Informasi Tentang Ciri-ciri Tembaga yang Harus Diketahui



Dalam kehidupan sehari-sehari tidak bisa dilepaskan dari keberadaan tembaga. Bagaimana tidak karena banyak peralatan rumah tangga, kerajinan tembaga, transportasi, listrik yang membutuhkan perannya. Kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari begitu kompleks.

Tembaga memiliki lambang Cu serta merupakan nomor atom 29. Perlu diketahui jika keberadaan tembaga di alam tidak begitu melimpah sehingga penggunaannya harus efektif dan efisien. Terpenting bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, jika habis maka sulit untuk mencarinya.

Dalam jumlah kecil tembaga bisa ditemukan di beberapa jenis tanaman, bulu-bulu burung dan juga darah binatang laut, seperti kerang dan udang. Supaya lebih mengenal logam ini mari mencari tahu ciri-ciri dari lembaga. Untuk lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini.

Sifat-Sifat Logam

pixabay.com

Sifat Fisika

Ciri-ciri tembaga yang termasuk dari sifat fisika, yaitu logam berwarna kuning seperti emas kuning. Tembaga merupakan jenis logam mudah ditempa serta bersifat mulur. Karena hal inilah kemudian membuatnya mudah dibentuk menjadi kawat, pipa dan lembaran tipis. Perlu diketahui jika logam ini adalah konduktor panas dan listrik yang baik.

Sifat Kimia

Adapun sifat kimia dari tembaga adalah termasuk unsur yang tahan terhadap korosi. Pada suhu 300º C bisa bereaksi dengan oksigen dan membentuk CuO berwarna hitam. Sedangkan pada suhu lebih tinggi akan terbentuk tembaga oksidasi berwarna merah. Logam ini tidak diserap air  dan asam-asam nooksidator.

Ciri-Ciri Tembaga  

Konduktor Panas dan Listrik yang Baik

Konduktor panas dan listrik yang baik merupakan salah satu ciri-ciri lembaga. Maka dari itu keberadaannya sangat diperlukan untuk menghantarkan panas dan listrik. Hal ini karena adanya sifat konduktivitas yang tinggi.

Mudah Dibentuk, Tahan Karat dan Suhu Tinggi

Tembaga merupakan jenis logam yang memiliki sifat mulur sehingga mudah dibentuk menjadi beberapa barang, seperti pipa, kawat dan lembaran pipis. Ciri-ciri tembaga juga tahan karat dan suhu tinggi.

Tahan Terhadap Korosi

Tembaga merupakan memiliki unsur yang relatif tidak relatif sehingga membuatnya tahan terhadap korosi. Dalam udara lembap, ditutupi oleh lapisan berwarna hijau yang menarik dari tembaga karbonat basa.

Tidak Diserap oleh Air

Tembaga tidak diserap oleh air serta asam-asam nooksidator encer, seperti H2SO2 encer dam HCL encer. Sedangkan asam klorida pekat dan mendidih akan menyerap tembaga serta membebaskan gas hidrogen. Hal ini disebabkan oleh terbentuknya ion kompleks CuCi2(aq) sehingga mendorong reaksi keseimbangan bergeser ke arah produk.

Memiliki Warna Jingga Kemerahan

Tembaga memiliki warna jingga kemerahan karena adanya struktur logam tembaga yang memantulkan warna merah dan jingga. Pantulan kedua warna tersebut menyerap frekuensi lain dalam spektrum tampak.

Cara Membedakan Tembaga dan Kuningan

pixabay.com

Banyak orang yang kesulitan membedakan antara tembaga dan kuningan. Padahal dari warnanya sudah cukup jelas untuk membedakan keduanya. supaya tidak bingung, inilah cara membedakan tembaga dan kuningan.

Bersihkan Logam Terlebih dahulu

Supaya bisa membedakan antara tembaga dan kuningan jika diperlukan, bersihkan logam tersebut terlebih dahulu. untuk membersihkannya bisa menggunakan produk pembersih tembaga dan kuningan komersial. Lama-kelamaan kedua logam tersebut akan membentuk patina berwarna hijau dan lainnya.

Letakkan Logam di Bawah Cahaya Putih

Suatu logam mengkilap akan melihat warna palsu akibat adanya pantulan cahaya. Supaya lebih jelas perhatikan warna logam di bawah cahaya lampu bolam flueresen putih. Jangan di bawah lampu pijar berwarna kuning.

Perhatikan Warna kemerahan Pada Tembaga

Tembaga merupakan logam murni serta memiliki warna cokelat kemerahan. Salah satu produk yang terbuat dari tembaga adalah uang logam AS. Apabila Anda pernah melihatnya maka bisa digunakan sebagai pembanding.

Mengamati warna Kuning Pada Kuningan

Kuningan merupakan campuran antara tembaga dan seng. Akan tetapi, kombinasi kedua logam tersebut akan menghasilkan warna yang berbeda. Lazimnya kuningan berwarna kuning tua atau kuning-cokelat seperti perunggu. Biasanya digunakan sebagai bagian-bagian dan sekrup mesin.

Pukulkan Logam dan Dengarkan Suaranya

Tembaga memiliki tekstur lunak sehingga memiliki suara terendam dan penuh. Suara dari tembaga adalah mati, sedangkan kuningan berdenting jernih. Di antaranya sulit untuk dibedakan.

Memeriksa Kekerasan Logam

Cara ini mungkin jarang digunakan karena kuningan sedikit lebih keras jika dibandingkan dengan tembaga. Beberapa jenis tembaga setelah diproses menjadi lebih lunak sehingga mudah digores dengan uang logam AS.

Nah itulah ciri-ciri tembaga yang harus diketahui. Dalam kehidupan sehari-hari sangat membutuhkan manfaat dari jenis logam ini. Bahkan ada juga yang dimanfaatkan untuk dijadikan kerajinan tembaga yang sangat indah dan memiliki nilai jual tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *