Jenis Ular Sanca yang Tersebar di Dunia



Ular sanca atau ular python adalah jenis ular pembelit yang memanfaatkan besar dan panjang tubuh untuk melumpuhkan mangsanya. Ada banyak jenis ular sanca yang ada di dunia ini, beberapa di antaranya akan diulas di bawah ini.

Jenis-Jenis Ular Sanca

Sanca Kembang

Jenis sanca pertama adalah sanca rectic atau dikenal dengan sanca kembang dan sanca batik. Karena kulitnya memang bercorak indah layaknya dilukis dengan pola-pola seperti batik. Jadi ular yang bisa mencapai panjang 8,5 meter ini sering diburu karena keindahan kulitnya, sangat disayangkan.

Sanca India

Jenis sanca selanjutnya adalah sanca India, yang panjang maksimalnya mencapai 3 meter. Sanca ini banyak ditemukan di kawasan Asia Selatan, area tropis dan subtropis.

Sanca Bola

Sanca bola adalah nama lain dari Python Regius, yang panjangnya hanya mencapai180 cm. Kenapa dinamakan sanca bola? Karena kebiasaannya menggulung tubuh layaknya bola ketika merasa terancam.

Demikianlah ulasan tentang jenis-jenis sanca yang ada di dunia. Selain dikenal memiliki lilitan yang mematikan, ular ini juga memiliki kulit yang indah dengan coraknya yang beragam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *