Kelebihan Memiliki Kursi Jepara Dibanding Yang Lain

0 Comment

Jepara merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Salah seorang pahlawan yang mengangkat emansipasi wanita terlahir di kota ini yaitu R.A. Kartini.

Selain itu, kota ini terkenal dengan ukiran. Ukiran khas Jepara telah di ekspor lebih dari 113 Negara di seluruh dunia. Negara dengan eksor terbesar yang dilakukan oleh Jepara adalah negara Amerika Serikat.

Sejarah ukiran jepara

Ada beberapa versi cerita mengenai asal muasal kota ini terkenal dengan seni ukuran. Cerita paling terkenal dari asal usul seni ukir di kota Jepara adalah ketika pada masa zaman kerajaan Majapahit.

Waktu itu ketika Kerajaan Majapahit di pimpin oleh raja Brawijaya. Pada masa tersebut sang raja meminta seseorang yang bernama Prabangkara atau joko sungging yang merupakan seorang pelukis dan pengukir untuk membuat lukisan permaisuri dari sang raja dengan keadaan telanjang bulat tanpa busana.

Dengan imajinasi liarnya, Prabangkara bisa melukiskan apa yang di minta sang raja. Ketika lukisan selesai di buat, ada seekor cicak yang membuang kotoran nya mengenai lukisan tersebut. Begitu raja melihat lukisan istri nya tanpa busana, awalnya ia sangat senang.

unsplash.com

Namun sesaat kemudian sang raja murka karena melihat ada titik hitam dalam hal ini sang raja melihat sebagai tahi lalat di lekuk tubuh yang sama persis seperti yang ada di tubuh istri nya. Sang raja mengira bahwa Prabangkara melihat istri nya telanjang bulat secara langsung.

Sang raja murka, ia mengikat Prabangkara di layang-layang dan menerbangkan layang-layang tersebut. Layang-layang yang di terbangkan tersebut mendarat di sebuah gunung yang di kenal dengan nama Mulyoharjo pada kota Jepara.

Kemudian Prabangkara mulai mengajarkan melukis dan mengukir di tempat tersebut sehingga Jepara terkenal dengan seni ukiran nya. Itulah sejarah yang beredar mengenai kota Jepara yang terkenal sebagai kota Seni Ukir atau juga kota Mebel.

Mebel khas Jepara

Kota Jepara memiliki ukiran mebel yang khas dan tidak bisa di dapat di jasa mebel lain nya. Berikut akan kami jelaskan beberapa kelebihan dan keunggulan dari mebel khas kota Jepara.

Apa saja kelebihan dan keunggulan dari mebel khas Jepara? Simak penjelasan dari artikel di bawah ini.

1. Cocok untuk segala konsep dekorasi

Kelebihan pertama dari mebel khas jepara adalah mebel Jepara cocok untuk segala jenis dan desain dekorasi. Jika kamu mempunyai ruang tamu dengan konsep klasik, atau konsep minimalis ataupun konsep yang lain nya, semua akan cocok dengan ukiran mebel khas dari kota Jepara.

unsplash.com

2. Bahan mebel terbaik dan berkualitas

Mebel dari kota Jepara terbuat dari bahan dasar kayu Jati dengan kualitas yang terbaik. Daya tahan dari Kursi tamu Jati ini sangat kuat dan kokoh sehingga bisa awet dan tahan dalam jangka waktu bertahun-tahun.

Mebel atau kursi yang terbuat dari bahan dasar kayu Jati bisa bertahan dalam kurun waktu kurang lebih sekitar 20 tahun. kayu Jati yang di gunakan untuk mebel dan furniture dari kota Jepara memiliki serat yang halus dan rapat sehingga bisa kuat dan kokoh.

Selain itu, mebel Jepara di kenal dengan bahan kayu Jati yang terbaik di seluruh Indonesia jika di banding dengan furniture dan mebel dari kota lain.

3. Ukiran yang khas

Mebel dari kota Jepara memiliki ciri khas pada ukiran nya. Motif ukiran khas dari Jepara biasanya berbentuk tanaman yang menjalar. Ukiran dari Jepara sangat indah dan tidak kaku serta sedap di pandang di mata.

Karena itu ukiran khas Jepara tidak akan usang di makan oleh zaman. Hampir semua ukiran di mebel khas Jepara di buat dengan tangan atau hand made.

4. Memiliki kesan elegan

Mebel atau kursi khas Jepara memiliki kesan yang elegan dan mewah. Hal ini di karenakan terdapat ukiran yang keren dan penuh seni serta kayu yang di gunakan pada mebel atau kursi tersebut merupakan kayu jati yang solid dan berkualitas terbaik di seluruh Indonesia. Mebel khas Jepara memiliki tektur yang halus ketika kita menyentuh nya.

unsplash.com

5. Awet dan kebal terhadap rayap

Kelebihan lain dari mebel atau kursi khas Jepara adalah bisa awet dan tahan lama serta tidak akan keropos akibat serangan dari hewan jenis serangga semisal rayap dan serangga jenis lain nya.

Karena mebel Jepara terbuat dari kayu jati yang memiliki serat rapat yang tidak bisa di gerogoti oleh hewan semisal rayap dan serangga-serangga serupa. Kursi atau mebel khas Jepara bisa lebih awet dan tidak mudah rusak seperti furniture atau mebel yang di buat di tempat lain.

6. Banyak produk

Mebel khas Jepara memiliki banyak sekali produk-produk semisal kursi, almari, rak buku dan lain sebagainya. Mebel khas Jepara berkualitas tinggi dan terbaik. Tak perlu ragu lagi untuk membeli produk mebel khas dari kota Jepara yang terbaik dan berkualitas tinggi ini.

Nah, itulah sekilas mengenai produk mebel khas dari kota Jepara yang terbaik dan telah di ekspor ke berbagai macam negara di seluruh dunia.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *