Terlalu Gemuk Itu Tidak Sehat, Ini Resikonya



Memiliki badan gemuk bahkan sampai obesitas adalah sesuatu yang bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan. Obesitas sendiri selain dapat menghambat berbagai aktivitas sehari-hari memang rentan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Banyak orang memutuskan untuk berdiet atau mencoba olahraga demi mengurangi kelebihan berat badan supaya dapat hidup lebih sehat. Anda mungkin bertanya, apakah masalah obesitas begitu serius?

Jawabannya adalah iya. Berikut adalah beberapa penyakit yang rentan dialami orang-orang dengan berat badan berlebih atau obesitas.

6 Resiko Penyakit Akibat Terlalu Gemuk

pixabay.com

Tekanan Darah Tinggi

Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas lebih rentan mengalami tekanan darah tinggi. Hal ini lantaran jaringan lemak tambahan yang terdapat di dalam tubuh sangat membutuhkan adanya oksigen serta butuh pula nutrisi agar tetap hidup.

Hal tersebutlah yang membuat pembuluh darah dapat melahirkan lebih banyak jumlah darah pada jaringan lemak sehingga mengakibatkan beban kerja jantung bertambah.

Jika semakin banyak darah yang disirkulasikan, maka tekanan pada dinding arteri pun menjadi lebih banyak pula, tekanan yang lebih tinggi ini lah yang akhirnya membuat tekanan darah menjadi naik.

Berat badan berlebih juga dapat meningkatkan detak jantung Anda. tidak hanya itu tubuh juga akan lebih sulit untuk mengoptimalkan kemampuannya dalam mengangkut darah lewat pembuluh.

Itu sebabnya orang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki tekanan darah yang tinggi. Tekan darah tinggi ini juga bisa mengakibatkan berbagai penyakit lain.

Diabetes

Penyakit yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi Anda. diabet memang menjadi salah satu penyakit penyebab kematian yang cukup tinggi di indonesia. Sayangnya jika Anda memiliki berat badan berlebih atau obesitas Anda akan lebih rentan terkena penyakit yang satu ini.

Obesitas umumnya menyebabkan seseorang menderita penyakit diabetes tipe 2. Obesitas sendiri menag dapat menyebabkan terjadinya resistensi  pada insulin serta dapat pula menyebabkan kadar gula darah menjadi meningkat atau lebih tinggi. Sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter sehingga Anda dapat menurunkan berat badan dan menghindari penyakit yang satu ini.

Masalah Persendian

Seperti yang Anda ketahui semakin berat tubuh kita maka semakin berat pula beban yang harus diangkat oleh tulang dan sendi. Obesitas sendiri memang sangat berpengaruh pada lutut dan pinggul. Semakin gemuk seseorang maka kinerja pada lutut serta pinggul dapat melambat atau menurun.

Anda bahkan akan lebih sulit untuk berjalan dan melakukan berbagai aktivitas akibat sendi yang bermasalah. Banyak para penderita obesitas yang akhirnya memutuskan untuk melakukan penggantian sendi namun hal tersebut dinilai tidak memecahkan masalah dengan efektif karena bisa mengalami kerusakan lanjutan.

Cara terbaik adalah dengan mengatur ulang pola hidup menjadi lebih sehat dan melakukan treatment yang dapat menurunkan berat badan.

Obesitas Dapat Menyebabkan Masalah Tidur Serta Masalah Pada Pernapasan

Masalah pernapasan yang sering dialami oleh mereka yang obesitas diakibatkan karena adanya penambahan berat pada dinding dada sehingga paru-paru lebih tertekan dan akhirnya masalah pernapasan pun muncul. Tidak hanya pernapasan, masalah lainya juga soal tidur.

Orang dengan obesitas tak jarang mengalami sleep apnea yakni gangguan yang dapat menyebabkan seseorang untuk berhenti bernafas untuk beberapa saat., hal ini tentu akan sangat mengganggu dan menyebabkan sulit tidur.

Karena tidur malam terganggu maka orang dengan obesitas menjadi lebih sering tidur di siang hari, jam tidur yang tertukar ini tentu dapat mempengaruhi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Kanker

Mungkin Anda masih belum tahu jika obesitas ternyata dapat meningkatkan resiko kanker pada penderitanya. Bagi kaum hawa yang kelebihan berat badan akan memiliki resiko kanker payudara yang lebih tinggi. Tak hanya kanker payudara kanker lain seperti kantung empedu serta kanker rahim pun resikonya akan lebih tinggi.

Efek Psikososial

Orang dengan obesitas sering mengalami kekerasan verbal bahkan body shaming yang membuatnya tidak percaya diri. bukan hanya tak percaya diri olok-olok serta guyonan yang menyinggung tersebut juga bisa mengakibatkan stress bagi mereka yang obesitas. Masalah mental ini kerap dialami bagi mereka yang sering menerima cemoohan.

Secara mental menerima terus menerus perkataan dan guyonan yang membawa fisik mereka tentu akan membuat orang dengan obesitas merasa tertekan dan stress padahal yang mereka butuhkan sebenarnya adalah dukungan.

Resiko Kegemukan Dan Penyakit Jantung

pixabay.com

Tahukah Anda jika berat badan berlebih akan lebih rentan terkena berbagai  masalah pada jantung? Bahkan orang dengan berat badan berlebih atau obesitas memiliki 10 kali lebih tinggi terkena aterosklerosis atau yang lebih dikenal dengan pengerasan pada pembuluh darah.

Penyakit arteri koroner memang dapat disebabkan karena penumpukan lemak di arteri jantung.  Akibat lemak yang bertumpuk tersebut arteri menjadi mengalami penyempitan yang menyebabkan aliran darah ke jantung dapat menimbulkan terjadinya angina bahkan serangan jantung yang mendadak.

Untuk mengurangi berat badan sendiri kini terdapat banyak cara ada yang menggunakan diet, latihan beban atau olahraga maupun dibarengi dengan pola hidup yang sehat. Kini menu diet, obat, serta suplemen diet banyak tersedia untuk harga suplemen diet umumnya harga tergantung paket yang Anda ambil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *