Menggunakan Sistem COD dengan Ekspedisi SAP



Saat ini, ada banyak layanan jasa ekspedisi yang bermunculan. Mengapa? Salah satu alasan perkembangan pesat dari jasa ekspedisi adalah semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk mengirimkan barang. Hal ini dikarenakan meningkatnya unit usaha yang mengharuskan masyarakat untuk mengirimkan produk mereka ke luar daerah. Umumnya, jasa ekspedisi memiliki ketentuan bahwa orang yang mengirimkan barang harus membayar barang tersebut terlebih dahulu. Sehingga, pembayaran dilakukan sebelum barangnya dikirimkan. Akan tetapi, banyak customer atau penerima barang di Indonesia yang tidak memiliki akses untuk membayar ongkir kepada pengirim di awal proses pengiriman. Untuk mengatasi masalah tersebut, saat ini ada beberapa jasa ekspedisi yang memberlakukan sistem pembayaran COD atau Cash On Delivery. Apa yang dimaksud dengan COD?

Mengenal Sistem Pembayaran COD

Sistem pembayaran COD atau Cash on Delivery adalah sistem pembayaran dimana ongkos kirim (ongkir) dibayarkan oleh penerima saat barangnya diterima. Artinya, pengirim tidak perlu membayarkan ongkir saat akan mengirimkan barangnya. Sebaliknya, penerima barang harus membayarkan ongkirnya saat barang mereka terima. Sistem pembayaran COD ini juga saat ini berlaku di banyak marketplace. Sistem COD di marketplace memungkinkan penerima untuk membayar keseluruhan barang termasuk harga barang dan ongkirnya saat barang diterima. Pemberlakuan sistem COD ini didasari karena banyaknya pembeli yang tidak memiliki akses pembayaran baik melalui ATM maupun virtual.

Saat ini, meningkatnya aktivitas belanja masyarakat serta pengiriman dengan sistem COD membuat banyak jasa ekspedisi membuka layanan COD secara luas di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah SAP Express Courier. Jasa pengiriman ini telah berdiri sejak tahun 2014. Sistem COD mulai disediakan oleh SAP Express Courier sejak tahun 2016. Jasa pengiriman ini telah melayani COD baik dari aktivitas pengiriman dari marketplace maupun non marketplace. Saat ini, SAP Express Courier telah memiliki cabang lebih dari 60 cabang di seluruh Indonesia. Sehingga, layanan sistem COD akan semakin luas dan dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat.

Mengenal Layanan dari SAP Express Courier

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, SAP Express Courier merupakan salah satu layanan jasa ekspedisi yang telah beroperasi sejak lama. Oleh karena itu, jasa ekspedisi ini memiliki banyak macam layanan bagi masyarakat. COD merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh SAP Express Courier. Hingga saat ini sudah ada banyak masyarakat baik yang berafiliasi dengan marketplace maupun sendiri yang menggunakan layanan COD.

Selain jasa pengiriman dengan sistem COD, SAP Express Courier juga menyediakan jasa layanan yang lain yaitu jasa pengiriman internasional. Untuk menjalankan jasa pengiriman internasional, SAP Express Courier bekerja sama dengan perusahaan ekspedisi global dengan layanan terbaik. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa barang yang dikirimkan dapat diterima dalam keadaan baik. Selain itu, SAP Express Courier juga memastikan bahwa jasa pengiriman internasional bisa dilakukan dengan tepat waktu dan paket yang dikirimkan dalam kondisi yang aman. SAP Express Courier juga bisa mengirimkan barang ke luar negeri mulai dari dokumen hingga paket besar.

Sementara itu, untuk meningkatkan keamanan barang selama perjalanan semisal ekspedisi Bandung ke luar Jawa, SAP Express Courier juga menyediakan jasa packing tambahan. Mereka menyediakan packing tambahan berupa bubble wrap dan packing kayu. Hal ini dilakukan agar barang yang dikirimkan tidak rusak selama perjalanan. Beberapa barang yang membutuhkan packing tambahan adalah barang pecah belah serta peralatan elektronik.