Havienu teknologi Mengenal Hardisk Sebagai Perangkat Penyimpanan Pada Komputer

Mengenal Hardisk Sebagai Perangkat Penyimpanan Pada Komputer



Hardisk dikenal sebagai perangkat keras komputer. Hardisk adalah perangkat keras yang menjadi komponen penng untuk menyimpan data serta menjalankan sebuah task dengan kecepatan tertentu tergantung pada besar kapasitas hardisknya.

Hardisk sangat penting karena dibutuhkan untuk menyimpan data dan embuat kinerja komputer optimal. Kinerja komputer juga dipengaruhi oleh banyaknya penyimpanan. Jika hardisk terlalu banyak menyimpan data maka kinerjanya juga akan lambat.

Lalu sebenarnya apa sih fungsi dan manfaat dari hardisk? Bagaimana cara memilih hardisk yang benar? Kuotabro akan memberikan informasi lengkap dibawah ini.

Apakah Itu Hardisk?

pexels.com

Hardisk adalah komponen perangkat keras yang mendukung komputer dalam menyediakan ruang penyimpanan data. Bentuk hardisk sendiri biasanya berbentuk kotak dan terdapat piringan yang menjadi tempat penyimpanan.

Bersifat permanen dalam menyimpan data walau komputer dimatikan, kecuali kamu menghapusnya secara manual atau hardisk terkena virus.

Berbeda dengan RAM yang menyimpan data untuk sementara, hardisk berfungsi untuk menyimpan data permanen secara keseluruhan. Jadi kamu tahu pentingnya hardisk pada komputer?

Jika tidak ada hardisk maka kamu tidak akan bisa menyimpan segala data setelah memrosesnya. Hardisk juga memiliki partisi yang akan membagi ruang penyimpanan sesuai denga kapasitas hardisk. Tujuannya agar pengguna mudah dalam menggunakan dan memilih folder

Perbedaan Hardisk Internal dan Hardisk Eksternal

Ada dua jenis hardisk yang biasa digunakan, yaitu hardisk internal dan hardisk eksternal. Apasih perbedaan diantara keduanya?  Kuotabro.com akan membantu mu memahaminya.

Hardisk internal berupa cakram yang berputar dengan cepat untuk menulis sekaligus membaca data. Hardisk internal menjadi perangkat penyimpanan dan berguna untuk pengambilan data digital dengan menggunakan cakram putar.

Kelebihan dari hardisk internal adalah kecepatan dan kapasitasnya yang besar akan tetapi harganya murah.

Hardisk eksternal menjadi media penyimpanan portable dengan kapasitas besar sehingga bisa digunakan kapan saja. Kamu bisa menyimpan data dengan ukuran besar seperti film, drama, video, musik, foto, dan lainnya.

Sebagian besar orang menggunakan hardisk eksternal ini untuk membantu aktivitas atau pekerjaan mereka yang mobilitasnya cukup tinggi. Hal yang penting dalam penggunaan hardisk eksternal adalah jangan sampai terkena virus. Kamu bisa menscannya terlebih dulu sebelum digunakan.

Tips Memilih Hardisk Eksternal

pixabay.com

Keberadaan hardisk pada komputer memang sangat penting. Oleh sebab itu, ketika kamu akan hardisk eksternal perlu memperhatikan hal-hal yang kuotabro.com berikan berikut ini.

Kapasitas yang dibutuhkan

Tentu kamu mengetahui seberapa besar data yang akan nantinya tersimpan dalam hardisk. Jika data yang disimpan berupa dokumen teks maka kapasitas nya cukup yag MB atau GB. Tapi jika data berupa video, film, musik, dan foto HD maka kapasitas penyimanannya bisa berupa TB.

Konektivitas

Dalam menghubungkan hardisk ekstrenal ke komputer ada beberapa cara. Mulai dari menggunakan USB, wireless, SATA, eSATA, dan FireWire. USB menjadi jenis konektor yang paling umum digunakan.

Penggunaannya juga mudah, cukup dengan menancapkan hardisk dengan USB ke komputer maka tidak lama komputer akan membaca hardisk. Jika FireWire digunakan dengan jenis plug and play seperti USB. Tipe FireWire 800 saat ini jauh lebih cepat untu transfer file yang berupa video untuk produksi.

SATA merupakan sambungan standar hardisk internal yang menghadirkan kecepatan transfer data paling tinggi untuk jenis apa pun. Sedangkan eSATA adalah sambungan yang tidak terlalu umum tapi memiliki kinerja tinggi dan biasanya ditemukan di laptop dengan kecepatan yang hampir sama dengan hardisk internal.

Terakhir wireless artinya tidak membutukan kabel. Bisa digunakan pada smartphone dan tablet selain laptop dan notebook.

Kompatibilitas

pexels.com

Jika kamu membeli hardisk pastikan bahwa membeli yang kompatibel dengan progra yang kamu gunakan. Walau pada dasarnya hardisk bisa diformat ulang untuk bekerja dengan semua jenis program atau komputer, tapi ada beberapa yang kompatibel dengan Mac atau Windows saja.

Kemudian jiak kamu ingin memformat hardisk pastikan semua file telah terhapus terlebi dahulu atau tersimpan ditempat yang aman.

Kecepatan transfer data

Dalam membeli hardisk keceptan dalam mentransfer datanya juga penting diperhatija. Jangan hanya mencari kapsitas Tbnya saja yang besar, tapi kecepatan transfer datanya juga patut diperhitungkan.

Saat kamu membuka data yang ada dalam hardisk ekstrenal, maka piringan yang ada didalamnya akan berputar. Semakin cepat piringan tersebut berputar, maka akan semakin cepat pula komputer bisa menemukan file yangs sedang dicari.

Kualitas dan harga

Ketika membeli hardisk harga dan kualitas barang menjadi faktor penting. Kualitas barang yang baik juga mencerminkan harga yang baik pula. Kini berbagai merk hardisk telah berlomba-lomba memberikan inovasi terbarunya.

Mulai dari menawarkan hardisk yang anti guncangan, anti air, anti debu dengan harga yang menarik juga. Berbagi hardisk juga kini telah dilengkapi dengan fitur pencadangan otomatis. Sehingga akan meminilaisir terjadinya kehilangan data. Jika hardisk rusak maka setidaknya data yang ada sudah dicadangkan.

Itulah informasi mengenai hardisk. Kini kamu sudah tahu bukan bahwa hardisk adalah perangkat komputer yang menjadi ruang penyimpanan data. Semoga bermanfaat.