Ciri Wanita Mandul Yang Wajib Dikenali Sejak Dini



 

 

Kemandulan merupakan hal yang jelas tidak diinginkan oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Pahalanya dengan kondisi mandul maka potensi untuk memiliki keturunan akan semakin menipis. Padahal salah satu bentuk lengkapnya kehidupan di dunia ini adalah dengan memiliki keturunan. Itulah kiranya yang membuat perihal kemandulan ini menjadi salah satu hal yang cukup serius diperhatikan. Beberapa wanita bahkan dengan serius mencari cara untuk mengetahui apakah dirinya mandul atau tidak baik dengan metode sederhana maupun dengan metode yang cukup kompleks.

Beruntunglah diyakini bahwa ada beberapa tanda yang dapat menunjukkan seseorang terutama seorang wanita mengalami kemandulan atau tidak. Beberapa tanda yang dimaksud antara lain sebagai berikut.

  1. Siklus haid tak lancar

Sewajarnya siklus haid seorang wanita seharusnya jelas periodesasinya. Apabila siklus haid tidak lancar maka perlu dicurigai bahwa mungkin saja adalah tanda kemandulan yang dialami. Pasalnya siklus haid erat kaitannya dengan perihal reproduksi sehingga jika tidak lancar artinya ada sesuatu yang tidak beres.

  1. Darah berlebih saat haid

Darah yang berlebihan saat haid juga dapat merupakan suatu tanda lainnya bahwa si wanita mengalami kemandulan. Tetapi perlu dibedakan antara darah berlebih saat haid dengan darah yang memang banyak pada masa puncak haid. Haid yang mengeluarkan darah berlebih terjadi hampir selama masa haid, sedangkan darah lebih banyak yang keluar pada puncak haid hanya terjadi di masa puncak itu saja.

  1. Darah haid pucat atau gelap

Warna darah haid yang keluar juga merupakan salah satu tanda yang cukup jelas dapat terlihat. Jika biasanya warna darah haid merah cerah atau sedikit gelap, maka hati-hati jika darah haid justru tampak pucat.

Tidak perlu panik apabila mendapati salah satu atau semua tanda seperti di atas dialami karena belum tentu benar-benar mengalami kemandulan. Langkah paling bijak tentu saja berkonsultasi dan memeriksakan diri kepada ahlinya, yaitu dokter. Ungkapkan segala keluhan yang dialami dan jawab segala pertanyaan yang diajukan secara jujur apa adanya. Dengan demikian maka kalaupun didapati hasil bahwa mandul adalah penyebabnya, langkah -langkah strategis pastilah akan disarankan.