Habitat Rusa Berbagai Jenis Rusa



Rusa ini merupakan sebagai salah satu jenis fauna yang masuk kedalam ordo artiodactyla dan keluarga Cervidae. Keluarga dari Cervidae sendiri yaitu ada sebanyak enam sub family, diantaranya yaitu seperti Rangiferinae, Alcinae, Hydropotinae, Muntiacinae, Odocoilinae dan Cervinae. Kalau yang disebut rusa tersebut pada umunya yang dibicarakan yaitu semua jenis satwa yang masuk ke dalam famili Cervidae.

Ada beberapa habitat dari rusa tentunya sesuai dengan rusa itu sendiri, yuk kita lihat beberapa habitat rusa yang sesuai dengan jenisnya, diantaranya yaitu.

Rusa Bawean (Axis kuhlii)

Rusa ini merupakan sebagai salah satu kelompok rusa yang memiliki badan kecil dan asli dari Indonesia, yang habitat aslinya yaitu ada di Pulau Bawean (150 km dari gresik). Rusa ini mempunyai tinggi gumba dewasa yaitu sekitar 65 cm dan memiliki Panjang tubuh yang mencapai 140 cm. rusa ini juga tidak mempunyai gigi taring pada bagian rahang atasnya dan gigi seri pada bagian rahang bawahnya yang memiliki ukuran agak besar, selain itu untuk tengkoraknya juga pendek dengan memiliki penulangan hidung yang lurus.

Rusa Timor (Cervus timorensis)

Asal muasal dari rusa timor ini sebenarnya habitatnya dari pulau jawa, Ini merupakan rusa yang mempunyai ukuran tubuh lebih besar di bandingkan dengan rusa tumor yang ada di daerah yang lainnya. Rusa timor yang berada di Maluku tersebut mempunyai berat badan kurang lebih sekitar 30-40% lebih kecil dari rusa Jawa. Rusa ini mempunyai warna rambut yang bervariasi yaitu antara coklat kemerahan sampai dengan abu-abu kecoklatan. Tekstur rambut dari rusa timor tersebut jauh lebih halus dibandingkan dengan rusa sambar.

Rusa sambar

Ini merupakan sebagai salah satu rusa yang ada di daerah tropis terbesar yang mempunyai sebarang terluas yang ada di Benua Asia. Rusa ini biasanya memiliki bobot mencapai 135 kg untuk yang betina dan pada rusa jantan bisa mencapai 225 kg. pada bagian rambut rusa sambar ini biasanya mempunyai warna coklat dan coklat kemerah-merahan yang selanjutnya diikuti dengan adanya gradasi sampai dengan agak kehitaman untuk rusa jantan atau rusa yang berusia tua.  Ekor rusa sambar ini tidak pendek serta tertutup bulu yang cukup panjang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *