Rahasia Kenikmatan Kopi Klotok

0 Comment

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang paling banyak disukai, halini tentu karena kopi merupakan minuman yang menawarkan aroma dan rasa yang dapat membangkitkan semangat. Berbagai kalangan masyarakat menjadikan kopi sebagai teman dalam beraktifitas. Pecinta kopi di Indonesia sendiri cukup banyak sehingga kita juga bisa menemukan minuman ini di berbagai tempat mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran mewah. Iya di Indonesia kita bisa dengan mudah menemukan tempat-tempat yang jual kopi, entah itu jual kopi original atau kopi yang sudah dipadukan dengan beberapa jenis minuman ya lain.

Entah mengapa sepertinya kopi memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan dengan berbagai jenis minuman yang lainnya. Mungkin selain rasa dan aroma, kopi juga memiliki khasiat yang sudah diketahui banyak orang yaitu dapat meningkatkan konsentrasi dan membuat peminumnya lebih fresh kembali. Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai jenis kopi yang hadir dengan citarasa yang khas dengan kenikmatan yang tidak kalah dengan kopi di daerah lain. Jenis-jenis kopi seperti arabika, robusta, kopi luwak, dan lain sebagainya menjad jenis kopi yang cukup populer di Indonesia.

Selain jenisnya, di Indonesia kita juga bisa menemukan berbagai keunikan dalam menyajikan kopi , salah satunya adalah kopi klotok. Kopi klotok adalah metode penyajian kopi khas Indonesia yang mirip dengan penyajian kopi Turki. Cara pembuatan kopi klotok bisa dibilang cukup unik yakni dengan merebus air bersama dengan bubuk kopi varietas apapun. Yang dinamakan kopi klotok bukanlah jenis kopi, melainkan hanya cara penyajiannya saja. Dalam hal ini penyaji kopi bisa menggunakan kopi arabika atau kopi robusta.

Penyajian kopi klotok memang hampir sama dengan kopi Turki, hanya saja memiliki perbedaan pada alat yang digunakan. Ketika di Turki menggunakan ibrik dan kompor api atau kompor pasir, maka kopi klotok di Indonesia menggunakan panci dan tungku arang. Kopi klotok merupakan salah satu bentuk keunikan penyajian kopi yang tentunya menambah daya tarik tersendiri.

pexels.com

Keistimewaan Kopi Klotok

Kopi klotok merupakan bentuk peyajian kopi yang bisa dibilang cukup unik. Berbeda dengan kopi pada umumnya, kopi klotok diseduh dengan cara yang unik yakni dengan cara bubuk kopi dimasak dengan panci yang panas kemudian disiram dengan air sampai mendidih sehingga akan menghasilkan bunyi klotok-klotok. Nah dari bunyi itulah kemudian kopi ini dinamakan kopi klotok. Iya penyajian kopi ini memang bisa dikatakan cukup berbeda dengan penyajian kopi pada umumnya.

Kopi klotok hadir dengan menawarkan rasa pahit yang pas. Perbedaan kopi klotok dengan kopi pada umumnya adalah aroma dan citarasanya yang begitu khas. Meskipun menggunakan jenis kopi yang sama, namun kopi yang dimasak hingga mendidih dengan kopi yang hanya diseduh dengan air panas saja tentu memiliki perbedaan. Dengan penyajiannya yang unik, serta rasa dan aromanya yang begitu khas membuat kopi klotok semakin banyak peminatnya di Indonesia.

pexels.com

Cara Membuat Klotok

Cara pembuatan kopi klotok memang memiliki keunikan tersendiri. Pembuatan kopi klotok yakni dengan cara kopi dimasak dalam panci panas tanpa air hingga menghasilkan bunyi klotok-klotok, kemudian kopi sedikit gosong dan mengeluarkan aromanya, barulah kemudian disiram dengan air hingga mendidih. Pada umumnya kopi klotok sudah mendidih dalam waktu 3 sampai dengan 5 menit saja.

Pembuatan kopi klotok memang penuh dengan keunikan, untuk menghasilkan rasa yang khas, penyajian kopi klotok tidak menggunakan pemanis dari gula pasir, melainkan dari campuran sari tebu sehingga muncul rasa pahit kopi yang bercampur manisnya sari tebu. Rasa yang muncul dari fermentasi tebu dan kopi ini memang unik serta dengan aroma yang harum yang menjadi ciri khas dari kopi ini.

Ada beberapa hal penting dalam pembuatan kopi klotok, yang pertama yaitu kopi klotok dibuat dari biji kopi yang digoreng sendiri hingga mendidih. Kemudian sewaktu penggorengan, kopi dapat dicampurkan dengan beberapa bumbu penyedap sesuai dengan keinginan, misalnya bisa dicampur dengan buah jambe, serai, jahe, garam, dan bahkan dengan coklat juga bisa.

Kemudian setelah menjadi bubuk, untuk proses perebusannya menggunakan sistem langsung atau disebut dikothok yakni dengan panci atau kothokan kopi. Adapun panas yang digunakan yakni diatas 100 drajat celcius dengan takaran sampai muncul bau yang khas. Apabila bau yang khas sudah muncul, maka menunjukkan bahwa kopi sudah siap.

pexels.com

Resep. Pembuatan Kopi Klotok

Kopi klotok sebenarnya dibuat dari bahan-bahan yang cukup sederhana, hanya saja dibuat dengan cara yang unik. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat kopi klotok yakni 2 sdm kopi arabika atau kopi robusta, kemudian 10 gram jahe, 200 ml air tebu, dan 200 ml air. Cara memasaknya yakni jahe di geprek dan dibakar hingga berminyak, kemudian masukkan kopi ke dalam panci dan aduk hingga muncul aroma yang khas. Selanjutnya api dikecilkan dan kemudian tunggu beberapa saat sampai kopi terasa lengket dengan panci. Setelah itu tuangkan air secara perlahan dan tunggu hingga mendidih. Apabila sudah mendidih, maka bisa dimasukkan jahe yang telah dibakar. Resep ini dapat disajikan untuk 4 sampai dengan 5 gelas kopi klotok.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *