Kenali Ciri – Ciri Kacang Tanah Yuk!



Kacang tanah merupakan salah satu jenis tanaman polong yang cukup mudah ditemukan keberadaannya di Indonesia. Jenis kacang yang satu ini juga tidak kalah populer dengan kacang – kacang lainnya seperti kacang hijau, kacang merah, atau kacang panjang. Kacang tanah juga memiliki tampilan yang cukup unik dan mudah dibedakan dengan kacang – kacang sejenisnya. Dengan ciri – ciri fisik yang cenderung lain dari yang lain, kacang tanah tentu mudah dikenali.

 

Walaupun kacang tanah sudah cukup populer, tentu ada orang yang tidak mengetahui wujud tanaman yang dalam Bahasa Inggris disebut sebagai peanut ini. Apalagi bagi orang yang tinggal di daerah yang tidak cocok untuk ditanami kacang tanah. Maka, untuk mengenali suatu tanaman sebagai kacang tanah atau bukan, perlu diperhatikan ciri – ciri yang dapat dilihat.

 

Ciri – ciri kacang tanah yang dapat diamati

Mengamati ciri – ciri suatu tanaman untuk mengidentifikasi apakah tanaman tersebut merupakan tanaman kacang tanah dapat dilakukan dengan mengamati ciri – ciri fisiknya. Beberapa ciri tersebut dapat dilihat dari bagian dari tanaman, yaitu:

  1. Bentuk daun

Tanaman kacang tanah jika diamati dari tubuh tanamannya dapat dilihat dengan jelas bahwa bentuk daunnya cukup unik. Anak daun penyusun daun utama berjumlah 4. Daun majemuk merupakan jenis daun yang dimiliki kacang tanah dengan siripnya yang berjumlah genap

  1. Ciri bunga

Jika Anda penasaran apakah kacang tanah memiliki bunga, maka jawabannya “Ya”. Kacang tanah memiliki bunga yang mudah dibedakan dengan bunga tanaman lain. Ketiak daun adalah lokasi keluarnya bunga kacang tanah yang mana memiliki kelopak bunga yang umumnya berwarna kuning cerah.

  1. Bentuk buah

Tentu buah kacang tanah mudah dibedakan dengan kacang lainnya baik saat masih berkulit maupun saat sudah dikupas. Polong merupakan jenis buah dari tanaman kacang tanah. Warna buah di dalam kulit kadang ada yang berwarna ungu tua tetapi ada pula yang berwarna putih.

Nah, itu lah beberapa bagian fisik tanaman kacang tanah yang mudah dikenali. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *