN. Jadi listrik yang mengalir di rumah mu adalah independent yang dihasilkan dari invest sinar matahari di rumah mu secara langsung.

Sinar matahari akan diserap oleh panel surya dan di konversikan menjadi listrik yang kamu gunakan untuk berbagai keperluan.

3. Tidak bakal korsleting

Manfaat atau keunggulan lain yang akan kamu dapatkan jika menggunakan panel surya sebagai alat untuk menghasilkan listrik adalah panel surya tidak akan mengalami pemadaman listrik atau korsleting.

Hal ini dikarenakan panel surya ini dilengkapi dengan baterai yang akan menyimpan daya yang telah diserap dari sinar matahari. Baterai tersebut akan berguna jika sewaktu-waktu matahari sedang tidak bersinar atau cuaca sedang hujan.

Jadi, meskipun matahari tidak bersinar, panel surya akan tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Panel surya juga tidak bakal mengalami korsleting. Hal ini dikarenakan kabel-kabel yang tersusun dan digunakan pada panel surya diletakan dengan rapi dan tidak asal atau semrawut.

Seperti yang sudah dijelaskan, panel surya tidak berada di bawah naungan PLN, jadi semisal listrik di PLN sedang mengalami pemadaman, maka kamu tidak akan terdampak.

Karena listrik yang dihasilkan panel surya ini adalah independent, hasil penyerapan langsung dari sinar matahari yang bisa dipakai oleh semua orang secara gratis tanpa dipungut biaya.

picjumbo.com

4. Tidak menimbulkan kebisingan

Penggunaan panel surya sebagai alat penghasil listrik berbeda jauh dengan diesel. Jika diesel digunakan untuk menghasilkan listrik maka akan menimbulkan suara kebisingan. Hal ini tentu akan mengganggu tetangga sekitar.

Namun, panel surya tidak akan menimbulkan kebisingan layaknya diesel. Panel surya juga terbilang cukup bersih digunakan. Dan meskipun kabel surya dipenuhi debu-debu, hal tersebut tidak akan menghambat kinerja dari panel surya yang ada di atap rumah mu tersebut.

5. Panel surya bertahan lama

Berapa lama panel surya bisa digunakan? Jawabannya adalah panel surya bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Jika kamu pasang panel surya di rumah, kamu hanya bayar sekali dan itu akan bertahan dalam jangka waktu sekitar 20 tahun. Selama kurun waktu tersebut kamu tidak memerlukan biaya perawatan dan lain sebagainya.

Dan panel surya baru akan mengalami penurunan kualitas ketika usianya telah mencapai lebih dari 24 tahun. Dan untuk batarai yang digunakan dalam panel surya tersebut bisa awet tanpa perlu diisi ulang sampai kurun waktu kurang lebih sekitsr 10 tahun.

Nah, itulah sekilas tentang manfaat dan kelebihan panel surya dan juga jawaban atas pertanyaan sampai berapa lama sebuah panel surya bisa digunakan, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *