Penyebab Hp Mati Total Karena Sistem Dan Cara Mengatasinya



Penyebab hp mati total cukup banyak. Ini tidak hanya berlaku pada hp yang murah ataupun mahal. Masing-masing bisa mengalaminya. Lalu, apa penyebabnya dan bagaimana cara menanganinya?

Secara umum, HP mati total ini disebabkan oleh permasalahan pada sistem dan komponen. Jika ini berhubungan dengan sistem, Anda masih bisa memperbaiknya sendiri. Tetapi bila berhubungan dengan komponen, Anda perlu kerja keras untuk mengatasinya.

Misalnya jika ada kerusakan komponen, Anda pasti perlu menggantinya. Jika tidak memiliki bekal dalam reparasi, Anda akan kesulitan. Makanya, solusi terbaiknya adalah membawanya ke tukang service.

Berbeda ceritanya jika permasalahannya berasal dari sistem. Anda masih punya peluang untuk memperbaikinya tanpa harus keluar modal besar. Sebelum menanganinya, pastikan terlebih dahulu apakah penyebab hp mati total ini memang berasal dari sistem atau komponennya.

Ciri Sistem Android Bermasalah

pexels.com

Kerusakan sistem memang lazim terjadi. Kebiasaan buruk pengguna bisa memperparahnya. Maka dari itu, pengguna sebaiknya lebih cerdik dalam melakukan perawatan.

Bicara mengenai kerusakan sistem, ada beberapa tanda yang bisa dikenali. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Hanya Tampil Logo Ketika Dihidupkan

Kasus seperti ini seringkali terjadi pada smartphone. Sistem yang bermasalah menyebabkan android gagal untuk terbuka. Ketika dinyalakan, hanya tampil logo dari pabrikan saja dan berhenti di posisi tersebut.

Gagal Mengunduh di Play Store

Pernah mengalami gagal dalam proses pengunduhan? Ini juga menjadi masalah serius dalam sebuah sistem. Kerusakan itu membuat fungsi android tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Anda yang ingin mendownload beberapa aplikasi harus dibuat kecewa. Paling menyebalkan jika proses download yang sudah berjalan dan hampir selesai, tapi gagal untuk menyelesaikannya. Ini bisa membuat rugi waktu dan rugi data.

Aplikasi Tertutup Secara Tiba-Tiba

Selain ciri di atas, masih ada beberapa hal yang menandai adanya kerusakan pada sistem android. Salah satunya ditandai dengan seringnya tertutup paksa dari aplikasi yang ingin dijalankan.

Aplikasi ini bisa apa saja. Mulai dari aplikasi WA, BBM, memutar video dan lain sebagainya. Biasanya diawali dengan lambatnya dalam pemprosesan. Lantas akan berakhir dengan tertutunya APL yang sedang dijalankan.

Kondisi Yang Menyebabkan Sistem Rusak

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kerusakan pada sistem. Sistem rusak ini memang cukup menyebalkan. Salah satunya bermula dari otak-atik yang dilakukan oleh penggunanya sendiri.

Contoh paling sering adalah ganti ROM. Kegiatan ini ditempuh lantaran mendapatkan pengaruh dari pengguna lain. Misalnya pergantian ROM akan membuat smartphone menjadi lebih cepat, kualitasnya juga lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Namun harus dipahami bahwa sistem tersebut bisa tidak compatible dengan android. Jika dipaksakan, android menjadi rusak. Salah satunya ditandai dengan berbagai gejala di atas.

Kerusakan lanjutannya adalah hp menjadi mati total. Kalau sudah seperti ini, kebanyakan pengguna akan menyesalinya. Lantas, pengguna akan mencari berbagai informasi tentang bagaimana cara menanganinya.

Ketika mandek dan tidak bisa mengatasinya, pilihan akhir adalah membawanya ke tukang service. Mau tidak mau, pemiliknya harus keluar biaya cukup besar. Nilainya bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Cara Anda Mengatasi Masalah Tersebut

pexels.com

Setelah menjumpai ponsel kesayangan mati total, Anda tentunya akan berusaha untuk memperbaikinya. Pertanyaannya adalah apakah masih bisa diperbaiki sendiri? Jawabannya tergantung pada jenis kerusakan dan kemampuan Anda sendiri.

Jika itu berasal dari kerusakan komponen, agaknya Anda wajib mengganti komponen tersebut. Tapi pastikan untuk mengenal komponen mana yang bermasalah. Ini perlu diperiksa satu persatu.

Tetapi bila itu berasal dari sistem, ada beberapa tahapan yang bisa ditempuh. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Pertama, hidupkan terlebih dahulu. Jika tidak bisa menyala, cobalah untuk mengisi dayanya. Bisa jadi, matinya HP disebabkan oleh habisnya baterai.

Kedua, nyalakan kembali jika sudah penuh. Kalau muncul tanda-tanda kehidupan tapi tidak bisa masuk ke halaman utama, ini berarti ada masalah pada sistem.

Ketiga, lakukan reset factory. Reset factory ini bertujuan untuk mengembalikan settingan android seperti semula. Caranya dengan menekan tombol on dan tombol volume + _ secara bersamaan.

Setelah itu, pilih menu resert factory. Ikuti petunjuknya sampai akhirnya settingan pabrikan kembali. Untuk memahaminya secara detail, silahkan kunjungi videomax.co.

Keempat, lakukan flashing ulang. Cara ini menjadi pilihan terakhir. Anda perlu menyediakan peralatan seperti firmware dan laptop. Kemudian lakukan install ulang dalam beberapa menit.

Demikianlah yang bisa kami sampaikan di sini. Kenali terlebih dahulu penyebabnya agar Anda bisa melakukan penanganan dengan tepat. Dan untuk memahami pemicunya, Anda bisa berpatokan dari penyebab hp mati total di atas jika itu memang berasal dari kerusakan sistem.