Nobita, Karakter Lucu Dalam Film Doraemon



Aku ingin begini

Aku ingin begitu

Ingin ini ingin itu banyak sekali

 

Itu adalah sepenggal lirik dari salah satu film yang sangat populer di seluruh penjuru dunia. Tidak hanya di kalangan anak – anak, salah satu serial manga dan anime yang berasal dari Jepang ini juga memiliki penggemar dari kalangan remaja bahkan dewasa.

 

Serial fiksi dengan pemeran utama berupa karakter boneka berwarna biru dan putih ini merupakan hasil karya Fujiko F. Fujio. Kisah Doraemon hadir dalam bentuk komik dan juga film. Penulisan kisah ini telah dilakukan sejak lama sekali, yaitu sejak 1 Juni 1969. Penerbit dari kisah yang ditorehkan pada komik ini adalah Shogakukan. Setelah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, komik ini kembali diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Sedangkan versi film anime dari karakter yang super lucu ini disutradarai oleh Tsutomu Shibayama. Studio perfilman dari anime ini adalah Shin – ei Animation.

 

Salah satu karakter di antara banyaknya karakter lucu yang ada ini merupakan favorit para anak – anak. Bahkan jika Anda pergi ke pasar, Anda akan menemukan banyak pernak – pernik atau benda – benda bergambar karakter lucu ini. Bahkan saking menggemaskannya, ada banyak orang yang menggunakan karakter ini sebagai desain sprei, baju, gantungan kunci, pelindung handphone, hingga custom silk poster.

pexels.com

Sebenarnya, Doraemon ini makhluk apa, ya? Karakter yang menjadi teman baik Nobita ini merupakan seekor robot kucing. Robot kucing ini tidak hanya menjadi teman yang selalu ada di samping Nobita, ia selalu membantu Nobita di kala kesusahan. Nobita sangat menyayangi temannya ini, hingga saat ia harus pergi, Nobita menangis. Robot kucing ini memiliki suatu bagian tubuh yang unik dan dapat dibilang ajaib. Bagian tubuh tersebut adalah “Kantong ajaib”. Nah, bagi penggemar setia serial ini, tentunya sudah tidak asing dengan fitur ini. Kantong ajaib merupakan kantong pada bagian depan perut dari si kucing robot yang dapat mengeluarkan berbagai benda ajaib. Benda – benda tersebut biasanya memiliki fungsi tertentu yang sangat keren. Biasanya benda tersebut dikeluarkan dari kantong ajaib untuk menolong atau sekadar menyelesaikan kepentingan atau masalah yang dihadapi Nobita.

 

Inti cerita dari serial komik dan film karakter kucing biru ini adalah mengenai keseharian Nobita yang merupakan murid kelas 5 sekolah dasar. Nobita adalah seorang murid sekaligus anak yang dapat dikatakan kurang tertarik dengan belajar. Robot kucing yang datang dari masa depan ini dikirim untuk membantu Nobita memperbaiki kulitas hidupnya. Nobita diharapkan akan menjadi anak yang rajin dan sukses di masa depan. Dengan begitu, keturunan Nobita nantinya akan merasakan hidup yang lebih baik. Karena jika Nobita tak berubah, kebodohannya akan membawanya pada kehidupan penuh hutang yang juga akan menyulitkan hidup keturunannya. Salah satu hal yang membantu Nobita dalam hidupnya adalah dengan barang – barang unik yang penuh fungsi dari kantung ajaib.

pexels.com

Salah satu benda ajaib yang sering kali muncul di serial lucu ini adalah baling – baling bambu. Baling – baling bambu adalah sebuah alat berbentuk baling – baling yang terbuat dari bambu. Benda ini digunakan dengan cara menempelkannya pada bagian kepala. Dengan begitu, pemakainya akan mampu terbang. Baling – baling bambu merupakan salah satu alat yang sangat membantu Nobita untuk pergi  ke beberapa tempat. Selain baling – baling bambu, ada pula pintu ke mana saja. Sebuah alat yang berbentuk pintu lengkap dengan knop dan engselnya ini adalah salah satu alat ajaib yang sangat penting. Seperti namanya, alat ini dapat membawa penggunanya ke mana saja. Siapapun yang melewati pintu tersebut akan dengan mudahnya berpindah ke tempat yang diinginkan. Pintu ini adalah salah satu bentuk penghematan waktu dan energi. Keren sekali, bukan? Bayangkan jika alat – alat tersebut benar – benar ada di dunia nyata! Rasanya persoalan hidup akan menjadi lebih mudah teratasi.

 

Baik komik dan filmnya, manga dan film asal Jepang ini memiliki jumlah episode yang cukup banyak. Namun, hal itu tidak membuat penggemarnya merasa bosan. Hal ini dikarenakan oleh menariknya isi cerita serta jalan cerita yang tidak monoton. Di Indonesia sendiri serial Doraemon sering kali ditayangkan di saluran televisi yang ada di Indonesia. Salah satu saluran televisi yang sering menayangkan kisah Doraemon beserta Nobita dan teman – temannya ini adalah RCTI. Tidak hanya sekali atau dua kali, penayangan beberapa episode serial anime Jepang ini dilakukan cukup sering.

 

Tidak hanya tayangan mengenai kehidupan sehari – hari Nobita, pernah juga dibuat beberapa bagian khusus seperti yang diberi judul “Stand By Me”. Pada bagian ini hanya ada satu episode. Berdasarkan review dari beberapa orang yang telah menontonnya, episode kali ini tidak kalah bagus dari episode lainnya. Tidak hanya itu, pada bagian spesial ini, penonton berhasil dibuat menitikkan air mata. Wah, tentunya cerita ini memiliki bagian yang sangat sedih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *