Mengenal Keuntungan Bisnis Online dan Cara Memulainya



Bisnis Online adalah suatu bisnis yang pengoperasiannya menggunakan media jaringan internet, bisnis Online semakin berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Di era saat ini banyak pekerjaan yang sudah beralih sistemnya ke sistem Online. Sebenarnya sistem Online ini akan sangat memudahkan penggunanya dalam berbisnis.  Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari bisnis Online hal inilah yang membuat  bisnis Online jadi semakin maju dan berkembang.

Keuntungan dari Bisnis Secara Online

1. Bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja

Dengan menjalankan bisnis online maka dalam pengoperasiannya tidak terikat antara waktu dan tempat, anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja. Bisnis online menjadi jawaban bagi anda yang ingin tetap bekerja meski ditengah kesibukan kantor, cukup dengan membuka gadget anda bisa mengoperasikan bisnis tersebut dalam genggaman. Anda pun tak perlu khawatir untuk tidak sempat mengelola bisnis online ini. Karena setiap anda membuka gadget anda pasti terhubung dengan bisnis.

2. Hanya membutuhkan modal awal bisnis yang relatif kecil

Terkadang, faktor penghambat seseorang  dalam memulai bisnis adalah modal. Rasa takut akan kerugian yang membuat orang takut untuk memulai bisnis. Namun lewat bisnis online, kini anda tidak perlu lagi ragu dan takut untuk rugi pasalnya, modal awal yang dikeluarkan juga relatif kecil. Bagi anda yang tidak memiliki cukup uang lalu bingung mau menjalankan bisnis apa, maka bisnis online lah jawabannya. Bahkan dalam bisnis Online anda tidak memerlukan sewa tempat atau kios yang akan menambah biaya modal.

3. Jangkauan pasar lebih banyak dan luas

Proses perkembangan pasar dan konsumen lewat bisnis online sangat cepat dan luas. Anda hanya perlu gencar mengiklankan produk lewat media sosial maka konsumen akan dengan mudah menemukan produk anda. Bahkan anda bisa menemukan konsumen yang tidak anda kenal sebelumnya. Semakin besar jaringan yang anda buat maka potensi bisnis anda untuk maju semakin besar. Hal ini lah yang membuat bisnis Online semakin digemari dan semakin meningkat.

4. Transaksi jual beli yang tergolong cepat

Hal ini berkaitan dengan poin nomor 1, ketika bisnis tersebut bisa dilakukan kapan saja san dimana saja tentunya akan memudahkan proses transaksi. Proses transaksi kini tidak terhalang dengan tempat ataupun waktu. Lewat media online transaksi bisa dilakukan dengan mudah bahkan ketika anda sedang sibuk beraktivitas sekalipun.

Persiapan Bisnis Online Untuk Pemula

Bagi anda yang berencana untuk memulai bisnis online, ada beberapa tahapan yang harus anda lalui untuk mencapai keberhasilan. Tentunya tahapan ini harus anda lalui dengan sungguh sungguh. Karena kunci dari keberhasilan bisnis online adalah kesungguhan. Berikut tahapan tahapan yang bisa anda coba

1. Penentuan Jenis Bisnis

Tahapan pertama adalah penentuan jenis bisnis yang akan anda jalankan. Pilihan anda sangat menentukan prospek kedepannya. Anda bisa memilih bisnis berupa dagang, reseller, Dropshipper, bisnis Online aplikasi seperti (shoppe, lazada), penyedia website dan lain lain. Setiap jenis bisnis ini memiliki karakteristik yang berbeda beda. Namun pada prinsipnya bisnis diatas memiliki persamaan. Kunci dari bisnis diatas adalah strategi pemasaran pengiklanan.

2. Metode bisnis

Setelah anda memilih bisnis tadi, maka langkah selanjutnya memilih metode bisnis untuk dijalankan. Secara umum, metode bisnis dibedakan menjadi tiga :

  1. Bisnis online to online, bisnis ini adalah bisnis yang mutlak menggunakan metode online yaitu baik operasionalnya maupun sistem pemasarannya yang full online. Contoh bisnis yang menggunakan metode ini seperti jualan domain, jualan hosting, jualan jasa internet marketing (Google Adwords, Facebook Ads, SEO), jualan buku elektronik atau ebook, content publishing dan lainnya.
  2. Bisnis offline to online, merupakan bisnis yang menggunakan jasa internet hanya sebagai media pemasarannya saja atau dikenal dengan istilah Internet marketing. Biasanya proses pemasaran dilakukan dengan memanfaatkan sosial media ataupun website. Beberapa contoh bisnis yang menggunakan metode ini misalnya toko kaso, toko sepatu, toko furniture, toko aksesoris dan lain lain
  3. Bisnis online to offline, bisnis ini merupakan kebalikan dari bisnis offline to online, maksudnya adalah bisnis ini merupakan jenis bisnis Online yang dijalankan secara offline / tanpa internet. Hal ini sama saja dengan toko online yang membuka bisnisnya di dunia nyata atau offline. Zelain itu ada juga seminar bisnis online yang dilakukan secara offline.

3.Action

Apabila persiapan telah anda lakukan, maka anda bisa memulai bisnis ini. Pastikan anda sudah mantap dalam melakukan hal ini. Sebelum memulainya ada baiknya anda berkonsultasi kepada orang yang sudah memiliki pengalaman dalam hal ini. Ataupun anda juga bisa belajar lewat literatur yang ada mengenai bisnis online ini. Pastikan anda memahami terhadap hambatan dan tantangan kedepannya.

Tantangan dalam hal bisa berupa trend, persaingan usaha, maupun masalah server. Tantangan dalam trend maksudnya adalah, dalam melakukan bisnis anda harus ikut serta memantau dan mengikuti trend yang ada. Jangan sampai usaha anda ketinggalan jaman hingga konsumen kurang suka terhadap bisnis anda. Sementara itu tantangan dalam persaingan adalah siapapun yang memiliki bidang usaha sejenis dengan anda.

Dalam hal ini, untuk meminimalisasi tantangan ini, anda harus cepat berinovasi dan berkreasi dalam menghasilkan produk ataupun jasa yang terbaik agar anda tidak kalah saing. Selanjutnya ada tantangan dari dalam yaitu terhadap masalah server, dalam berjualan menggunakan Internet, sudah sepatutnya anda selalu meningkatkan kualitas dari pelayanan internet, terkadang masalah server sering terjadi. Untuk itu anda harus segera ambil langkah agar masalah ini tidak mengganggu proses bisnis secara berkepanjangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *