Ciri-Ciri dan Gejala Kutu Daun Pada Tanaman



Kutu Daun –  Setelah mendengar istilah kutu rambut, kutu kucing, kutu kssur, dan kutu busuk, kini ada lagi istilah kutu daun? Wah! Sebenarnya kutu daun itu adalah masih masuk ke dalam jenis serangga lho, teman. Hanya saja, biasanya kutu ini suk sekali nempel pada suatu jenis tanaman. Nah! Kutu daun ini juga berukuran sangat kecil. Kita bisa menjumpai kutu daun ini hidup secara berkoloni dengan sesama serangga lainnya.

1) Ciri-ciri Kutu Daun

Beragam jenis kutu mungkin memang membuat kita cukup bingung. Namun, jngan khawatir! Dengan mengenal beberapa karakteriatiknya tentu kita akn mengenalnya dengan sangat mudah. Di antara karakteristik kutu daun yang paling menonjol adalah tampilan tubuhnya yang bisa saja kita temui berwarna coklat, hitam atau bahkan hijau. Perannya yang disebutkan sebagai serangga sekaligus hewan yang hanya memiliki ukuran antara 1-2 ml menjadikan kutu daun bisa dianggap sebagai hama juga dianggap sebagai penghantar virus oleh manusia.

2) Perkembang Biakan Kutu Daun

Perkembang Biakan kutu daun ini terbilang cukup Unik lho teman! Meskipun pada generasi pertama kutu hanya dapat menghasilkan beberapa keturunan saja, namun dapat kita jumpai kutu daun ini mengembang biakan telurnya untuk menghasilkan keturunan berupa kutu berjenis kelamin betina pada saat di generasi pertamanya, berbeda nanti jika sudah memasuki masa paceklik atau saat-saat di mana makanan sangat sulit didapatkan. Barulah kutu mengembang biakan kutu jantan.

3) Gejala Tanaman Terserang Kutu Daun

Seperti pada bacaan di atas, bahwa kutu daun selain sebagai hama juga penghantar virus bagi manusia. Tentu saja kutu daun ini menjadi musuh bagi para petani, bukan? Nah! Beberapa tanda yang terjadi karena serangan kutu daun ini berupa tunas atas sebuah tanaman atau daun-daun muda yang menggulung ke dalam. Tidak hanya itu saja, teman! Kutu daun juga mengeluarkan cairan yang berasa manis seperti halnya gula atau madu sehingga dapat mengundang semut untuk mendekat.

Nah! Itulah sesikit penjabaran tentang kutu daun yang bisa bermanfaat untuk pemeliharaan tanaman hias atau tanaman buah-buahan.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *